Sales Mission di Guangzhou dan Shenzhen
Sales Mission yang telah dilaksanakan pada 17 April 2023 di Guangzhou dan 19 April 2023 di Shenzhen.
Sales Mission di Guangzhou dan Shenzhen merupakan pertemuan B2B buyers Tiongkok dan sellers Indonesia yang difasilitasi oleh Kemenparekraf. Kegiatan sales mission ini dalam rangka mendatangkan MICE ke Indonesia seiring dengan telah dibukanya kembali border Tiongkok.
Kegiatan ini dihadiri oleh
1. Bapak Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events)
2. Bapak Ben Prakarsa, Konsulat jendral RI di
Guangzhou
3. Ibu Masruroh, Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran
4. Ibu Christine Siregar, Konsul Penerangan, Sosial dan Budaya, Konjen RI di Guangzhou
5. 148 buyers dari Guangzhou dan Shenzhen, 5 sellers dari industri MICE Indonesia, dan 20 media dari Guangzhou dan Shenzhen.
Adapun rangkaian kegiatan adalah sebagai berikut:
✅
Sales Mission Senin, 17 April 2023 di Guangzhou , dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut:
1. Registrasi Peserta
2. Sambutan-sambutan
a. Bapak Ben Prakarsa , Konjen RI di Guangzhou menyampaikan:
- Apresiasi kegiatan sales mission yang pertama kali diadakan oleh Kemenparekraf/Baparekraf setelah pandemi dan setelah dibukanya border, khususnya di Provinsi Guangdong.
- Tiongkok merupakan pasar potensial bagi Indonesia. Indonesia mengharapkan lebih banyak wisman setelah pandemi.
- Seluruh stakeholder Indonesia berkomitmen untuk mempromosikan Indonesia, terutama dengan adanya destinasi baru yaitu 5 Destinasi Super Prioritas.
- mendorong buyers dan sellers agar memanfaatkan kegiatan sales mission ini dengan sebaik-baiknya.
b. Bapak Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) menyampaikan update perkembangan pariwisata Indonesia.
- Di tengah pandemi COVID- 19, Indonesia menunjukkan resiliensinya. Terbukti indeks daya saing Indonesia naik ke peringkat 32 dan meraih sejumlah penghargaan dunia. Indonesia juga telah sukses menyelenggarakan event-event kelas dunia seperti G20, AVPN global conference, 8thDestination Wedding Planner.
- Dengan dibukanya border, penerbangan dari Tiongkok ke Indonesia juga semakin bertambah. 11 penerbangan setiap minggunya dari Guangzhou dan nanti di musim panas akan meningkat sebanyak 21 kali ke Jakarta dan Denpasar.
- Indonesia kini juga telah mengeluarkan second home visa bagi orang asing yang ingin berkontribusi bagi perekonomian Indonesia serta VOA yang pengajuannya secara online (e-VOA) dengan harga sekitar 250 yuan.
- Indonesia saat ini lebih menekankan pada pariwisata berkelanjutan, more localized, more personal and smaller in size.
- Indonesia memiliki target mendatangkan 7, 3 juta wisman, dan Tiongkok adalah salah satu negara yang ditargetkan jumlah wisman dari Tiongkok terus meningkat. -Dengan semakin pulihnya pariwisata Indonesia, Indonesia siap menyambut wisman Tiongkok.Berbagai gelaran event internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia pada 2023 antara lain ASEAN Summit, Java Jazz, MotoGP.
- Sales mission ini memfasilitasi industri MICE Indonesia untuk bertemu dengan buyers di Guangzhou, dan diharapkan dengan kegiatan ini para sellers dan buyers berkolaborasi mendatangkan wisman Tiongkok ke Indonesia.
3. Paparan sellers dan Table top sales mission
Pada sesi ini sellers Indonesia memberikan paparan dan penawaran paket wisata dalam waktu 10-15 menit kepada 62 buyers yang terbagi dalam 8 meja.
4. Konferensi Pers dengan Media Guangzhou
✅
Courtesy call para sellers
Upaya mendatangkan MICE ke Indonesia antara lain penjajakan untuk mendatangkan perjalanan insentif papatonk (250 orang) dan jet star (6000 orang) ke Bali.
✅
Sales Mission Rabu, 19 April 2023 di Shenzhen , dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut:
1. Registrasi Peserta
2. Sambutan-sambutan
a. Ibu Christine Siregar, Perwakilan Konjen RI di Guangzhou menyampaikan:
- Tiongkok merupakan negara ekonomi terbesar di dunia dan telah menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia selama 72 tahun dan saat ini semakin erat.
- Karena kedekatan wilayah dan besarmya populasi, Tiongkok merupakan pasar yang potensial. Indonesia mengharapkan lebih banyak wisman yang datang ke Indonesia.
- Setelah pandemi, Indonesia kembali mempromosikan destinasi unggulannya dan diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para buyers dan seller.
- Konsulat Jenderal RI di Guangzhou menyambut baik kegiatan ini dan siap memberikan pelayanan informasi bagi wisman Tiongkok yang akan bepergian ke Indonesia.
b. Bapak Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) menyampaikan:
- Indonesia sangat senang dapat hadir kembali di Tiongkok setelah pandemi dan dibukanya border Tiongkok untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.
- Pandemi merupakan masa yang sulit, tapi Indonesia mampu melewatinya dan sudah mulai pulih kembali. Di tengah pandemi COVID- 19, Indonesia menunjukkan resiliensinya. Terbukti indeks daya saing Indonesia naik ke peringkat 32 dan meraih sejumlah penghargaan dunia. Indonesia juga telah sukses menyelenggarakan event-event kelas dunia seperti G20, AVPN global conference, 8thDestination Wedding Planner Congress.
- Indonesia kini juga telah mengeluarkan second home visa bagi orang asing yang ingin berkontribusi bagi perekonomian Indonesia serta VOA yang pengajuannya secara online (e-VOA) dengan harga sekitar 250 yuan. Saat ini juga akan dievaluasi dan diharapkan kebijakan free visa dapat diterapkan kembali bagi wisman Tiongkok seperti sebelum pandemi.
- Indonesia saat ini lebih menekankan pada pariwisata berkelanjutan, more localized, more personal and smaller in size.
- Indonesia memiliki target mendatangkan 7, 3 juta wisman, dan Tiongkok adalah salah satu negara yang ditargetkan jumlah wismannya meningkat yaitu sebesar 500.000.
- Dengan semakin pulihnya pariwisata Indonesia, Indonesia siap menyambut wisman Tiongkok. Berbagai gelaran event internasional akan diselenggarakan di Indonesia pada 2023 antara lain ASEAN Summit, Java Jazz, MotoGP.
- Sales mission ini memfasilitasi industri MICE Indonesia untuk bertemu dengan buyers di Shenzhen dan diharapkan dengan kegiatan ini para sellers dan buyers berkolaborasi mendatangkan wisman Tiongkok ke Indonesia
3. Paparan sellers dan table top sales mission
Pada sesi ini sellers Indonesia memberikan paparan dan penawaran paket wisata dalam waktu 10-15 menit kepada 86 buyers yang terbagi dalam 8 meja.
4. Konferensi Pers dengan Media Shenzhen
✅ Evaluasi :
1. Kegiatan Sales Mission telah berjalan lancar. Antusiasme para buyers yang ikut cukup tinggi, terutama para buyers dari Shenzhen. Hal ini menandakan bahwa kegiatan ini sudah lama dinantikan setelah vakum selama 3 tahun setelah pandemi.
2. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada saat penyelenggaraan
sales mission, diperkirakan terdapat potensi pergerakan wisatawan asal Tiongkok sebanyak kurang lebih 30.000 orang dengan mayoritas perjalanan secara group. Perkiraan potensi transaksi yang dapat dihasilkan kurang lebih sebesar 600 Milyar Rupiah.
✅ Rekomendasi :
1.Melihat dari kondisi pariwisata Indonesia yang beranjak pulih, perlu didorong lebih banyak penerbangan langsung dari Provinsi Guangdong, terutama Shenzhen. Shenzhen sangat potensial untuk digarap untuk mendatangkan wisman yang berkualitas karena tingkat ekonomi yang tinggi dan populasi penduduk muda yang besar. Selain itu, Shenzhen juga salah satu kontributor wisman Tiongkok yang datang dari Hongkong menuju destinasi pariwisata di Indonesia.
2. Pentingnya penyebarluasan informasi dan promosi khusus MICE yang diterjemahkan dalam bahasa Mandarin/Canton yang bisa diakses dengan weechat, weibo dan baidoo karena warga Tiongkok tidak menggunakan aplikasi meta, google ataupun youtube.
Tautan pemberitaan media
1.https://www.newsgd.com/m/node_886acf7a49/b1f26ac287.shtml
2.https://m.mp.oeeee.com/a/BAAFRD000020230418785238.html?wxuid=ogVRcdAHoYInwvIIjIfDx_JzOpW0&wxsalt=00dccf
3. https://gd.sina.cn/news/gz/2023-04-18/detail-imyqvhpe8649238.d.html?sinawapsharesource=newsapp&wm=3200_0001
4.https://m.mafengwo.cn/mweng/wengdetail/?id=1763495199849879
5. https://m.mp.oeeee.com/a/BAAFRD000020230418785238.html?layer=2&share=chat&isndappinstalled=0
6. https://huacheng.gz-cmc.com/pages/2023/04/18/ac9dadc037b6431bb5228a6aa9129556.html?channel=weixin
7.https://3g.k.sohu.com/index/home-hot?serialId=95f9378d51b9d4b43e5778484eb4d728&showType=&shp1=NzAzMTE0MTM3NjQ5NDg3Mzg5OQ%3D%3D&sf_a=weixin&lastRead=686605867#backMain=1
8.https://huacheng.gz-cmc.com/pages/2023/04/18/ac9dadc037b6431bb5228a6aa9129556.html?channel=weixin&vTime=28030468
9.https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-kemenparekraf-lakukan-misi-penjualan-ke-tiongkok-wujudkan-target-74-juta-wisman?fbclid=PAAaYceHYGYsKHpi_mA0I0KXrlZZyj5qDHZ315xI0brUjW1LF4n7au_USvM7c