Road to World Islamic Entrepreneur Summit 2025

Mohon izin menyampaikan laporan kegiatan Road to World Islamic Entrepreneur Summit 2025 dengan tema “Masjid sebagai pusat pemberdayaan wirausaha dan inovasi” yang dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Juni 2024 di Masjid Raya Sumatera Barat, Padang-Sumatera Barat.

🔵Kegiatan ini dihadiri oleh:

  1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Uno;
  2. Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Bapak Mahyeldi Ansharullah;
  3. Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Bapak Audy Joinaldy;
  4. Staf Ahli Pengembangan Bidang Usaha Kemenparekraf, Ibu Masruroh,;
  5. Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Sumatera Barat, Ibu Sari Lenggogeni;
  6. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Bapak Luhur Budianda;
  7. Aselerator Ekspor Produk Halal Binaan Masjid Istiqlal, Bapak Wisnu Wiraatmaja Effendi;
  8. President Director MFB & Co. Company, Bapak Prof. Dr. Mohammad Fida Bahjat (pembicara);
  9. Program Manager Halal Industry Development Department of Trade & Industry Phillipines, Bapak Aleem Siddiqui Guiapal (pembicara);
  10. COO and Co- Founder, Incitement, Bapak Mr. Zikry Kholil (pembicara);

🔵 Adapun rangkaian acara adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan acara oleh MC yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Sumatera Barat;
  2. Pembacaan doa dan ayat suci al-quran;
  3. Sambutan oleh Bapak Mahyeldi Ansharullah selaku Gubernur Provinsi Sumatera Barat yang menyampaikan bahwa sebagai langkah persiapan untuk pelaksanaan acara WIES 2025 yang inshaallah akan diselenggarakan pada bulan September 2025, pemerintah provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan rangkaian acara Road to WIES 2025 acara ini bertujuan untuk mempromosikan WIES 2025 kepada Masyarakat, khususnya kepada para pelaku pariwisata ekonomi kreatif. Tahun 2024 merupakan tahun momentum penting bagi provinsi Sumatera Barat terutama dalam aktivitas ekonomi daerah dan sektor pariwisata dalam rangka mendorong pertumbuhan industry pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan.
  4. Sambutan oleh Bapak Sandiaga Uno, Menparekraf RI, beliau menyampaikan event ini dimulai pertama kali pada tahun 2023 (6-9 september 2023) dan menjadi kebanggan Masyarakat Sumatera Barat, Indonesia dan dunia. Kerjasama yang akan membangun Sumatera Barat sebagai epicentrum pusat kewirausahaan islam di dunia dan juga pusat industri halal di dunia. Indonesia baru saja terpilih Kembali menjadi “World Best Halal Destination” pada Global Moslem Travel Index 2024 dan Indonesia berhasil masuk menjadi The Best World Halal Destination dan dari Travel and Tourism Development Index yang baru dirilis Indonesia mendekati 20 besar. Sudah unggul dari Belgia, Selandia Baru, dan Turki. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tetap akan mendukung WIES 2025 sebagai bagian daripada penguatan Rektor parekraf khususnya pariwisata halal. Proses transisi pemerintahan yang akan datang salah satunya adalah mendukung Pariwisata halal yang telah dicanangkan dengan peningkatan sertifikasi halal dan usaha-usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. Sumatera Barat telah mendapatkan prestasi dan menyandang predikat sebagai World Best Halal Cullinary Destination dan sudah masuk di katalog Wonderful Mask of Indonesia pada saat peluncuran WIES 2024. WIES tahun 2023 diikuti oleh 20 negara dan lebih dari 10.000 pengunjung, dan diharapkan tahun 2025 dapat mencapai target 50.000 pengunjung dan capaian ekonomi diproyeksikan mencapai 150 Milyar rupiah dan WIES harus menjadi event andalan dan berkelanjutan di Sumatera Barat.
  5. Launching World Islamic Entrepreur Summit 2025 oleh Bapak sandiaga Uno, Menparekraf RI;
  6. Pemutaran video WIES 2025 dan penampilan kesenian “Rantau dan Syiar Islami Minangkabau”
  7. Penutup

Demikian kami sampaikan laporan kegiatan. Terlampir dokumentasi kegiatan dimaksud.

Author: fahri surya altakwa

Tinggalkan Balasan