Seremonial peresmian pembukaan pameran DXI 2022

Deep and Extreme Indonesia

Laporan pelaksanaan dukungan kegiatan Deep and Extreme Indonesia pada tanggal 1-4 September 2022, di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat.

1️⃣ Gambaran Umum Deep and Extreme Indonesia (DXI)

DXI yang diselenggarakan selama 13 tahun, telah menjadi platform promosi terkemuka untuk industri selam, perjalanan petualangan, dan olahraga air di Indonesia. Terbukti pada penyelenggaraan DXI 2019 yang mampu menarik hingga 25.172 pengunjung.

Setelah sempat tertunda karena kondisi pandemi, DXI kembali hadir pada tahun 2022. Untuk membuat pameran lebih menarik, berkolaborasi dengan INDOFEST yang merupakan pameran perjalanan luar ruang dan petualangan terbesar di Tanah Air bahkan se-Asia Tenggara

Seperti sebelumnya, tahun ini Kemenparekraf turut mendukung Kegiatan DXI, namun kali ini secara offline. Kemenparekraf bersama PUWSI dan PPSI menyelenggarakan seminar dan pameran mengenai produk dan promosi wisata selam Indonesia pasca pandemic.

🟠 Kegiatan dihadiri oleh:

  1.   Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno;
  2.   Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events), Ibu Rizki Handayani Mustafa
  3.   President & CEO Divers Alert Network, William M. Ziefle
  4.   COO & CIO Divers Alert Network, Dr. Panchabi Vaithiyanathan
  5.   Founder Deep and Extreme – PT Exhibition Network Indonesia, Bapak Dharmawan Susanto
  6.   Sekjen PPSI, Bapak Abi Carnadie
  7.   Ketua Umum PUWSI, Bapak Arief Yudo Wibowo
  8.   Field Representative DAN, Bapak Bayu Wardoyo
  9.   PADI Course Director – ODY DIVE, Bapak Michael Sjukrie
  10.   Founder of One Kreativerse, CEO Riuh Renjana Creative, Bapak Dwika Putra
  11.   Deputi Bidang Industri Dan Investasi, Bapak Henky Hotma Parlindungan Manurung
  12.   Direktur Minat Khusus, Bapak Alexander Reyaan
  13.   Direktur Jasa Kelautan (Kementerian Kelautan dan Perikanan), Bapak Miftahul Huda
  14.   Koordinator Bidang Alam, Bapak Itok Parikesit
  15.   Peserta perwakilan dari Dive Training Agency, TA/TO, PUWSI, PPSI berjumlah 50 orang.

SEMINAR

Indonesia As A Safe Diving Destination Roadmap: Safety Standards as the core element in Product and Promotion Strategy

2️⃣ Rangkaian Kegiatan Seminar Deep and Extreme Indonesia

🔷 Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan pembacaan doa.

🔷 Sambutan President & CEO Divers Alert Network, William M. Ziefle

  • Pasca pandemic Covid-19, orang melupakan beberapa hal keselamatan dasar yang perlu diperhatikan oleh setiap penyelam,  sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah kecelakaan selam. DAN percaya adanya pelatihan yang baik dan benar akan memiliki dampak yang signifikan terhadap keselamatan dan juga promosi Indonesia sebagai Safe Diving Destination

🔷 Keynote Speech Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno;

  • Meskipun di era VUCA, wisata selam Indonesia tetap menorehkan prestasi dan menjadi pemenang sebagai Destinasi Wisata Selam Terbaik di Dunia selama 6 tahun berturut turut berdasarkan divemagazine.uk.
  • Wisata selam sendiri merupakan olahraga yang memiliki resiko kecelakaan. Oleh karena itu perlunya keselamatan dan keamanan pada saat diving dan adanya tempat yang memiliki fasilitas untuk mengatasi kecelakaan saat penyelaman seperti hyperbaric chamber di rumah-rumah sakit.
  • Selain itu, dalam menghadapi perkembangan digitalisasi 4.0 maka pemasaran wisata selam pun bergeser dari berorientasi produk menjadi pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital yaitu melalui digital marketing.

🔷 Seremonial Penyerahan kartu membership DAN dari CEO DAN kepada Menparekraf, Dilanjutkan dengan sesi Foto Bersama.

🔷 Seremonial peresmian pembukaan pameran DXI Indonesia 2022 oleh Menparekraf, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno

🔷 Diskusi Panel Sesi 1 dengan tema “Diving health and safety as a prerequisite in Indonesia safe diving destinations roadmap”

  • Bapak Bayu Wardoyo, Field Representative DAN. DAN merupakan lembaga keselamatan penyelaman dunia yang selama 40 tahun sudah menangani lebih dari 6000 kasus, akhirnya pada tahun 2019 memiliki representasi di Indonesia. Penawaran yang diberikan pada industri antara lain layanan hotline local 24 jam, Coverage Domestic Local dengan harga terjangkau, dan Student Coverage
  • Panchabi Vaithiyanathan, COO & CIO DAN. Mengapresiasi inisiatif dari kemenparekraf beserta semua pemangku kepentingan yang telah serius berupaya meningkatkan quality tourism, mempertimbangkan aspek keselamatan dengan konsep modern. Saat ini Roadmap mewujudkan Indonesia as A Safe Diving Destination masih cukup panjang namun sudah terdapat permulaan yang baik.
  • Bapak Abie Carnadie, Sekjen PPSI. Safety diartikan sebagai semua langkah yang harus diambil untuk menghindari maupun mengurangi resiko kecelakaan, tiga faktor utamanya yaitu peralatan, skill, dan lingkungan. Berdasarkan survey, 1 dari 4 instruktur selam masih melakukan cutting corner untuk kepentingan pribadi, sayangnya sistem pelaporan pelanggaran pun masih terkendala. Selain memastikan keselamatan customer, seorang Dive Pro juga perlu menciptakan antusiasme.
  • Bapak Alexander Reyaan, Direktur Wisata Minat Khusus. Indonesia sudah memiliki reputasi yang baik di mata dunia tetapi perlu adanya atribut tambahan. Pada wisata diving, aspek safety dapat menjadi nilai pelengkap produk. Sedangkan dari segi promosi, mengikuti pameran dan event internasional saat ini masih dibutuhkan. Dalam mewujudkan strategi quality tourism, narasi promosi wisata selam yang diusung saat ini adalah Indonesia as A safe Diving Destination

🔷 Foto Bersama dengan Pembicara Diskusi Panel 1

🔷 Diskusi Panel Diskusi Panel Sesi 2 “Dive into Digital Engagement”

  • Bapak Arief Yudo Wibowo, Ketua Umum PUWSI. Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada operasional usaha selam. Memasuki era VUCA, industri selam juga turut beradaptasi menerapkan digitalisasi, merencanakan program talkshow digital marketing bekerjasama dengan berbagai stakeholder. Digital assets dari 98 anggota PUWSI, didominasi 38% usaha sudah memiliki website dengan domain name, serta sekitar 30% aktif berinteraksi melalui social media FB.
  • Bapak Michael Sjukrie, PADI Course Director ODY DIVE – Podcaster. Strategi marketing dan public relation untuk bertahan selama pandemic dilakukan dalam beberapa Langkah antara lain: Odydive fokus menjalankan online course untuk professional level, melakukan penataan ulang sosial media yang user friendly, menjaga relasi dengan existing customer, serta menghadirkan acara Podcast Diver Talk.
  • Bapak Dwika Putra Praktisi Digital Marketing. Di media sosial, usaha tidak hanya bersaing antar competitor. Oleh karena itu, faktor yang menjadi pembeda utama adalah engagement yang dapat dibangun melalui media sosial yang relatable, responsive, dan repetitive. Pada industri selam dapat diterapkan dengan berfokus pada pilar konten (keseruan dan edukasi selam), kolaborasi dengan komunitas, serta beriklan secara terarah.
  • Bapak Henky Hotma Parlindungan Manurung, Deputi Bidang Industri dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pasca Covid melandai, peran pemerintah hadir dengan adanya Sertifikasi CHSE untuk Dive Operator. Travel agent perlu mematuhi regulasi mewujudkan industri selam yang aman dan nyaman. Perlu adanya usaha bersama menumbuhkan industri wisata selam melalui kemudahan sertifikasi usaha (SNI) Wisata selam.

🔷 Foto Bersama dengan Pembicara Diskusi Panel 2

 🔷 Sambutan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events), Ibu Rizki Handayani Mustafa pada Pameran INDOFEST 2022

  • Di Indonesia sendiri wisata petualangan berkembang pesat dimana 94% pelakunya adalah usaha perorangan, mikro dan kecil. Untuk memulai beroperasi kembali pasca pandemi covid-19, para pelaku usaha wisata petualangan membutuhkan dukungan agar dapat memperkenalkan kembali produk wisatanya kepada travel agent di Indonesia dan menjangkau pasar wisatawan nusantara. Melalui Kegiatan Indofest diharapkan mampu memberikan peluang pelaku wisata petualangan untuk memperluas jaringan pemasarannya.

PAMERAN

3️⃣ Rangkaian Kegiatan Pameran Deep and Extreme Indonesia

🔷 Kunjungan Ibu Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

Pada tanggal 2 September 2022, Wamenparekraf hadir dan mengunjungi beberapa booth antara lain: Booth Kemenparekraf, DAN, Sea Safari, Garmin (Dive computer), Dive Sea (underwater photography), Pusat Diving, Sea Pearl (distributor alat selam), Kura Besi (LOB), dan Dinas Pariwisata Bolsel.

🔷 Pengunjung Booth Kemenparekraf

Pameran B2C diselenggarakan bersamaan dengan berlangsungnya seminar. Pada booth Kemenparekraf sendiri menghadirkan 11 industri selam yang terbagi kedalam kategori Dive Center, Dive Resort, Liveaboard. Selama 4 (empat) hari pelaksanaan pameran DXI 2022, mampu menarik 10.407 Pengunjung, sedangkan yang mengunjungi booth Kemenparekraf sebanyak 511 orang dan menghasilkan 101 potential buyer. Berikut merupakan laporan kunjungan booth Kemenparekraf per harinya:

  • Hari pertama: 104 pengunjung
  • Hari Kedua: 116 pengunjung
  • Hari Ketiga: 181 pengunjung
  • Hari Keempat: 110 pengunjung

4️⃣ Press Release

  • https://www.suarakarya.id/wisata/pr-2604350649/menparekraf-pemerintah-berupaya-maksimal-dorong-kebangkitan-ekonomi-khususnya-sektor-pariwisata-dan-ekraf
  • https://www.murianews.com/2022/09/01/312970/pameran-deep-and-extreme-2022-kembali-digelar-perkuat-kebangkitan-wisata-selam-indonesia
  • https://www.industry.co.id/read/112237/menparekraf-sandiaga-uno-pameran-deep-and-extreme-2022-perkuat-kebangkitan-wisata-selam-indonesia
  • https://travelmaker.id/2022/09/01/kembali-digelar-pameran-deep-and-extreme-2022-perkuat-kebangkitan-wisata-selam-indonesia/
  • https://quliner.net/pulihkan-ekosistem-wisata-selam-di-indonesia-deep-and-extreme-indonesia-dxi-2022-resmi-dibuka/
  • https://www.antarafoto.com/peristiwa/v1662031516/pameran-deep-and-extreme-indonesia-2022
  • https://quliner.net/menparecraft-2022-deep-and-extreme-exhibition-perkuat-kebangkitan-wisata-selam-indonesia/
  • https://wisata.news/pameran-deep-and-extreme-2022-perkuat-kebangkitan-wisata-selam-di-indonesia/
  • https://ekbis.sindonews.com/read/873271/34/menparekraf-pameran-deep-and-extreme-2022-perkuat-kebangkitan-wisata-selam-indonesia-1662026995
  • https://www.suara.com/lifestyle/2022/09/01/164019/pulihkan-ekosistem-wisata-selam-di-indonesia-deep-and-extreme-indonesia-dxi-2022-resmi-dibuka
  • https://www.idxchannel.com/economics/pameran-deep-and-extreme-2022-perkuat-wisata-selam-ri
  • https://economy.okezone.com/read/2022/09/01/320/2658980/sandiaga-uno-sebut-pameran-deep-and-extreme-2022-perkuat-kebangkitan-wisata-selam-indonesia
  • https://www.inews.id/travel/destinasi/menparekraf-pameran-deep-and-extreme-2022-perkuat-kebangkitan-wisata-selam-indonesia
  • https://metro.suara.com/read/2022/09/01/150127/deep-and-extreme-2022-momentum-kebangkitan-wisata-selam-indonesia
  • https://paperplane-tm.site/deep-and-extreme-2022-momentum-kebangkitan-wisata-selam-indonesia-65008.html
  • https://www.hetanews.com/article/248492/pameran-deep-and-extreme-2022-perkuat-kebangkitan-wisata-selam-indonesia
  • https://lombokinfo.co.id/2022/09/01/menparekraf-pameran-deep-and-extreme-2022-perkuat-kebangkitan-wisata-selam-indonesia/
  • https://keponews.com/pulihkan-ekosistem-wisata-selam-di-indonesia-deep-and-extreme-indonesia-dxi-2022-resmi-dibuka/
  • https://jayakartanews.com/menparekraf-pameran-deep-and-extreme-2022-perkuat-kebangkitan-wisata-selam-indonesia/
  • https://beritaterbaru.news/sandiaga-uno-gelar-deep-and-extreme-expo-2022-untuk-memperkuat-kebangkitan-wisata-selam-di-indonesia-106042/
  • https://beritaterbaru.news/restorasi-ekosistem-wisata-selam-indonesia-deep-ad-extreme-indonesia-dxi-2022-resmi-dibuka-106138/
Registrasi, lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan pembacaan doa
Registrasi, lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan doa                                                                                                                                                     
Sambutan dan Seremonial Penyerahan kartu membership DAN
Sambutan dan Seremonial Penyerahan kartu membership DAN
Diskusi Panel Sesi 1 dan 2
Diskusi Panel Sesi 1 dan 2

 

 

 

Seremonial peresmian pembukaan pameran DXI 2022
Seremonial peresmian pembukaan pameran DXI 2022
Sambutan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) pada INDOFEST 2022
Sambutan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) pada INDOFEST 2022
Kunjungan booth Kemenparekraf pada DXI 2022
Kunjungan booth Kemenparekraf pada DXI 2022
Author:

Tinggalkan Balasan