Pasar Rakyat – Labuan Bajo Street Carnival

Pelaksanaan kegiatan side events KTT Asean Summit “Pasar Rakyat – Labuan Bajo Street Carnival”, di Lapangan Wae Kesambi, Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur pada hari Minggu, 7 Mei 2023.

Berikut hal-hal yang dapat kami sampaikan:

1️⃣ Labuan Bajo Street Carnival merupakan side event dari KTT Asean Summit 2023 yang memperkenalkan budaya dan kekayaan alam Nusa Tenggara Barat khususnya Labuan Bajo kepada wisatawan mancanegara dan nusantara serta dapat menjadi ajang promosi pariwisata daerah.

2️⃣ Pelaksanaan kegiatan ini hasil kolaborasi antara Kemenparekraf, Badan Otorita Labuan Bajo Flores, Dinas Pariwsata Kabupaten Manggarai Barat. Untuk Keamanan acara, penanganan kantong parkir dan kebersihan, Kemenparekraf menggandeng Kepolisian Resor Manggarai Barat dan Karangtaruna Desa Batu Cermin untuk kelancaran kegiatan.

3️⃣ Pelaksanaan Labuan Bajo Street Carnival dihadiri oleh:
– Ibu Angela Herliani Tanoesoedibjo, Wamenparekraf.
– Ibu Ni Wayan Giri Adnyani, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
– Ibu Masruroh, Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran.
– Ibu I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, Kepala Biro Komunikasi.
– Ibu Shana Fatina, Direktur Utama Badan Otorita Labuan Bajo Flores.
-Perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat.

4️⃣ Pesta Rakyat: Labuan Bajo Street Carnival mendatangkan 10 performance di antaranya Drumband SMA N 1 Komodo, pertunjukan musik solo SLBN Komodo, Animal Pop Komodo, Labuan Bajo Energi Small Sasando, Fire Dance, Stand Up Comedy dari Itok Aman, Band De Grow, Kamus Band, Nostra Band, Mukarakat, dan DJ Songke.

6️⃣ UMKM yang terlibat pada kegiatan ini yang awalnya sebanyak 60 bertambah menjadi 72 UMKM, yang terdiri dari Kuliner, Kriya, dan Fesyen yang dikurasi oleh BPOLBF dan berkolaborasi dengan Dispar Labuan Bajo. Terdapat 3 food truck yang diisi oleh Wings, kopi Golomory Ruteng dan Markoba.

7️⃣ pengolahan sampah pada kegiatan ini berkolaborasi dengan Waste Management “Kole Project” yang dimana sampah akan daur ulang kemudian dipilah kembali dan dibersihkan. Kemudian di mitra industri daur ulang botol plastik akan diproses daur ulang menjadi kemasan botol kembali yang siap dipasarkan.

🔘 Kesimpulan dan Evaluasi
1. Labuan Bajo Street Carnival telah terlaksana dengan lancar dan meriah. Antusias warga, ketertipan penonton terkendali dengan baik.

2. Penanganan teknis acara dan crowd menagement sudah sangat baik mulai dari pintu masuk hingga pintu keluar serta jumlah penonton tidak melebih kapasitas lokasi kegiatan.

3. Management resiko telah di siapkan mulai dari ambulan, alat pemadam kebakaran dan keamanan oleh kepolisian setempat.

4. Kapasitas parkir yang terbatas mengakibatkan pengunjung parkir di bahu jalan namun dapat terkendalikan karena telah diatur oleh karang taruna dan kelancaran jalan di area event tidak menimbulkan kemacetan karena di atur oleh kepolisi setempat.

5. Terkait fasilitas toilet Kemenparekraf telah berkoordinasi dengan warga setempat untuk menyedikan toilet rumah warga. Mengingat banyak vendor yang telah digunakan untuk kegiatan KTT Asean Summit, sehingga minimnya toilet portable.

 

Dokumentasi

Tautan berita

1. https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-kemenparekraf-pesta-rakyat-labuan-bajo-street-carnival-sukses-gerakkan-ekonomi-masyarakat

2. https://www.kompas.id/baca/internasional/2023/05/07/pesta-rakyat-labuan-bajo-panggung-budaya-dan-karya-kreatif-di-ktt-asean

3. https://m.antaranews.com/amp/berita/3525618/kemenparekraf-libatkan-67-umkm-dalam-pesta-rakyat-labuan-bajo

4. https://flores.tribunnews.com/amp/2023/05/08/pesta-rakyat-sehari-asean-summit-labuan-bajo-mengecewakan-umkm-lembata

5. https://koranpelita.com/2023/05/08/pesta-rakyat-labuan-bajo-street-carnival-sukses-gerakkan-ekonomi-masyarakat/

6. https://koranpelita.com/2023/05/08/pesta-rakyat-labuan-bajo-street-carnival-sukses-gerakkan-ekonomi-masyarakat/

7. https://www.medialabuanbajo.com/news/amp/5978705326/wamenparekraf-pantau-langsung-pelaksanaan-pesta-rakyat-jelang-ktt-asean-di-labuan-bajo

8. https://realitarakyat.com/2023/05/semarakkan-persiapan-ktt-asean-kemenparekraf-hadirkan-pesta-rakyat-di-labuan-bajo/

9. https://flores.inews.id/amp/read/293233/wamenparekraf-pantau-pelaksanaan-pesta-rakyat-jelang-ktt-asean-di-labuan-bajo

10. https://www.nttmediaexpress.com/region-ntt/amp/4248705508/keren-ada-67-umkm-yang-terlibat-pesta-rakyat-ramaikan-ktt-asean-di-labuan-bajo

Tinggalkan Balasan