SangiRun 2021

Event SangiRun 2021 bertema When Sport Meets Culture and Technology diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaaan, Riset, dan Teknologi berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sragen, Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta komunitas dalam rangka memperingati 25 tahun penetapan Situs Sangiran sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO.

Kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan dan rangkaiannya meliputi Acara Pembukaan, Night Trail Run sebagai kegiatan utama, Jelajah Sangiran, serta kegiatan Donasi.

Night trail run merupakan kegiatan berlari di sekitar Situs Sangiran sejauh 25 kilometer diikuti oleh 100 orang pelari bertujuan untuk memperkenalkan Situs Sangiran kepada masyarakat secara lebih luas, selain sebagai destinasi wisata, juga merupakan sarana edukasi dan pelestarian budaya. Kegiatan berlari menggambarkan pergerakan manusia untuk terus maju dan berkembang sebagai representasi dari evolusi manusia.

Acara Pembukaan dilangsungkan pada 20 November 2021 pukul 19.30 WIB dan dihadiri oleh:

  • Bupati Sragen, Ibu dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati;
  • Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Ibu Ir. Suharti, M.A., Ph. D.;
  • Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Bapak Hilmar Farid, Ph. D.;
  • Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek, Bapak Dr. Restu Gunawan, M.Hum.;
  • Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Ibu Ir. Indah Juanita, M.M.;
  • Ketua DPRD Kabupaten Sragen, Bapak Suparno ;
  • Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kab. Sragen, Bapak Drs. I Yusef Wahyudi, M.Si.;
  • Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kab. Karanganyar, Bapak Drs. Titis Sri Jawoto;
  • Kapolres Sragen, Bapak Yuswanto Ardi, S.H., S.I.K., M.Si.;
  • Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Bapak Iskandar Mulia Siregar, S.T.

Rangkaian Acara Pembukaan meliputi:

  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Doa
  • Sambutan oleh Bupati Sragen:
    • Penyelenggaraan event SangiRun 2021 diharapkan mampu memulihkan sektor pariwisata dan membangkitkan kembali perekonomian masyarakat, khususnya di Kab. Sragen dan sekitarnya.
    • Peringatan 25 tahun Situs Sangiran sebagai warisan budaya dunia merupakan upaya mempromosikan Situs Sangiran menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah.
  • Sambutan sekaligus Pembukaan oleh Dirjen Kebudayaan secara resmi ditandai dengan pemukulan gong didampingi para tamu VIP.

Night Trail Run diselenggarakan pada 20 November 2021 pukul 20.00 WIB hingga 21 November 2021 pukul 01.00 WIB.

Pelepasan peserta lari ( flag off ) dilakukan oleh para tamu kehormatan secara bergantian dan bertahap masing-masing 20 peserta dengan titik start maupun finish di Museum Krikilan.

Peserta berlari menjelajahi kawasan Situs Sangiran yang dihiasi dengan instalasi lampu dan obor serta berbagai atraksi budaya sebagai salah satu daya tarik berlari pada malam hari serta melewati beberapa desa wisata di sekitar Situs Sangiran sebagai titik peristirahatan.

Acara Night Trail Run ditutup dengan pemberian penghargaan (awarding) kepada para peserta lari pada pukul 01.30 WIB.

Kegiatan Jelajah Sangiran diikuti oleh para peserta lari dengan mengunjungi desa wisata dan pasar budaya di sekitar Situs Sangiran, meliputi Kampoeng Poerba, Rumah Singgah, Bukit Sosogan, Brojobuwono, dan Museum Krikilan. Pengunjung disuguhkan dengan beragam aktivitas seperti penampilan kesenian dan pembuatan produk lokal masyarakat setempat.

Kegiatan ini diharapkan selain menjadi wisata edukasi bagi para pengunjung, juga memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan Situs Sangiran.

Kegiatan donasi dilakuan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pembelian karya home industry dan pemberian bantuan kepada lansia.

Tinggalkan Balasan