Launching Program Toward Climate Positive Tourism

Launching Program Towards Climate Positive Tourism through Decarbonization and Ecotourism

Laporan Rangkaian Kegiatan Launching Program Towards Climate Positive Tourism through Decarbonization and Ecotourism pada 7 Juli 2022 di Plataran Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Buleleng, Bali.

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran dan kepedulian lingkungan dari pemangku kepentingan pariwisata. Dalam aksi nyata Kemenparekraf sekaligus menjaring komitmen industri pariwisata Indonesia menuju Net Zero melalui Glasgow Declaration on Climate Action in Tourism yang diinisiasi oleh UNWTO, UNEP, dan The Travel Foundation.

Kegiatan ini dihadiri oleh :

  • Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • Ibu Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • Ibu Ni Wayan Giri Adnyani, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • Ibu Rizki Handayani, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events)
  • Bapak Yozua Makes, Founder Plataran
  • Bapak/Ibu Pejabat Eselon I & II di Lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf
  • Perwakilan Kementerian/Lembaga (Kemenkomarves, Kemenkeu, KLHK, Kemendagri, KKP dan OJK)
  • Perwakilan Pemerintah Daerah 5 Destinasi Pilot Project Low Carbon
  • Mitra Program (Wise Steps, Jejak.in dan Indecon)
  • Perwakilan 5 Destinasi Pilot Project Carbon Offset
  • Perwakilan Asosiasi dan Pelaku Pariwisata

Adapun rangkaian kegiatan ini sebagai berikut :

1️⃣  Sesi I : Trekking & Planting Ceremony

Rangkaian sesi ini terdiri dari :

  1. Trekking of Life yaitu kegiatan menyusuri sekitar lingkungan konservasi Taman Nasional Bali Barat dengan berjalan kaki.
  2. Planting Tree Ceremony, yaitu kegiatan penanaman mangrove sebagai salah satu upaya dalam berkontribusi terhadap perubahan iklim.
    Planting tree ceremony ini dilakukan langsung oleh Wamenparekraf beserta para pejabat Kemenparekraf dan perwakilan dari K/L terkait.
  3. Peninjauan booth exhibition UMKM binaan Kemenkeu serta beberapa UMKM yang berasal dari kawasan Kabupaten Buleleng dan juga produk unggulan dari 5 destinasi pilot project. Para UMKM ini menyajikan produk-produk ramah lingkungan sebagai salah satu bentuk penerapan konsep “zero waste”, dimana setiap produk ramah lingkungan tersebut pada proses produksinya telah menerapkan strategi mencegah, mengurangi, dan menghilangkan terbentuknya limbah sebagai bahan pencemar lingkungan.
  4. Kegiatan booth tour_ini dilakukan oleh Wamenparekraf di pagi hari dan dilanjutkan oleh Menparekraf di sore harinya.

2️⃣Sesi II : Workshop dan Launching

WORKSHOP TOWARDS CLIMATE POSITIVE TOURISM THROUGH DECARBONIZATION AND ECOTOURISM

  1. Laporan Kegiatan oleh Deputi Bid. Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Ibu Rizki Handayani menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal kontribusi dalam mewujudkan quality tourism dengan mengurangi jejak karbon pada sektor pariwisata. Kegiatan ini tentunya berkolaborasi dengan berbagai pihak, yaitu Plataran Indonesia, Wise Steps, Jejak.in, dan Indecon serta lintas sektor pemerintah, akademisi, business, komunitas, dan media.
  2. Opening Remarks oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Ibu Angela Herliani Tanoesoedibjo yang menyampaikan bahwa ekowisata dapat menjadi unique selling point dari pariwisata Indonesia yang mendukung prinsip berkelanjutan, ekowisata juga memberikan pengalaman yang berkesan kepada wisatawan. Melalui ekowisata, Indonesia dalam membangun sektor pariwisata yang resilience yang dapat memberikan inspirasi baru sehingga kita bisa menghadirkan inovasi-inovasi untuk akhirnya kita membangun ekosistem pariwisata berkelanjutan yang bisa bermanfaat dari generasi ke generasi.
  3. Panel Discussion 5 Destinasi Pilot Project yang akan menerapkan program carbon offset, yakni Plataran Menjangan di Taman Nasional Bali Barat); Mangrove Tembudan Berseri di Berau); Pantai 3 Warna di Clungup Mangrove Conservation-Malang); Bukit Peramun di Belitung; dan Taman Wisata Mangrove Klawalu, di Sorong yang dimoderatori oleh Bapak. Ary Suhandi, Executive Director of the Indonesian Ecotourism Network (INDECON).
  4. Pemaparan oleh Wise Steps Consulting dan Jejak.in yang menjelaskan terkait narasi “Towards Climate Positive Tourism Through Decarbonization and Ecotourism” serta implementasi ke depannya.

3️⃣Sesi III: Launching Program

  1. Pembukaan acara oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menyampaikan bahwa Indonesia menjadi negara pertama di ASEAN yang memiliki komitmen Net Zero di sektor pariwisata dan Indonesia telah memiliki mitra yang kuat di industri pariwisata.
    – Menparekraf mengajak pelaku industri pariwisata untuk ikut serta dalam Glasgow Declaration on Climate Action in Tourism.
    – Komitmen aksi dalam deklarasi tersebut diharapkan dapat mengantarkan Indonesia menuju Net Zero Emission (NZE) dan membangun masa depan kepariwisataan Indonesia yang lebih baik melalui pariwisata berkelanjutan
    -Penandatanganan Deklarasi Bersama Kemenparekraf dan Industri “Towards Net Zero” dipimpin oleh Menparekraf dan 5 Destinasi Pilot Project.
  2. Launching Program : “Carbon Footprint: Towards Climate Positive Tourism Through Decarbonization and Ecotourism dan Launching 5 Destinasi Pilot Project ditandai dengan prosesi pemukulan gong oleh Menparekraf didamping Sekretaris Kemenparekraf, Deputi Bidang Produk dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf dan para K/L terkait.

🟠 Tindak Lanjut Kegiatan

  • Melengkapi formulir Glasgow oleh pihak yang telah ikut menandatangani;
  • Menyusun rencana aksi sebagai bentuk dari komitmen yang telah ditandatangani oleh ke-5 pilot project dan Kemenparekraf sebagai inisiator;
  • Sosialisasi secara berkala mengenai carbon offseting dan deklarasi Glasgow;
  • Mengundang para stakeholdersdan K/L terkait untuk membahas grand strategy dan road map untuk mencapai tujuan utama menuju Climate Positive.

4️⃣ Press Release

  • https://bali.tribunnews.com/2022/07/08/wamenparekraf-angela-ekowisata-harus-jadi-unique-selling-point-pariwisata-indonesia-ke-dunia
  • https://bali.antaranews.com/berita/285285/kemenparekraf-dukung-pengurangan-emisi-karbon-dengan-tanam-mangrove
  • https://bali.tribunnews.com/2022/07/08/wujudkan-pariwisata-berkelanjutan-dan-berkualitas-menparekraf-luncurkan-carbon-footprint-di-bali
  • https://kumparan.com/kumparantravel/90-persen-wisatawan-ke-bali-tertarik-wisata-ramah-lingkungan-1yQB10pmRok
  • https://bali.antaranews.com/berita/285333/menparekraf-kunjungi-lapak-umkm-lokal-di-buleleng
  • https://bali.antaranews.com/berita/285285/kemenparekraf-dukung-pengurangan-emisi-karbon-dengan-tanam-mangrove
  • https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-luncurkan-carbon-footprint-di-bali-wujudkan-pariwisata-berkelanjutan-dan-berkualitas

Sumber gambar : https://sippn.menpan.go.id/berita/detil/dinas-pariwisata/menteri-kemenparekraf-baparekraf-ri-sandiaga-salahuddin-uno-buka-kegiatan-workshop-towards-climate-positive-tourism-through-decarbonization-and-e-co-tourism-menjangan-tnbb-buleleng

Author:

Tinggalkan Balasan