POCARI SWEAT RAMADHAN NITE RUN

Penyelenggaraan Pocari Sweat Ramadhan Nite Run yang dilaksanakan pada 16 April 2022 bertempat di Gedung Sapta Pesona dengan rute lari di kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

1.Kegiatan ini dihadiri oleh:
a. Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif;
b. Ibu Rizki Handayani, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events);
c. Ibu Dessy Ruhati, Direktur Event Nasional dan Internasional;
d. Ibu Puspita Winawati, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka (AIO);
e. 80 peserta yang berasal dari komunitas lari.

2. Sekilas kegiatan:
a. Pocari Sweat Ramadhan Nite Run merupakan event sport tourism hasil kolaborasi Kemenparekraf dengan PT Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat Indonesia) dalam upaya mempertahankan eksistensi event sport tourism di bulan Ramadhan.
b. Seperti namanya, kegiatan ini diselenggarakan pada malam hari, usai waktu salat tarawih, dengan jarak 7,1km, dan merupakan pertama kalinya Pocari Sweat Indonesia menyelenggarakan event sport tourism di bulan Ramadhan.
c. Peserta dapat mengikuti kegiatan ini melalui sistem undangan. 50 peserta yang berasal dari 17 komunitas lari di Jabodetabek dan Kendal merupakan undangan dari Pocari Sweat Indonesia. Sedangkan 30 peserta lainnya adalah pelari Kemenparekraf/Baparekraf yang sebagian tergabung dalam komunitas Partners (Parekraf Runners).

3.Rangkaian kegiatan:
a. Registrasi dan swab antigen.
b. Pembukaan oleh MC dan penyambutan tamu VIP.
c. Sesi pemanasan dipimpin oleh Coach Aldy dari Pocari Sweat Sport Sciences beserta para pacer.
d. Sambutan dari Menparekraf.
e. Pelepasan pelari dengan penjagaan jarak.
f. Sesi pendinginan.
g. Sharing session dalam bentuk talkshow yang dihadiri oleh pengisi berikut beserta topik bahasannya:
1) Menparekraf: potensi pengembangan sport tourism indonesia dan pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk mendorong pengembangan dimaksud.
2) Marketing Director PT AIO: menginfokan sport event Pocari Sweat yang akan datang, serta menyampaikan bahwa setelah seri Belitung, masih akan ada 3 seri Pocari Sweat Run & Ride Tourism sebelum acara puncak Pocari Sweat Run di bulan Juli.
3) Coach Aldy: berolahraga di bulan puasa sebaiknya ditujukan lebih untuk menjaga kondisi tubuh, tidak perlu menerapkan target yang terlalu tinggi. Disampaikan juga tips berolahraga saat sedang berpuasa.
h. Foto bersama dilanjutkan dengan menikmati sajian makanan dan minuman dari UMKM pedagang kaki lima.

4. Saran dan evaluasi:
a. Penyelenggaraan kegiatan Pocari Sweat Ramadhan Nite Run dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang baik. Pelepasan pelari juga dilakukan berjarak dengan batas 10 orang per sesi.
b. Produk UMKM yang dalam konteks kali ini adalah makanan dan minuman pedagang kaki lima sudah dibeli terlebih dahulu, dan dapat dinikmati oleh para peserta usai lari. Namun pengaturan rundown mungkin dapat lebih diperbaiki, agar penyediaan produk UMKM ini dapat dimanfaatkan dengan lebih efektif.
c. Perizinan penyelenggaraan kegiatan secara tertulis dari stakeholders terkait wajib dipenuhi sebelum kegiatan dilaksanakan.

 

DOKUMENTASI

Registrasi dan swab antigen peserta.

Sesi pemanasan dan sambutan dari Menparekraf.

Pelaksaan Pocari Sweat Ramadhan Nite Run

Sesi sharing session dilanjutkan dengan foto bersama

Situasi dan kondisi pelaksanaan Pocari Sweat Ramadan Nite Run.

 

Disusun oleh:

Lia Setiawatiningsih

 

Tinggalkan Balasan