BISA FEST “Pesona Ragam Budaya Kota Palu” dan BISA Fest “Pesona Ragam Budaya Kab Parigi Moutong”

Kegiatan BISA FEST di Sulawesi Tengah

1️⃣ BISA FEST “Pesona Ragam Budaya Kota Palu” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 4 Maret 2023 di Pantai Taipan, Kota Palu, Sulawesi Tengah;
2️⃣ BISA Fest “Pesona Ragam Budaya Kab Parigi Moutong” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 5 Maret 2023 di Pantai Avolua, Kab. Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Kemenparekraf dan Komisi X DPR-RI. Berikut poin-poin yang kami laporkan:

☑️BISA FEST “Pesona Ragam Budaya Kota Palu” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 4 Maret 2023 di Pantai Taipan, Kota Palu, Sulawesi Tengah;

🟨 Kegiatan ini dihadiri oleh :
1. Ibu Hj. Sakinah Al Jufri S.Ag (Anggota Komisi X DPR RI);
2. Bapak Puji (Perwakilan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palu)
2. Ibu Afrida Pelita Sari, (Perwakilan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf RI);
3. Bapak Maman Afriansya, Narasumber Seniman Kota Palu;
4. Peserta BISA Fest Pesona Ragam Budaya Kota Palu.

🟨 Rangkaian kegiatan BISA Fest Pesona Ragam Budaya Kota Palu:
1. Kegiatan BISA Fest Pesona Ragam Budaya Kota Palu dibuka dengan Tarian Kreasi Tradisi Modern;
2. Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Doa;
3. Acara selanjutnya penyampaian sambutan oleh Bapak Puji (Perwakilan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palu), Ibu Afrida Pelita Sari, (Perwakilan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf RI), Ibu Hj. Sakinah Al Jufri S.Ag (Anggota Komisi X DPR RI), dan penyampaian materi oleh Bapak Maman Afriansya (Narasumber Seniman Kota Palu)
4. Penyerahan souvernir eksklusif dari Kemenparekraf/Baparekraf kepada Anggota DPR RI Komisi X, Dinas Pariwisata Kota Palu dan Narasumber.

🔶 sambutan-sambutan oleh:

🔹Bapak Puji, Perwakilan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palu, Sulawesi Tengah.
– Peran masyarakat dalam promosi parekraf di Kota Palu sangat penting, oleh karenanya selalu melakukan koordinasi dengan masyarakat maupun organisasi masyarakat untuk turut meramaikan dan menyukseskan pelaksanaan event terkait pariwisata dan ekraf.
– Inovasi dan kreativitas penyelenggaraan event juga perlu dipadukan dengan karakter masyarakat setempat agar masyarakat mau berkontribusi dan berpartisipasi aktif. Semakin banyak masyarakat yang paham pariwisata dan ekraf, pengembangan parekraf di daerah tersebut akan lebih mudah.

🔹Ibu Afrida Pelita Sari, Perwakilan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf RI.
– Kegiatan BISA Fest Festival merupakan kegiatan pemberdayaan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk kembali produktif dan berinovasi dalam era kenormalan baru dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, kebersihan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.
– Kegiatan BISA Festival ini merupakan kegiatan kemitraan antar lembaga yang bertujuan untuk sharing informasi dan edukasi serta mendengarkan aspirasi dari masyarakat dalam rangka pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
– BISA Festival merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan suatu destinasi pariwisata, yang akhirnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk membangkitkan dan mengembangkan kreativitas dibidang kesenian dan kebudayaan.

🔹Ibu Hj. Sakinah Al Jufri, Anggota Komisi X DPR RI.
– Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kedepannya akan menjadi devisa bangsa Indonesia, Kami dengan Kemenparekraf bekerjasama melaksanakan Kegiatan BISA Festival Pesona Ragam Budaya di Kota Palu, agar kami mendorong para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa menyampaikan destinasi pariwisata di Kota Palu.
– Dengan diadakannya Kegiatan BISA Festival ini berharap destinasi wisata di Kota Palu mempunyai keindahan dan kecantikan dari segi alam, budaya maupun seni sehingga kedepannya kami akan terus mengembangkan potensi pariwisata di kota Palu, Sulawesi Tengah untuk memperkenalkan destinasi wisata di Sulawesi Tengah hingga ke mancanegara untuk mendatangkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Sumatera Tengah.

🟨 Acara dilanjutkan dengan:
– Penyerahan souvenir dari Kemenparekraf RI kepada Anggota Komisi X DPR RI, Kadispar Kota Palu, dan Narasumber dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

🟨 Pemaparan materi oleh Bapak Maman Afriansya selaku Narasumber:
– Pariwisata merupakan potensi yang sangat besar bagi wilayah kota Palu, yang memiliki tempat wisata yang menarik, kebudayaan dan seni yang beragam. Seperti contoh tarian daerah memiliki daya tarik untuk menarik masuknya wisatawan lokal maupun mancanegara ke daerah kota Palu. Kebudayaan Kota Palu yang sangat menarik juga bagi wisatawan yang memiliki ke anekaragaman budaya yang ada hal kaitannya dengan pariwisata.
– Berbagai daerah di Sulawesi Tengah menawarkan keindahan masing-masing, wisata air menawarkan ratusan titik selam yang indah dengan kekayaan hayati dasar laut yang indah dan cantik untuk dilihat.
– Kami berharap kegiatan ini dapat menciptakan pontensi bagi para pelaku pariwisata untuk dapat mengembangkan pariwisata di Kota Palu menjadi lebih maju.

☑️ BISA FEST “Pesona Ragam Budaya Kab. Parigi Moutong” yang diselenggarakan pada hari Minggu, 5 Maret 2023 di Pantai Avolua, Kab. Parigi Moutong, Sulawesi Tengah;

🟨 Kegiatan ini dihadiri oleh :
1. Ibu Hj. Sakinah Al Jufri S.Ag (Anggota Komisi X DPR RI);
2. Bapak Ahlan S.Pd (Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab Parigi Moutong);
3. Ibu Afrida Pelita Sari, (Perwakilan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf RI);
4. Bapak Muhammad Taufan, Narasumber Seniman Kab Parigi Moutong;
5. Peserta BISA Fest Pesona Ragam Budaya Kab Parigi Moutong.

🟨 Rangkaian kegiatan BISA Fest Pesona Ragam Budaya Kab Parigi Moutong:
1. Kegiatan BISA Fest Pesona Ragam Budaya Kab Parigi Moutong dibuka dengan Tarian Kreasi Tradisi Modern;
2. Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Doa;
3. Acara selanjutnya penyampaian sambutan oleh Bapak Ahlan S.Pd (Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab Parigi Moutong), Ibu Afrida Pelita Sari, (Perwakilan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf RI), Ibu Hj. Sakinah Al Jufri S.Ag (Anggota Komisi X DPR RI), dan penyampaian materi oleh Bapak Muhammad Taufan (Narasumber Seniman Kab Parigi Moutong)
4. Penyerahan souvernir eksklusif dari Kemenparekraf/Baparekraf kepada Anggota DPR RI Komisi X, Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab Parigi Moutong dan Narasumber.

🟨 Acara selanjutnya penyampaian sambutan-sambutan oleh:

🔹Bapak Ahlan, S.Pd Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.
– Apresiasi pelaksanaan Kegiatan BISA Fest yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf bekerjasama dengan DPR RI Komisi X di Kota Palu, secara langsung maupun tidak langsung telah mendorong perekonomian warga Kota Palu sebagai destinasi mice, tentu dengan dorongan dan support dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf dapat menjadi kesuksesan Kota Palu sebagai kota penyelenggaraan event, kota kuliner dan kota keberagaman Budaya;
– Dengan terselenggaranya Kegiatan BISA Fest Pesona Ragam Budaya Kota Palu, Kegiatan ini kami berharap bisa mempromosikan seluruh destinasi atau objek wisata yang ada di Kota Palu, karena apapun potensi yang ada di Kota Palu merupakan potensi wisata yang harus kita kembangkan dan promosikan lebih baik.
– Terima kasih kepada Kemenparekraf dan DPR RI telah menyelenggarakan Kegiatan BISA Fest Pesona Ragam Budaya Kota Palu.

🔹Ibu Afrida Pelita Sari, Perwakilan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf RI.
– Kegiatan BISA Festival ini juga merupakan kegiatan kemitraan antar lembaga yang bertujuan untuk sharing informasi dan edukasi serta mendengarkan aspirasi dari masyarakat dalam rangka pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
– Festival yang kita laksanakan saat ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan suatu destinasi pariwisata, yang akhirnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Suatu daerah akan terkenal melalui keindahan alam, seni dan budayanya serta kulinernya. Semua itu ada di Kab Parigi Moutong, alamnya yang luar biasa indah, kaya dg seni budaya serta kulinernya yg beragam dan lezat. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk membangkitkan dan mengembangkan kreatifitas di bidang kesenian dan kebudayaan serta kuliner.
– Mari kita bersama2 untuk mengembangkan serta mempromosikan pariwisata Kab Parigi Moutong dengan penyelenggaraan festival/event seni dan budaya yang berkualitas dan berinovasi.

🔹Ibu Hj. Sakinah Al Jufri, Anggota Komisi X DPR RI.
– Saya antusias sekali dengan diadakannya Kegiatan BISA Festival Pesona Ragam Budaya di Kab Parigi Moutong agar kami mendorong agar para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa menyampaikan destinasi pariwisata di Kab Parigi Moutong.
– Dengan diadakannya Kegiatan BISA Festival ini kami ingin menyampaikan destinasi wisata di Kab Parigi Moutong mempunyai keindahan dan kecantikan dari segi alam, budaya maupun seni sehingga kedepannya kami akan terus mengembangkan potensi pariwisata di Kab Parigi Moutong, Sulawesi Tengah untuk memperkenalkan destinasi wisata di Parigi Moutong Sulawesi Tengah hingga ke mancanegara untuk mendatangkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Sumatera Tengah.
– Para pelaku juga harus menjaga kebersihan, serta kesehatan agar tempat wisata di Kab Parigi Moutong ini menjadi lebih indah dan terus terjaga keindahannya, maka oleh karena itu kami juga terus mendorong pelaku pariwisata yang berkaitan dengan seni dan budaya di Kab Parigi Moutong untuk terus kita lestarikan agar kedepannya terus terjaga. Oleh karena itu kami sangat berterima kasih untuk Kemenparekraf dapat melaksanakan BISA Festival Pesona Ragam Budaya di Kab Parigi Moutong, semoga manfaat dari Kegiatan BISA Festival Pesona Ragam Budaya di Kab Parigi Moutong, Wisata dapat lebih maju dan berkembang.

🟨 Penutupan
🔹 Kesimpulan :
Peserta menyambut baik kegiatan BISA Fest Pesona Ragam Budaya di Sulawesi Tengah sebagai tempat untuk mengembangkan Pariwisata yang lebih maju dan serta ekonomi kreatif di Kota Palu dan Parigi Moutong, Sulawesi Tengah yang dapat menggerakkan perekonomian dan mendorong kesuksesan Sulawesi Tengah sebagai kota pariwisata, kota seni dan budaya yang indah dan lebih maju.

Tinggalkan Balasan