Virtual Kirab Budaya Keraton Surakarta 2021

🔹 Pekan Seni Budaya dan Pameran Produk Unggulan Surakarta merupakan event yang diselenggarakan oleh Lembaga dewan Adat (LDA) Karaton Surakarta dalam rangka memperingati ulang tahun ke-60 Paguyuban Kawula Surakarta (Pakasa). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 November-5 Desember 2021 dengan melibatkan masyarakat lokal maupun pelaku UMKM di sekitar Jawa Tengah serta Jawa Timur dan memiliki tujuan utama untuk melestarikan kearifan lokal. Pada tanggal 5 Desember 2021 dilaksanakan Kirab Budaya Karaton Surakarta sebagai salah satu rangkaian kegiatan Pekan Seni Budaya dan Pameran Produk Unggulan.

🔹 Adapun tamu undangan Kirab Budaya Karaton Surakarta pada hari ini, yakni:
– Sekretaris Deputi Bidang Produk WIsata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Kemenparekraf RI, Bapak Edy Wardoyo
– Pengageng Keraton Surakarta Hadiningrat, Dra Gusti Kanjeng Ratu Wandansari
– Gusti Kanjeng Ratu Ayu Koes Indriyah
– Gusti Kanjeng Ratu Timur
– Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Mangkubumi
– DR Kanjeng Pangeran Haryo Wirabhumi Pengageng Paguyuban Kawulo Kraton Ska.
– Segenap Sentono Darah Dalem & Abdi Dalem Kraton Ska.
– Bupati Ponorogo, Bapak Sugiri Sancoko
– Bupati Kebumen, Bapak Arif Sugiyanto
– Wakil Bupati Kebumen, Ibu Ristawati Purwaningsih
– Bupati Boyolali, Bapak M Said Hidayat
– Wakil Bupati Boyolali, Bapak Wahyu Irawan
– Wakil Bupati Klaten, Bapak Yoga Hardaya
– Ketua DPRD Grobogan, Bapak Agus Siswanto

🔹 Susunan acara Kirab Budaya Karaton Surakarta yaitu:
– Pembukaan Acara
– Menyanyikan lagu Indonesia Raya
– Pembacaan Doa
– Sambutan Ketua Umum Pakasa, Dr. KPH Eddy S. Wirabhumi
– Sambutan Pengageng Kraton Surakarta Hadiningrat, Dra Gusti Kanjeng Ratu Wandansari
– Sambutan perwakilan dari Kemenparekraf RI, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Edy Wardoyo
– Pemberangkatan Kirab Budaya Keraton Surakarta
– Penutupan

🔹 Sambutan Ketua Umum Pakasa, Bapak Dr. KPH Eddy S. Wirabhumi. Adapun poin-poin yang disampaikan yaitu:
– Bapak Dr. KPH Eddy S. Wirabhumi mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf RI, dan seluruh tamu undangan atas dukungannya sehingga event Kirab Budaya Karaton Surakarta pada hari ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar.
– Kegiatan ini berperan sebagai momentum kebangkitan seni dan budaya tradisi Indonesia dan diharapkan mampu menjadi event rutin yang diselenggarakan secara tahunan di Surakarta.
– Dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini, semoga kegiatan Pekan Seni Budaya dan Pameran Produk Unggulan dapat memberikan dampak positif, baik bagi ekonomi lokal maupun bangsa Indonesia secara keseluruhan.

🔹 Sambutan Pengageng Keraton Surakarta Hadiningrat, Ibu Dra. Gusti Kanjeng Ratu Wandansari. Adapun poin-poin yang disampaikan yaitu:
– Mengucapkan terima kasih atas kehadiran virtual perwakilan Kemenparekraf RI, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Edy Wardoyo pada kegiatan hari ini.
– Memohon izin kepada Bapak Edy Wardoyo untuk bersama-sama Dr. KPH Eddy S. Wirabhumi berkenan melepas Kirab pada sore hari ini.

🔹 Sambutan dari Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaran Kegiatan (Events), Kemenparekraf RI, Bapak Edy Wardoyo. Adapun poin-poin yang disampaikan yaitu:
– Pekan Seni Budaya dan Pameran Produk Unggulan dapat menjadi pendukung pengembangan pariwisata yang inklusif, berkualitas dan berkelanjutan. Pelaksanaan kegiatan ini juga sebagai bentuk implementasi inovasi dan kolaborasi penuh semangat yang dijalin oleh para pelaku industri parekraf Surakarta dalam wadah penyelanggaraan event daerah.
– Kemenparekraf RI senantiasa mendorong percepatan kolaborasi pengembangan produk dan jasa lokal, salah satunya melalui digitalisasi produk kreatif, hingga dapat diminati dan diapresiasi setidaknya di negeri sendiri yang juga merupakan pasar kuat.
– Sebagai langkah mengoptimalkan kebangkitan dan keberlanjutan industri parekraf di masa pandemi Covid-19, kita juga harus GERCEP (bergerak cepat),GEBER (bergerak bersama-sama memanfaatkan semua potensi untuk membangkitkan dan mempertahankan industri parekraf), dan GASPOL (menggarap semua potensi lapangan pekerjaan yang ada), serta senantiasa turut serta dalam menerapkan protokol kesehatan Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) atau K4 dalam setiap aspek wisata ekonomi parekraf.

🔹 Kegiatan dilanjutkan dengan proses pelepasan romobongan Kirab Budaya Keraton Surakarta. Bapak Edy Wardoyo mewakili Kemenparekraf RI dan Ketua Umum Pakasa Dr. KPH Eddy S.Wirabhumi bersama-sama memberikan aba-aba pemberangkatan Kirab. Adapun rombongan yang mengikuti Kirab di antaranya:
– Prajurit TNI
– Prajurit Bregada Keraton,
– Prajurit Pakasa Boyolali
– Topeng Ireng Boyolali
-Paguyuban Reog Pakasa
– Bregada Bandar Alim Ponorogo
– Rombongan Reog Ponorogo dari Pakasa Ponorogo, Sidoarjo, Malang, Kebumen, Trenggalek, Karanganyar, Jepara, Klaten, Surabaya, Magetan, Boyolali
– Pasukan Pecut dari Pakasa Sidoarjo
– Barong Naga Daruno dari Pakasa Trenggalek
– Pakasa Sukoharjo
– Pakasa Malang
– Pakasa Cilacap
– Pakasa Banjarnegara
– Pakasa Jepara
– Pakasa Pacitan

🔹 Penutupan kegiatan dilaksanakan oleh Ketua Umum Pakasa, Dr. KPH Eddy S. Wirabhumi dengan menyampaikan beberapa hal yaitu:
– Sekali lagi mengucapkan terima kasih atas dukungan Kemenparekraf RI pada kegiatan ini.
– Besar harapannya agar dapat melaksanakan kegiatan seni dan budaya sejenis secara rutin dan semoga event Pekan Seni Budaya dan Pameran Produk Unggulan Surakarta dapat menjadi agenda tahunan.
– Adapun dalam menyukseskan kegiatan ini, diharapkan dapat terus terjalin kolaborasi antara berbagai macam stakeholder, khususnya dukungan-dukungan dari pemerintah pusat yaitu Kemenparekraf RI.

🔹 Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Edy Wardoyo memberikan tambahan pada penutupan kegiatan dan menyampaikan bahwa Kemenparekraf RI sangat mengapresiasi semangat kolaborasi yang diterapkan oleh Paguyuban Kawula Surakarta (Pakasa) dan Keraton Surakarta. Dalam rangka mendukung pengembangan event daerah, Kemenparekraf RI siap mendukung event-event pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya di Kota Solo.

🔹Kesimpulan dari kegiatan ini:
1️⃣ Event Kirab Budaya Keraton Surakarta dapat dikatakan sebagai jendela potensi pariwisata Solo, yakni sejarah, seni, budaya serta produk unggulan yang dikembangkan dan dikemas dengan lebih kreatif.
2️⃣ Adaptasi, Inovasi dan Kolaborasi merupakan strategi utama yang diterapkan dalam pelaksanaan event ini.
3️⃣ Diharapkan event seni dan budaya di Kota Solo dapat terus dikembangkan dan diselenggarakan secara berkelanjutan.

 

1. Pembukaan oleh MC, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Doa

 

2. Sambutan dari Ketua Umum Pakasa, Bapak Dr.KPH Eddy S.Wirabhumi

 

3. Sambutan dari Pengageng Keraton Surakarta Hadiningrat, Ibu Dra. Gusti Kanjeng Ratu Wandansari

 

4. Sambutan dari Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Kemenparekraf RI, Bapak Edy Wardoyo

 

5. Pelepasan Kirab Budaya Keraton Surakarta oleh Bapak Edy Wardoyo dan Bapak Dr. KPH Eddy S.Wirabhumi

 

6. Rombongan Kirab Budaya Keraton Surakarta mulai berjalan

 

7. Rombongan Kirab Budaya Keraton Surakarta mulai berjalan

 

8. Penutupan oleh Bapak Dr. KPH Eddy S.Wirabhumi dan Bapak Edy Wardoyo

 

 

 

Author: Kadek Agus Nata Riadnyana

Tinggalkan Balasan