Launching Hasta Brata Health Tourism RS Radjiman Wediodiningrat
Mohon izin menyampaikan laporan dalam rangka menghadiri Undangan Launching Hasta Brata Health Tourism RS Radjiman Wediodiningrat tanggal 29 Juli 2024 di Hotel Harris Malang, Jawa Timur.
Kegiatan ini dihadiri oleh delegasi VIP sebagai berikut:
Direktur Utama Rumah Sakit Radjiman Wediodiningrat, dr. Yuniar, Sp.KJ,MMRS;
Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr. Sunarto, M.Kes;
Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf, Bpk. Itok Parikesit;
Kepala Dinas Pariwisata Kab Malang, Bapak Purwoto;
Ketua Asosiasi RS Vertikal Indonesia, dr. R. Soeko Werdi Nindito D., MARS;
Seluruh Direksi Rumah Sakit Vertikal Kementerian Kesehatan
đ” LATAR BELAKANG Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meresmikan paket Hasta Brata Health Tourism. Paket layanan Hastabrata Health Tourism meliputi:
Pemeriksaan kesehatan fisik dalam bentuk permainan oleh dokter spesialis dan instruktur diklat BNSP.
Layanan kebugaran mental dan psikologi oleh dokter spesialis dan psikolog klinis.
Capacity building oleh tim RS Radjiman Wediodiningrat yang tersertifikasi BNSP.
Pagelaran sendratari HastaBrata dan paket tour ke destinasi super prioritas Bromo Tengger Semeru. Konsep inovasi ini melibatkan kolaborasi dari berbagai stakeholders, termasuk Pemerintah Daerah Malang, Kemenkes, Kemenparekraf, RS Jiwa Radjiman Wediodiningrat, sektor swasta, civil society, dan media, dengan dukungan Bank Mandiri, untuk menyediakan layanan kesehatan wisata yang terintegrasi
đ” Rangkaian Opening Ceremony A. Pembukaan Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyaksikan tarian pembuka Sendratari Mancakrida, dan pembacaan doa.
B. Keynote Speech
Laporan Ketua Panitia, Dr. Mukti Eka Rahadian, MARS, MPH:
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti perubahan budaya kerja baru di lingkungan Kementerian Kesehatan RI. RS Radjiman Wediodiningrat telah mengkreasi layanan unggulan baru Mancakrida Hasta Brata Health Tourism sebagai upaya implementasi Ritual Cara Kerja Baru Inovasi dan Kolaborasi.
Paket ini dijual sebesar Rp. 7.500.000 per orang dan saat launching ini sekaligus menjalankan paket perdana sebanyak lebih dari 100 peserta.
Sambutan Selamat Datang dan Presentasi Model inovasi dan Kolaborasi produk layanan Mancakrida Hastabrata Health Tourism oleh Direktur Utama RS Radjiman Wediodiningrat, dr. Yuniar, sp.KJ, MMRS yang menyampaikan :
RS Radjiman Wediodiningrat mengambil tema âLeadership Performanceâ sebagai layanan unggulan Wisata Kesehatan dalam rangka mendukung Perubahan Budaya Kerja Baru RSV Kementerian Kesehatan RI;
Mengkolaborasikan Kesehatan, Kearifan Lokal, potensi pariwisata alam dan nilai kepemimpinan;
Rangkaian Kegiatan Hasta Brata: Health Screening, tes kebugaran fisik & mental serta asesmen tipologi kepemimpinan; Health Consultation; Health Talk; Outbond/Mancakrida: thematic fun games & fun trip; Reflexiology Treatment
Sasaran Peserta: Top Senior & Executive Leader; Mid Level First Time Manager dan High Potential Resources;
Sambutan oleh Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf, Bpk. Itok Parikesit yang menyampaikan:
Mengapresiasi tinggi atas terimplementasikannya konsep inovatif layanan Health Tourism yang mengkolaborasikan berbagai pemangku kepentingan dalam pendekatan pentahelix.
Memberikan gagasan dari Kemenparekraf dalam memperkuat Paket Layanan Hastabrata Health Tourism: mengintegrasikan nilai-nilai Sapta Pesona dalam setiap layanan dalam paket wisata; mempromosikan paket layanan Hastabarata Health Tourism melalui kanal-kanal promosi sesuai dengan preferensi calon wisatawan yang dituju;
Mengintegrasikan isu-isu pariwisata global sebagai nilai yang diangkat oleh paket layanan Hastabrata Health Tourism. Salah satunya adalah isu pariwisata berkelanjutan dan dekarbonisasi.
Sambutan Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr. Sunarto, M.Kes yang menyampaikan:
Rumah Sakit harus berkomitmen untuk menyediakan layanan kesehatan berkualitas internasional dan berfungsi sebagai pusat pendidikan serta penelitian klinis. Untuk bersaing dengan rumah sakit swasta dan internasional, perlu dilakukan inovasi dan terobosan.. Hasta Brata Health Tourism adalah contoh inovasi yang kreatif dan efektif.
Dengan adanya paket Hastabrata Health Tourism diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesehatan.â
C. Pemutaran Video Arahan Menteri Kesehatan RI tentang Layanan Mancakrida Hastabrata Health Tourism;
D. Launching Inovasi dan Kolaborasi Produk Layanan Mancakrida Hastabrata Health Tourism;
E. Sesi Penutup yang ditandai dengan foto bersama seluruh tamu undangan;
Demikian laporan yang dapat kami sampaikan, dan terlampir dokumentasi dari kegiatan tersebut.