Rapat Progres Pembuatan e-Book Indonesia Holistic Wellnes

 

Rapat Progres Pembuatan e-Book Indonesia Holistic Wellness tanggal 26 Agustus 2022 dimulai dari pukul 09.00 s.d. 11.30 WIB secara hybrid, offline bertempat di Ruang Rapat Gedung Sapta Pesona lt. 22 dan online melalui platform zoom meeting, sebagai berikut:

Dihadiri oleh:
1. Bapak Alxander Reyaan, Direktur Wisata Minat Khusus
2. Ibu Betsy Dian Astri, Koordinator Strategi Komunikasi Alam, Budaya, dan Buatan
3. Arya Galih Anindita, Koordinator Produk dan Promosi Wisata Budaya dan Buatan,
4. Bapak Agus Hartono, penulis ebook wellness
5. Tim Stoik Trisula, designer ebook wellness,
6. Tim DESMA, penyusun RAN wellness,
7. Tim Strakom Wisata Minat Khusus,
8. Tim Budaya Buatan Wisata Minat Khusus

✳️ Rangkaian dan rangkuman rapat sebagai berikut:
1️⃣ Diawali dengan penjelasan latar belakang dan poin pembahasan rapat oleh Ibu Betsy Dian Astri mengenai diskusi update materi penulisan dan diskusi mengenai layout terbaru dengan update pengkurasian foto dari bank image kemenparekraf (indonesia.travel).
2️⃣ Pemaparan progres penulisan Indonesia Holistic Wellness oleh Bapak Agus sebagai berikut:
1. Penyampaian Outline (Draft 02) dengan panduan dan rekomendasi untuk foto dan ilustrasinya.
2. Penyampaian usulan 101 poin gambaran illustasi/foto naskah yang dapat digunakan tim design untuk membuat interpretasi dan mengembangkannya secara lebih artistik dan komunikatif.
3. Memaparkan penulisan (Draft 02) yang sudah disesuaikan perspektif wisatawan utama, dengan format penyajian yang lebih mudah desesuaikan dengan desain, foto & illustrasi.
3️⃣ Tanggapan progress penulisan oleh Bapak Direktur Wisata Minat Khusus, Tim Bidang Budaya Buatan, Tim Penyusun RAN Wellness sbb:
1. Terkait penulisan draft 02, Tim BB bersama konsultan Tim RAN Wellness akan mengadakan rapat untuk mendiskusikan dan merekomendasikan aktivitas dan tema di minggu depan (waktu TBA), tim penulis dan tim desain dapat berpartisipasi pada rapat tersebut.
2. Bapak Direktur Wisata Minat Khusus memberikan arahan kepada tim penulis agar dapat melakukan perkerjaan secara beriringan atau dapat merumuskan draft konten lebih dahulu apabila tim RAN Wellness belum juga merumuskan rekomendasi aktivitas dan tema untuk mempercepat pengerjaan ebook dimaksud;
4️⃣ Pemaparan konsep layout dan kurasi foto oleh Sdr. Devan dan Sdr Davin (tim desain) sbb:
1. Memaparkan color palette yang telah disepakati sebelumnya, dengan gambaran pengaplikasian pada layout;
2. Memaparkan hasil kurasi 101 konsep foto dari bank image kemenparekraf (indonesia.travel). dari 101 konsep foto tersebut beberapa konsep yang belum ditemukan, maka diusulkan untuk mengunduh foto pada bank image pada platform lain dan atau memproduksi sendiri (list/konsep/storyboard TBA) pada destinasi Bogor dan Bali;
3. Mempertanyakan teknis perjalanan dan akomodasi untuk tim apabila melakukan produksi foto pada destinasi usulan.
5️⃣ Masukan pada konsep layout dan kurasi foto oleh Bapak Direktur Wisata Minat Khusus, Tim Strakom dan Tim Bidang Budaya Buatan sbb:
1. Memberikan alternatif warna dengan justifikasi yang berdasar pada konsep Wellness (color palette dengan pengaplikasian pada illustrasi);
2. Desain illustrasi diharapkan memiliki pendekatan aktivitas wisata minat khusus bukan pendekatan destinasinya;
3. Produksi atau pemilihan foto berfokus pada: close up activity fisik-emosi-mental
4. Penjabaran detail masukan-masukan teknis lainnya seperti rekomendasi foto yang diharapkan penulis, tanggapan foto yang telah dikurasi sebelumnya dari indonesia.travel, dicatat dan diberikan wadah agar dapat dimonitoring bersama;
5. Mengenai teknis perjalanan dan akomodasi untuk tim desain, untuk proses produksi foto diperlukan bahan pendukung terlebih dahulu seperti konsep foto/storyboard.

❇️ Tindak lanjut rapat sbb:
1. Tim Strakom berkoordinasi dengan bidang BB pada rapat penyusunan RAN Wellness, dapat mengikutsertakan tim penyusun naskah dan tim desain;
2. Tim Strakom melaporkan usulan konsep desain layout dengan opsi color palette dengan justifikasi yang tepat, diharapkan tim desain memberikan usulan konsep dalam bentuk PDF (TBA);
3. Tim desain diharapkan segera mengedit dokumen tim penulis dengan menambahkan kolom yang berisi link yang terdapat foto-foto dan bisa di komentari secara online.
4. Tim desain perlu mendetailkan konsep foto yang akan diproduksi;

Author: Irwandi Tama

Tinggalkan Balasan