BISA Waduk Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

kegiatan Bersih Indah Sehat Aman (BISA) di Waduk Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada 19 Agustus 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh :
1️⃣ Bapak Edy Wardoyo, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
2️⃣ Bapak Abdul Fikri Faqih, Wakil Ketua Komisi X DPR RI
3️⃣ Bapak Rofiq Qoidul Adzam, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes
4️⃣ Bapak Warsudi, Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Brebes selaku Narasumber
5️⃣ Ibu Betsy Dian A, Koordinator Strategi dan Komunikasi Wisata Alam, Budaya dan Buatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
6️⃣ Peserta kegiatan BISA sejumlah 50 orang

Adapun rangkaian kegiatan BISA ini sebagai berikut :
⚪️ Registrasi peserta, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa serta Penampilan Tarian Kalam Sunda Indonesia Jaya oleh Sanggar Seni Elvishta Bumi Ayu Brebes;

⚪️ Sambutan dan Pembukaan :
◽️Sambutan Bapak Rofiq Qoidul Adzam, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kebersihan menjadi isu penting di dalam pengembangan pariwisata. Pengelolaan sampah harus dilakukan dengan baik. Perlu kesadaran dari seluruh masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan.
Gerakan BISA ini diharapkan dapat menjadi media edukasi bagi masyarakat. Tujuannya adalah agar bagaimana pengunjung dapat nyaman berkunjung ke destinasi wisata ini. Beliau juga menerima masukan tentang adanya kekurangan dari pembangunan yang dilakukan di Waduk Malahayu ini yaitu belum memperhatikan fasilitas yang ramah bagi disabilitas, oleh karenanya akan dikoordinasikan dengan PUPR terkait hal tersebut.

◽️Sambutan Bapak Edy Wardoyo, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan BISA diinisiasi oleh Kemenparekraf sejak masa pandemi Covid, dimana destinasi wisata yang indah, tapi kebersihannya tidak terkelola dengan baik. Oleh karenanya Kemenparekraf bersinergi dengan mitra di Komisi X DPR RI bersama-sama mengajak peran serta masyarakat untuk ikut serta menjaga destinasi wisata tersebut. Waduk Malahayu merupakan salah satu destinasi wisata yang favorit dikunjungi wisatawan di Brebes. Oleh karenanya beliau berharap melalui kegiatan BISA ini dapat meningkatkan kesadaran kita semua akan pentingnya menjaga kebersihan, kesehatan, keindahan dan keamanan destinasi wisata Waduk Malahayu ini sehingga terwujud ekosistem pariwisata yang berkualitas dan mendatangkan manfaat ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat.

◽️Sambutan dan Pembukaan oleh Bapak Abdul Fikri Faqih, Wakil Ketua Komisi X DPR RI. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan di tengah ketidakpastian situasi akibat pandemi Covid-19 serta pertumbuhan ekonomi yang lambat, perlu perhatian bagi kita semua, untuk beradaptasi dan berinovasi. Peran serta dari seluruh pentahelix dalam pengembangan sektor pariwisata menjadi sangat penting. Waduk Malahayu ini memiliki keindahan yang luar biasa, oleh karenanya perlu rasa memiliki yang besar dari seluruh masyarakat, sehingga penting untuk ikut menjaga dan mengelola potensi ini. Beliau mengingatkan bahwa tahun 2022 & 2023 sebagai masa pemulihan sedangkan tahun 2024 & 2025 sebagai masa pertumbuhan, sehingga beliau mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta mempromosikan Waduk Malahayu ini ke media sosial, agar kunjungan wisatawan semakin meningkat dan membawa dampak perekonomian bagi masyarakat.

⚪️ Pemberian Cinderamata dan Penyerahan secara simbolis peralatan BISA dari Kemenparekraf.

⚪️ Sesi talkshow dan diskusi oleh Bapak Warsudi, Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Brebes terkait pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan destinasi wisata. Beliau berharap program BISA ini dapat berkelanjutan dan memberi dampak manfaat yang besar bagi destinasi wisata Waduk Malahayu.

⚪️ Pembagian kelompok dan pelaksanaan aktivitas Bersih, Indah, Sehat & Aman di Destinasi Wisata Waduk Malahayu.

⚪️ Sesi Foto Bersama & Penutupan.

Author: Irwandi Tama

Tinggalkan Balasan