Gorontalo Karnaval Karawo 2024

Gorontalo Karnaval Karawo 2024 telah dilaksanakan pada tanggal 21 – 23 Juni 2024 di GOR Nani Wartabone, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Gambaran Umum Gorontalo Karnaval Karawo

Gorontalo Karnaval Karawo merupakan event tahunan dan unggulan dan  Provinsi Gorontalo dan terpilih kedalam 110 KEN 2024. Even ini juga  menjadi wadah promosi kain sulaman khas Gorontalo dengan mengusung tema “Kreatifitas Lokal Untuk Global” dan akan dilaksanakan pada tanggal 21 – 23 Juni 2024 di GOR Nani Wartabone.

Rangkaian Kegiatan Gorontalo Karnaval Karawo adalah sebagai berikut:

🔷 Hari-1: 21 Juni 2024

Kegiatan side event Gorontalo Gorontalo Karnaval Karawo 2024 dihadiri oleh beberapa pejabat daerah antara lain:

  1. Pj. Gubernur Gorontalo, Bapak Rudy Salahuddin;
  2. Kepala Dinas Pariwisata Prov. Gorontalo, Bapak Aryanto Husain;
  3. Perwakilan Pj. Gubernur Jawa Timur, Bapak Budi Raharjo;
  4. Perwakilan Pj. Gubernur Papua Barat, Bapak Nicolas Uttung Tike;
  5. Perwakilan Bupati Katingan Prov. Kalimantan Selatan, Bapak Imanuel;
  6. Perwakilan Bupati Merauke Prov. Papua Selatan, Bapak Beni Malik.

Rangkaian acara pada hari pertama antara lain:

  • Kegiatan diawali dengan penampilan tarian khas Gorontalo dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Dinas Pariwisata Prov. Gorontalo, Bapak Aryanto Husain, pada sambutannya menyampaikan bahwa tahun ini juga kita coba sempurnakan acaranya. Kalau tahun kemarin kita laksanakan hanya sehari, dan berlangsung di depan Rujab Gubernur serta Lapangan Taruna Remaja, tahun ini kita coba datang ke suatu tempat yang selama ini dikenal sebagai tempat olahraga (GOR), kami coba hal baru untuk memamerkan sulaman khas Gorontalo.
  • Dilanjutkan sambutan sekaligus membuka side event Gorontalo Gorontalo Karnaval Karawo 2024 oleh Pj. Gubernur Gorontalo yang mana pada sambutanya mengucapkan bahwa kain karawo setiap tahun semakin eksis dan populer baik di tingkat nasional maupun internasional. Kain sulaman tangan khas Gorontalo itu pernah tampil di Indonesia Fashion Week 2023 dan New York Fashion Week 2017 dan Kain karawo pantas untuk ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda dunia, yang berdiri sejajar dengan warisan lainnya, seperti keris, batik, angklung, kapal pinisi dan sebagainya.
  • Kegiatan dilanjutkan dengan Penampilan Live Music dan Kunjungan Booth UMKM dan Festival Kuliner Nusantara oleh para tamu VIP side event Gorontalo Gorontalo Karnaval Karawo 2024.

🔷 Hari-2: 22 Juni 2024

Rangkaian acara pada hari kedua antara lain:

🟠 Talkshow Sustainable Tourism

dihadiri oleh berapa narasumber dan tamu VIP antara lain:

  1. Kepala Dinas Pariwisata Prov. Gorontalo, Bapak Aryanto Husain;
  2. Kepala Perwakilan BI Gorontalo, Bapak Dian Nugraha;
  3. Direktur Kantor Perwakilan BI Prov Sulsel, Bapak Wahyu Purnama;
  4. Sekretaris Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Bapak Koko Haryono;
  5. Ketua Pusat Studi Energi Sumber Daya Mineral dan Geopark UNG, Ibu Yayu Indriati Arifin;
  • Kegiatan diawali dengan penampilan tari pembuka dan welcome speech dari Kepala Dinas Pariwisata Prov. Gorontalo.
  • Dilanjutkan sambutan sekaligus membuka kegiatan Talkshow Sustainable Tourism oleh Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf RI. Pada sambutannya mengucapkan saat ini fokus kita adalah tentang pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, pengembangan pariwisata yang dapat memberikan dampak jangka panjang, baik itu terhadap lingkungan, sosial,budaya, serta ekonomi, untuk masa kini dan masa depan bagi seluruh masyarakat lokal, maupun wisatawan yang berkunjung. Industri pariwisata menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat lokal, baik di sektor formal maupun informal, seperti homestay, warung makan, transportasi, dan kerajinan tangan. 80% ekonomi kita ditopang oleh konsumsi dalam negeri dan UMKM serap 95% dari total tenaga kerja, lebih dari 115 juta tenaga kerja.
  • Kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow Sustainable dengan membahas beberapa materi, anatar lain:
  • Strategi Pengembangan Moeslem Friendly Tourism, Sebagai Produk Wisata Unggulan Daerah oleh Kadispar Provinsi Sumatera Barat;
  • Potensi Sektor Ekonomi Kreatif Dalam Pengembangan Quality Tourism oleh Kadispar Provinsi Jawa Barat;
  • Wellness Tourism, Strategi Pengembangan Wisata Minat Khusus oleh Kadispar Provinsi Bali

🟠 Karawo Kids & Teens Fashion Show

Pada malam terdapat kegiatan Karawo Kids & Teens Fashion Show yang diikuti oleh 43 peserta dari sanggar, UMKM dan hotel se provinsi Gorontalo dilanjutkan Penampilan Live Music dan Pengumuman pemenang Karawo Kids & Teens Fashion Show oleh Dewan Juri serta Penyerahan Hadiah.

🔷 Hari-3: 23 Juni 2024

Rangkaian acara pada hari ketiga antara lain:

  • Kegiatan diawali dengan menyangikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa dilanjutkan dengan beberapa sambutan antara lain:
  • Sambutan dari Pj Gubernur Gorontalo, Bapak Rudy Salahuddin, pada sambutannya mengucapkan Gorontalo Karnaval Karawo merupakan event tahunan Provinsi Gorontalo yang sudah 13 kali dilaksanakan dengan total 50 kontingen peserta pada tahun ini yang menampilkan ragam jenis dan bentuk karawo yang unik dan estetik, untuk itu event ini dapat menjadi daya pikat yang menjadikan karawo sebagai salah satu warisan budaya agar semakin dikenal. Kami berharap melalui event ini, dapat melestarikan nilai-nilai budaya yg terkandung didalam kain Karawo dengan kita menyaksikan ornamen-ornamen budaya dari peragaan paduan karawo dengan berbagai tema-tema lokal. Terima kasih kami ucapkan kepada Kemenparekraf RI atas apresiasi yang disampaikan kepada kami dan event ini telah berhasil lolos kedalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.
  • Sambutan dari Menparekraf RI, Bapak Sandiaga Uno, pada sambutannya mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, melalui Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dan berinovasi dalam mendorong perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui penyelenggaraan event daerah.  Gorontalo Karnaval Karawo dapat menjadi momen untuk merayakan keindahan budaya dan tradisi Gorontalo, dan sebagai wadah promosi memperkenalkan kekayaan Karawo kepada dunia. Karawo sendiri telah menjadi lambang kebanggaan bagi masyarakat Gorontalo, maka melalui Parade Gorontalo Karnaval Karawo kita dapat memperkuat identitas lokal, mendorong kebanggaan akan warisan budaya Gorontalo yang begitu berharga dan kita harapkan mampu memperdayakan UMKM lokal;
  • Kegiatan dilanjutkan dengan Pemberian Piagam Penghargaan dari Menparekraf kepada Pj. Gubernur Gorontalo dan pemberian tanda apresiasi dari Pj. Gubernur Gorontalo kepada Menparekraf.
  • Pembukaan Gorontalo Karnaval Karawo 2024 secara simbolis dengan pemulukan alat alat musik Polopalo khas Gorontalo oleh para tamu VIP.
  • Selanjutnya menyaksikan penampilan penari karawo khas gorontalo dan parade peserta Gorontalo Karnaval Karawo 2024.
  • Kegiatan ditutup dengan Pengumuman Pemenang Gorontalo Karnaval Karawo 2024 dan live Musik.

🔴  Upaya Promosi Publikasi

Beberapa promosi yang telah dilakukan oleh penyelenggara, anatara lain :

A. Offline

  • Penempatan pada Baliho di Bandara Gorontalo
  • Penempatan umbul-umbul di sekitar Kota Gorontalo, sticker promosi GKK pada beberapa kendaraan umum, dan kolaborasi dengan UMKM Lokal untuk menambahkan sticker GKK pada kemasan produk
  • Promosi pada televisi masing-masing kamar Aston Hotel Gorontalo

B. Online

  • Instagram Dispar Provinsi Gorontalo, Kemenparekraf, Karisma Event Nusantara
  • Tiktok Karisma Event Nusantara

🔷Keseluruhan peserta yang ikut serta pada Gorontalo Karnaval Karawo berjumlah 50 kontingan, terdiri dari OPD, Instansi Vertikal, BUMN, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat Umum.

🔴 Kesimpulan dan Evaluasi

  1. Pemilihan venue yg kurang menarik, dan panitia tdk memperhitungkan perkiraan cuaca, dan tidak membuat alternatif bila terjadi hujan, sehingga saat acara mulai di venue untuk side event terdapat banyak genangan air yang mengakibatkan waktu pelaksanaan talkshow mundur, dan tempat duduk yang disesikan basah.
  2. Untuk lokasi UMKM tidak diprioritaskan, sehingga lokasi UMKM terdapat genanangan. Serta UMKM dari bbrp Kabupaten kurang diberikan alokasi yg menarik, bercampur antara PKL, mengakibatkan UMKM tidak terpusatkan dan kurangnya menggunakan design kearifan lokal pada stand UMKM;
  3. Persiapan kegiatan opening cukup baik, dengan dekorasi yg mengangkat kearifan lokal sangat baik, namun perlu diperhatikan posisi panggung dan area tamu VVIP kurang sedikit nyaman karena posisi miring dari panggung utama, sehingga pengunjung jg hanya dpt menonton karnaval saat berjalan saja tidak dapat melihat aktivitas di area panggung utama;
  4. Pelu diperhatikan kembali jarak antara panggung utama dan area UMKM, sehingga tamu VVIP dapat berkesempatan untuk melihat dan menyapa UMKM;
  5. Secara umum perbaikan harus terus diperhatikan.
Author: Vitria Narwastu

Tinggalkan Balasan