Mohon izin melaporkan kegiatan Cruise World Indonesia 2024 dengan tema “Cruise Toward Success” pada tanggal 31 Juli 2024 di Hotel JW Marriot, Jakarta.
Cruise World Asia 2024 merupakan konferensi kapal pesiar atau cruise edisi ke-6 yang kembali diselenggarakan oleh Travel Weekly Asia sejak tahun 2018 hingga 2023.
Pada tahun 2024, acara ini mengusung tema “Cruise Toward Success” untuk mengetahui perkembangan dan tantangan cruise di Asia khususnya di Indonesia. Acara ini mempertemukan Cruise Company dengan Travel Agent Indonesia untuk saling memperluas jaringan (networking) dan menjalin kerja sama bisnis.
◾️Kegiatan ini dihadiri oleh:
◾️Adapun rangkaian acara CWI 2024, sebagai berikut:
1️⃣ Sesi Pembukaan
☑️Mrs. Irene Chua, Vice President Asia, Northstar Travel Group
Indonesia digambarkan sebagai “sleeping giant” dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dan kelas menengah yang juga berkembang pesat. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan target pasar cruise. Dengan meningkatnya minat untuk berpesiar, maka akan menghadirkan "peluang besar" untuk ekspansi dan inovasi di pasar Indonesia.
☑️Mr Michael Goh, President Resort World Cruises
Resorts Worls Cruises telah mengambil langkah signifikan di tahun 2024 dalam mengembangkan pasar kapal pesiar Indonesia, karena menjadi pelopor kapal pesiar internasional pertama yang berlabuh di Jakarta. Kedatangan armada Resorts World One juga mendapat respon positif dari para penumpang kapal pesiar dengan tingkat okupansi yang penuh mengindikasikan permintaan yang kuat. Keberhasilan atas inisiatif ini telah membuka jalan untuk pengembangan di masa depan dan berharap dapat kembali ke Indonesia pada tahun 2025 untuk mendorong lebih banyak konsumen menuju kapal pesiar.
☑️Mrs. Diane Chiang, Direktur Penjualan dan Komersial untuk Asia Pasifik di Royal Caribbean International
Mencatat adanya peningkatan permintaan untuk acara MICE di kapal pesiar dari Indonesia dan seluruh Asia Tenggara sangat tinggi untuk kapal pesiar, bahkan bisa mencapai 1.500 orang atau lebih. Melalui sebuah survey yang dilakukan selama acara mengungkapkan bahwa 82,1% dari peserta yang hadir menjual MICE, dengan 63,3% telah menawarkan kapal pesiar kepada kelompok MICE. Untuk itu, Diane yakin dengan pertumbuhan yang luar biasa dari sektor cruise di pasar Indonesia, seperti yang dikatakan Mrs. Irene, Indonesia merupakan “sleeping giant”.
2️⃣ Sesi Diskusi Panel “Discovering Indonesia and the World”
Adapun poin-poin hasil diskusi panel bersama Bapak Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan/Events, Kemenparekraf; Hafez Marican, Direktur Area untuk Indonesia di Singapore Tourism Board; Johnny Judianto, Presiden Direktur Best Tour and Cruise Centre; Polin Setiawati, Direktur Penjualan Anugerah Wisata Bahari, sebagai berikut:
☑️Pembangunan infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan sektor kapal pesiar Indonesia. Di Indonesia, terdapat pelabuhan Komodo untuk kapal pesiar yang masih dalam proses pengembangan dan mungkin pada akhir tahun depan akan selesai, sehingga kita dapat menerima lebih banyak penumpang kapal pesiar.
☑️Diprediksi bahwa liburan dengan kapal pesiar di Indonesia akan tumbuh secara eksponensial selama 5-10 tahun ke depan. Jika terus melakukan berkolaborasi satu sama lain, maka akan menghasilkan manfaat yang signifikan di sektor ini.
☑️Peran agen perjalanan dalam edukasi pasar sangat penting. Di Indonesia, orang masih belum tahu apa yang ditawarkan oleh kapal pesiar. Disini adalah tugas agen perjalanan untuk mengedukasi klien mereka tentang pilihan perjalanan dari sektor ini.
☑️Sifat kapal pesiar yang lengkap dan menyeluruh disoroti sebagai keuntungan yang signifikan, menyederhanakan logistik dan berpotensi mengurangi biaya bagi penyelenggara MICE.
☑️Mencatat adanya pergeseran ke arah kapal pesiar mewah. Kapal pesiar skala menengah dan mewah kembali menjadi sangat kuat. Karena, setelah pandemi orang ingin bepergian ke mana pun mereka ingin pergi. Skala menengah bergerak ke arah luxury atau kemewahan karena aspek kesehatan dan keselamatan.
☑️Paket-paket wisata cruise yang ada saat ini masih lebih banyak ke Singapore, jadi perlu ditambahkan paket cruise ke Indonesia.
☑️Seiring dengan perkembangan pasar kapal pesiar Indonesia, kolaborasi antara perusahaan kapal pesiar, agen perjalanan, dan pemerintah akan sangat penting dalam mewujudkan potensi penuh di sektor ini.
☑️Dengan investasi yang berkelanjutan dalam infrastruktur, edukasi pasar, dan pengembangan produk, Indonesia akan segera bangkit sebagai raksasa kapal pesiar di kawasan ini.
Demikian laporan ini kami sampaikan, berikut dokumentasi beserta tautan berita kegiatan dimaksud.
🔗 Tautan berita Cruise World Indonesia 2024:
https://m.antaranews.com/amp/berita/4161798/resorts-world-one-berlabuh-di-jakarta-hingga-1-juli-2024
© 2024 Data & Informasi. Design by HTML Codex