Lebaran Tenabang 2024

Lebaran Tenabang 2024 yang dilaksanakan pada Sabtu, 11 Mei 2024 di depan Kantor Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

 

Gambaran Umum

Lebaran Tenabang adalah event yang diinisiasi oleh Yayasan Sikumbang Tenabang dengan tujuan untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya Betawi sebagai bagian dari budaya nusantara. Kegiatan Lebaran Tenabang selain menjadi ajang silaturahmi dan halal bi halal bagi masyarakat di sekitar Tanah Abang, juga menampilkan hasil kreatifitas sanggar-sanggar seni budaya Betawi yang diwadahi oleh Sikumbang Tenabang.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh:

  1. Bapak Wakil Walikota Jakarta Pusat, Bapak Chaidir;
  2. Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Bapak Iwan Henry Wardhana;
  3. Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Jakarta Pusat, Bapak M. Nurdin;
  4. Camat Tanah Abang, Bapak Dicky Suherlan;
  5. Ketua Umum Badan Musyarawah Betawi, Bapak Riano P. Ahmad;
  6. Danramil Jakarta Pusat;
  7. Kapolsek Tanah Abang, AKBP Aditya Simanggara Pratama;
  8. Pimpinan ormas se tanah abang;
  9. Perwakilan Direktorat Event Daerah.

 

Rangkaian kegiatan Lebaran Tenabang adalah sebagai berikut :

  • Arakan Tanjidor rombongan VIP yang dilanjutkan dengan tradisi Buka Palang Pintu.
  • Pembukaan “Lomba Ngeset Kambing” oleh Camat Tanah Abang didampingi para tamu VIP.
  • Menyanyikan lagu “Indonesia Raya”
  • Pembacaan doa
  • Persembahan Tari Renggong Manis 96, Tari Papua, dan Tarian Nusantara oleh siswa siswi Sekolah Dasar
  • Sambutan dan Laporan Ketua Panitia, Bapak Vidi Ahmad.

Dalam sambutan dan laporannya, Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Lebaran Tenabang mengucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan para pihak dan sponsor serta seluruh elemen masyarakat yang terlibat dalam dalam acara ini. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan yang diunggulkan dalam Lebaran Tenabang adalah lomba menguliti kambing yang diharapkan dapat menjadi ikon tradisi kota Jakarta khususnya Tanah Abang yang dulunya merupakan pasar kambing. Beliau juga mengatakan Lebaran Tenabang juga berupaya menampilkan keberagaman etnis Tanah Abang dengan menyajikan berbagai penampilan tarian dari Indonesia yang membuktikan bahwa Tanah Abang tidaklah hanya diisi oleh orang Betawi saja melainkan dari berbagai etnis lainnya. Hal ini diharapkan dapat menjadi sebuah langkah yang menunjukan Tanah Abang sebagai daerah yang penuh warna dan siap berkolaborasi.

  • Sambutan dari Wakil Walikota Jakarta, Bapak Chaidir, M.Si.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Lebaran Tenabang menjadi ajang silaturahmi bagi warga Tanah Abang yang sebagian besar sudah berpindah ke daerah penyangga di kawasan Bodetabek dan menunjukkan bahwa meski warganya banyak yang telah pindah ke daerah pinggir Jakarta, namun masih cinta dengan kampung halaman yaitu Tanah Abang.

Beliau juga menjelaskan bahwa Tanah Abang merupakan kecamatan terbesar dari delapan kecamatan di Jakarta Pusat yang memiliki ciri khas dalam merayakan Lebaran, salah satunya dengan menampilkan budaya dan seni Betawi, seperti Palang Pintu, adu silat, hingga lomba “ngeset” atau menguliti kambing.

  • Sambutan dari Kepala Dinas Kebudaaan Provinsi DKI Jakarta, Bapak Iwan Henry Wardhana.

Dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang sangat besar terhadap penyelenggaraan acara Lebaran Tenabang ini, namun beliau memberi saran dan berharap agar Tanah Abang juga mengangkat situs-situs sejarah dan kebudayaan  seperti museum tekstil, vihara, dan lainnya karena Tanah Abang menyimpan banyak cerita sejarah kebudayaan di jaman dulu.

  • Sambutan dari Ketua Umum Badan Musyarawah Betawi, Bapak. Riano P. Ahmad, S.H.

Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa Lebaran Tenabang merupakan acara tahunan yang sudah digelar selama delapan kal, sebelum akhirnya dipromosikan dan didukung penuh oleh Pemerintah Kota Jakarta Pusat, dimana awalnya adalah acara halal bihalal warga setempat yang diinisiasi oleh gabungan organisasi masyarakat di Tanah Abang.

  • Sesi Penyerahan Cinderamata & Foto Bersama
  • Lomba Koreografi Silat Sikumbang Beregu Katagori Anak Anak & Katagori Remaja
  • Peragaan Jalan Jurus Silat Tenabang
  • Pengumuman lomba Ngeset Kambing & Koreografi Silat
  • Band IKBT
  • Pembacaan Maulid Tuan Guru Mujib
  • Performance Band Gondal Gandul
  • Orkes Melayu Samrah Sikumbang
  • Akustik SRASINYANYE

 

Kesimpulan dan Evaluasi

  1. Kegiatan Lebaran Tenabang 2024 telah berjalan dengan sukses dan lancar.
  2. Promosi sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan khususnya di media sosial serta narasi yang mengangkat sejarah dan keunikan budaya. Terlihat beberapa spanduk promosi di jalan-jalan menuju ke venue acara.
  3. Lokasi yang dipilih yaitu depan Kantor Kecamatan Tanah Abang merupakan lokasi yang strategis dan mudah diakses oleh pengunjung.
  4. vent yang berlangsung dari pagi hingga malam hari ini melibatkan sanggar-sanggar seni Betawi yang diwadahi oleh Sikumbang Tenabang dan dimeriahkan juga oleh bazar UMKM yang terdiri dari kuliner dan kriya khas Betawi.
  5. Pengelolaan sampah sudah cukup baik, karena adanya petugas kebersihan yang selalu siaga dan membersihkan sampah-sampah di sekitar venue.
Author: Vitria Narwastu

Tinggalkan Balasan