Kegiatan BISA FEST dengan tema “Festival dan Kreasi Seni Tari Nusantara”

Kegiatan BISA FEST dengan tema “Festival dan Kreasi Seni Tari Nusantara” diselenggarakan pada hari Jumat, 10 Maret 2023 di Anjungan Sulawesi Selatan,Taman Mini Indonesia Indah Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Kemenparekraf dan Komisi X DPR-RI.

🟨 Kegiatan ini dihadiri oleh :
1. Bapak Putra Nababan (Anggota Komisi X DPR RI);
2. Bapak Aloen Samodro (Kasubag TU Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Timur)
3. Ibu Ni Komang Ayu Astiti, (Koordinator Event Nasional Kemenparekraf);
4. Ibu Diah Wijayanti, Sanggar Belantara Budaya Indonesia Daerah Jakarta Timur (Narasumber);
5. Peserta BISA Fest.

🟨 Rangkaian kegiatan BISA Fest Pesona Ragam Budaya Kota Palu:

1️⃣ Kegiatan BISA Fest dibuka dengan Tari Tor Tor.

2️⃣ Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Doa.

3️⃣ Acara selanjutnya penyampaian sambutan oleh Bapak Aloen Samodro (Perwakilan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta TImur), Ni Komang Ayu Astiti (Koordinator Event Nasional Kemenparekraf RI), dan dibuka sekaligus penyampaian materi Bapak Putra Nababan (Anggota Komisi X DPR RI), dan dilanjutkan paparan oleh Ibu Diah Wijayanti (Narasumber).

🔹 Sambutan Bapak Aloen Samodro, Kasubag TU Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Timur
– Peran masyarakat dalam promosi parekraf khususnya seni tari di Jakarta sangat penting, oleh karenanya selalu melakukan koordinasi dengan masyarakat, pemerintah daerah, pusat, dll untuk turut meramaikan dan menyukseskan pelaksanaan festival dan seni tari Jakarta.
– Inovasi dan kreativitas dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif perlu jadikan mindset masyarakat agar masyarakat bisa berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan senitari sehingga berdampak kepada sektor parekraf Indonesia

🔹Sambutan Ni Komang Ayu Astiti, Koordinator Event Nasional Kemenparekraf.
– Kegiatan BISA Fest Festival merupakan kegiatan pemberdayaan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk kembali produktif dan berinovasi dalam era kenormalan baru dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, kebersihan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.
– Kegiatan BISA Festival ini merupakan kegiatan kemitraan antar lembaga yang bertujuan untuk sharing informasi dan edukasi serta mendengarkan aspirasi dari masyarakat dalam rangka pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
– BISA Festival merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan suatu destinasi pariwisata, yang akhirnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk membangkitkan dan mengembangkan kreativitas dibidang kesenian dan kebudayaan.
– Dengan adanya event dapat mempromosikan suatu daerah/destinasi pariwisata, yang akhirnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Event pariwisata tidak harus banyak namun harus berkualitas.

🔹 Sambutan Bapak Putra Nababan (Anggota Komisi X DPR RI).
– Festival dan seni tari nusantara kedepannya harus bisa berkontribusi pada devisa negara Indonesia, kegiatan ini bekerjasama dengan Kemenparekraf agar mendorong para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa melakukan yang terbaik dengan menonjolkan kreatifitasnya untuk memajukan kesenian tari nusantara .
– Dengan diadakannya Kegiatan BISA Festival ini berharap dapat mempromosikan, budaya maupun seni dengan menggunakan platform digital untuk memperkenalkan kreatifitas kesenian hingga ke mancanegara yang akan berdampak kepada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Sumatera Tengah.

4️⃣ Acara dilanjutkan dengan Penyerahan souvenir dari Kemenparekraf RI kepada Anggota Komisi X DPR RI, Kadispar Kota Palu, dan Narasumber dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

5️⃣ Selanjutnya Pertunjukan Tari Tradisional Tari Manuk Dadali, Betawi Topeng, Kembang Tanjung yang diperagakan oleh beberap sanggar tari.

6️⃣ Setelah pertunjukan tersebut Narasumber memberikan komentar atas pertunjukan tersebut dan juga memberikan materi serta diskusi dengan peserta dengan poin-poin pentingnya yaitu:
– Platfom digital sekarang ini merupakan langkah terbaik dalam mempromosikan karya-karya kesenian tari dan budaya. Membuat konten terkait kesenian yang dikemas dengan baik agar bisa menarik audiens sehingga karya kesenian dan budaya bisa terpromosikan dengan luas.
– Pelaku seni sebaiknya bisa membangun kepercayaan diri dalam memperagaan tarian serta mempromosikan karya seninya dan selalu ingin belajar dengan orang-orang yang berkompeten yang sesuai dengan bidangnya.
– Kegiatan ini dilaksanakan agar dapat mengembangkan pontensi bagi para pelaku pariwisata dan ekraf untuk dapat mengembangkan pariwisata dan ekraf di Jakarta.

🟨 Kesimpulan :
Peserta menyambut baik kegiatan BISA Fest yang dapat dilihat dari antusiasnya para sanggar tari untuk melakukan pertunjukan dan juga peserta yang cukup antusias dalam berdiskusi dengan narasumber dan anggota DPR RI. Namun beberapa pertunjukan masih banyak yang terlihat gugup karena kurang persiapan.

Tinggalkan Balasan