Noken Street Fashion (NSF) 2024

Noken Street Fashion (NSF) 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 15-16 Mei 2024 di Hutan Kota Isakusa, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan.

 

Gambaran Umum Noken Street Fashion:

  • Noken Street Fashion merupakan ajang kreatifitas dan kreasi para desainer mode lokal dalam menampilkan hasil karya mode berupa baju, tas, aksesoris wanita seperti jepit rambut, topi, anting, gelang dan berbagai macam kreatifitas yang menonjol berbahan dasar serat kayu pepohonan.
  • Tahun ini, Noken Street Fashion pertama kali terpilih sebagai Karisma Event Nusantara (KEN) 2024. Tema yang diangkat yaitu “The Beauty of Oasika”, terinspirasi dari keindahan landscape Wamena di bulan Mei, yakni fenomena unik rumput berwarna ungu kemerahan yang muncul sekali setahun dan hanya dijumpai di Jayawijaya.
  • Rangkaian kegiatan Noken Street Fashion terdiri dari Fashion Show oleh 12 Desainer Mode Lokal, Lomba Fashion Show Tingkat SD, Pameran Ekonomi Kreatif, Kuliner, dan Komunitas, Atraksi Pembuatan Noken, Atraksi Tari Tradisi, dan Senam Kreasi.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh:

  1. Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, Bapak Restog Krisna Kusuma
  2. Gubernur Papua Pegunungan, Bapak Velix Wanggai
  3. Bupati Jayawijaya, Bapak Sumule Tumbo
  4. Ketua DPRD Kabupaten Jayawijaya, Bapak Matias Tabuni
  5. Ketua TP-PKK Kabupaten Jayawijaya, Ibu Herein Meiliantina
  6. Sekretaris Daerah Kabupaten Jayawijaya, Bapak Thony M. Mayor
  7. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, Bapak Engelbert Surabut
  8. Forkopimda Se-Provinsi Papua Pegunungan dan Se-Kabupaten Jayawijaya
  9. Pimpinan OPD Se-Provinsi Papua Pegunungan dan Se-Kabupaten Jayawijaya
  10. Para Pelaku Seni Budaya, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif

 

Rangkaian Kegiatan Noken Street Fashion:

🔶 Hari Ke-1 (Rabu, 15 Mei 2024)

  • Pameran Ekraf, Kuliner, dan Komunitas
  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  • Sambutan oleh Pj. Bupati Jayawijaya, Bapak Sumule Tumbo
    • Ucapan selamat datang dan apresiasi atas kehadiran dan dukungan Kemenparekraf dan seluruh pihak untuk Noken Street Fashion yang tahun ini masuk Karisma Event Nusantara untuk pertama kalinya
    • Pelaksanaan kegiatan ini merupakan kali kedua setelah sukses dilaksanakan pada tahun 2023 lalu bertepatan dengan pelaksanaan Karnaval Budaya dan Festival Budaya Lembah Baliem
    • Apresiasi kepada para desainer dan peserta fashion show yang turut mempersembahkan hasil noken, sebagai warisan budaya Lembah Baliem ke dalam berbagai bentuk fashion
    • Harapannya hasil karya noken ini dapat memberikan nilai tambah khususnya bagi peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Jayawijaya guna mendukung promosi dan pembangunan pariwisata berkelanjutan
  • Sambutan oleh Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, Bapak Restog Krisna Kusuma
    • Apresiasi kepada Pemerintah Papua Pegunungan karena di 2024 ini ada 3 (tiga event) yang berhasil masuk Karisma Event Nusantara, salah satunya Noken Street Fashion yang terpilih untuk pertama kalinya.
    • Noken merupakan Tas Tradisional khas masyarakat Papua Pegunungan yang terbuat dari serat kulit kayu pepohonan, yang sudah menjadi salah satu warisan Budaya UNESCO sejak 2012, hal ini perlu dikembangkan tidak hanya berupa tas saja, tetapi juga bisa menjadi kreasi fashion.
    • Maka dilaksanakannya Noken Street Fashion bersamaan dengan fenomena alam rumput mei sebagai representasi keindahan rumput oasika, dapat menjadi potensi wisata dengan unique selling point untuk Kabupaten Jayawijaya dan sekitarnya.
    • Hal ini perlu didukung dengan mengoptimalkan peran media digital untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Kabupaten Jayawijaya seperti landscape yang indah, kopi, dan noken, sehingga mampu menjangkau pasar yang lebih luas.
  • Pemutaran Video Tapping Sambutan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno
  • Pertunjukan Fashion Show oleh 12 Desainer Lokal

 

🔶 Hari Ke-2 (Kamis, 16 Mei 2024)

  • Pameran Ekraf, Kuliner, dan Komunitas
  • Fashion Show oleh Ibu-ibu Persit dan Bhayangkari
  • Lomba Fashion Show tingkat SD
  • Sambutan Penutup oleh Pj. Gubernur Papua Pegunungan:
    • Terima kasih atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif hingga Provinsi Papia Pegunungan berhasil masuk ke dalam agenda Karisma Event Nusantara sejumlah 3 (tiga) Event, yaitu Noken Street Fashion yang baru saja dilaksanakan, Festival Budaya Lembah Baliem dan Festival Budaya 12 Suku Yahukimo pada bulan Agustus nanti
    • Selamat kepada jajaran Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan, khususnya Pemerintah Kabupaten Jayawijaya yang telah sukses menyelenggarakan Noken Street Fashion
    • Apresiasi kepada para desainer dan model yang telah menampilkan karyanya, serta pelaku ekraf yang membuka stand UMKM, untuk turut mempromosikan Noken sebagai Budaya Papua Pegunungan
  • Pagelaran Fashion Show Pj. Gubernur Papua Pegunungan beserta Rombongan Pejabat
  • Pembagian Hadiah kepada para pemenang lomba fashion show tingkat SD
  • Penyerahan Sertifikat Penghargaan kepada 12 desainer mode lokal

 

Strategi Promosi Publikasi

Beberapa promosi yang telah dilakukan oleh penyelenggara, antara lain:

1) Offline

Penempatan baliho di beberapa titik jalan Kota Wamena

2) Online

 

Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan:

  1. Noken Street Fashion diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Jayawijaya. Tahun ini, Noken Street Fashion pertama kali terpilih sebagai salah satu dari 110 Karisma Event Nusantara. Event ini bertujuan untuk memperkenalkan noken sebagai bagian dari Budaya Papua Pegunungan yang memiliki daya tarik wisata. Event ini telah terlaksana dengan lancar. Penyelenggara berhasil mengangkat nilai kelokalan daerah dengan menyuguhkan pagelaran fashion show dan pameran ekraf yang terbuat dari noken.
  2. Nilai kelokalan khas Budaya Papua Pegunungan terlihat pada gerbang utama dengan hiasan berciri khas atap rumah honai, adapun pameran UMKM yang menjajakan berbagai macam variasi produk ekonomi kreatif berbahan dasar noken dan pernak-pernik khas Papua.
  3. Penyelenggara juga melibatkan para pelaku UMKM lokal sebanyak 10 booth UMKM yang menjajakan produk-produk ekonomi kreatif. Sementara ketersediaan kuliner lokal tidak terlalu bervariasi. Untuk estimasi transaksi ekonomi yang dihasilkan dari produk-produk UMKM ini masih dalam tahap penghitungan oleh penyelenggara.
  4. Pemilihan lokasi di Hutan Kota Isakusa menjadi pilihan yang tepat karena lokasi tersebut berlatar belakang deretan pohon pinus dan landscape Rumput Oasika yang mana menambah keindahan visual pada penyelenggaraan Noken Street Festival.
  5. Adapun kendala yang dialami yaitu kurangnya ketersediaan jaringan internet di lokasi acara, sehingga para pengunjung yang mau membagikan keseruan selama acara berlangsung melalui sosial medianya menjadi terhambat. Sehingga masukan untuk event selanjutnya, perlu kolaborasi dengan provider internet untuk menyediakan jaringan yang memadai guna memenuhi kebutuhan promosi media sosial secara online.
  6. Adapun terkait aksesibilitas ke venue yang berlokasi jauh dari pusat kota, membuat tidak tersedianya fasilitas umum seperti ATM maupun restoran di sekitar venue. Kurangnya sarana angkutan umum dari pusat kota ke venue, menyebabkan para pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi. Namun penyelenggara menyiapkan lapangan parkir dengan kapasitas yang cukup luas.
  7. Penanganan aspek kenyamanan pengunjung sudah cukup baik dengan tersedianya toilet dan tempat sampah. Selain itu, MC juga menyampaikan imbauan secara berkala kepada para pengunjung agar dapat menjaga kebersihan di sekitar venue acara.
  8. Sebagian besar rangkaian kegiatan Noken Street Fashion yang berfokus pada pagelaran fashion show dengan memamerkan berbagai macam produk ekonomi kreatif berbahan dasar noken, berhasil memperkenalkan kekayaan budaya Lembah Baliem dan Papua Pegunungan. Ke depannya diharapkan penyelenggara dapat bekerja sama dengan lebih banyak stakeholder dalam menyusun pola perjalanan wisata maupun paket wisata dengan mengedepankan storynomics yang kuat. Sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk berkunjung ke Provinsi Papua Pegunungan khususnya Kabupaten Jayawijaya terutama saat pelaksanaan kegiatan Noken Street Fashion setiap tahunnya.

 

Author: Vitria Narwastu

Tinggalkan Balasan