Jember Fashion Carnaval 2021

Jember Fashion Carnaval tahun 2021 merupakan event JFC ke-19 dan tahun ini diselenggarakan secara hybrid menggunakan konsep dalam ruangan secara luring dengan performing carnival, fesyen, musik dan teatrikal yang disiarkan secara daring ke seluruh dunia melalui live streaming pada Youtube channel “Jember Fashion Carnaval”. Tema besar JFC 2021 yakni “Virtue Fantasy” yang menggambarkan perjalanan menemukan nilai-nilai kehidupan yang disimbolkan melalui hewan-hewan fantasi antara lain kelahiran, kesetiaan, kebijaksanaan, kepedulian, berbagi, dan kepemimpinan.

JFC 2021 meliputi 4 (empat) rangkaian kegiatan karnaval, yaitu:

  • Pets Carnival dan Wonderful Artchipelago Indonesia (WACI)
  • Artwear Carnival
  • International World Kids Carnival
  • Grand Carnival

Rangkaian event Jember Fashion Carnaval 2021 hari ke-1 sebagai berikut:

  • Acara dimulai pukul 14.00 – 16.00 WIB, diawali pagelaran WACI (Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia), merupakan karnaval yang diinisiasi oleh Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) diikuti oleh perwakilan AKARI tingkat daerah, yaitu Bali, Bandung, Malang, Solo, Kebumen, Nganjuk, dan Jember (hadir offline) dan Kepulauan Riau (hadir virtual).
  • Peserta WACI merupakan perwakilan dari Akari di masing-masing daerah dengan mengenakan busana yang mengusung budaya dan kesenian tradisionalnya.
  • Penampilan WACI dibuka oleh penampilan drumband percussion JFC, yang kemudian diikuti oleh peserta dari Bali, Nganjuk, Solo, Kebumen, Kota Bandung, dan terakhir Kabupaten Malang.
  • Bupati Jember hadir untuk memberikan plakat kepada para perwakilan peserta karnaval WACI dari Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) kontingen dari Bali, Nganjuk, Solo, Kebumen, Bandung, serta Malang.
  • Malam hari pukul 19.00-21.00 WIB, pagelaran ArtWear Carnival. Artwear Carnival merupakan karnaval yang menampilkan pakaian muslim karya desainer lokal Jember yang ditampilkan ke masyarakat Indonesia bahkan dunia. Para perancang busana yang hasil rancangannya diperagakan antara lain Dig Wardrobe, Lutfia Zahrona, Rizal Siddiq, Nurwulan, Roni Parero, Tanya Rosa Ajeng, Vira Renada. Peragaan Muslim in Fashion yaitu Quensi by Merry Gunawan, Muzara by Winda Gusti, Maezula, Annisa Nugroho, Griya Jahit by Ridwan.

Rangkaian event Jember Fashion Carnaval 2021 hari ke-2 sebagai berikut:

  • Acara hari kedua dimulai pukul 10.00-12.00 WIB menampilkan International World Kids Carnival, pesertanya adalah anak-anak dari 8 negara, termasuk Indonesia. Anak-anak ini menampilkan berbagai macam kostum kreasinya.
  • World Kids Carnival bukan sekadar ajang menampilkan kostum dan busana, namun lebih dari itu yaitu sebagai ajang silaturahmi dan komunikasi dari anak-anak di Indonesia dengan negara lain, khususnya di bidang fesyen.
  • Selain Indonesia, ada 7 negara yang ikut dalam World Kids Carnival ini, diantaranya Brazil, Jepang, Australia, Selandia Baru, Kroasia, Mesir dan Kroasia.
  • Acara puncak pada malam hari yaitu Grand Carnival. Merupakan acara penutupan JFC 2021 yang bertemakan Virtue Fantasy. Ada 9 (sembilan) sub tema ditampilkan yaitu Komodo, Flamingo, Elephant, Sea Dragon, Dragonfly, Dove, Unicorn, Honey Bee, dan Lion.

Acara Grand Carnival dihadiri oleh:

  • Bupati Jember, Bapak Hendy Siswanto
  • Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Bapak Sinarto
  • Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jember, Ibu Debora Kresnowati
  • Perwakilan Kemenparekraf/Baparekraf, Sub Koordinator Event Wilayah Jawa
  • Perwakilan Kementerian Luar Negeri
  • Forkopimda Kabupaten Jember
  • Presiden Jember Fashion Carnaval, Bapak Budi Setiawan

Poin – poin sambutan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) ditampilkan secara video tapping

  • Apresiasi kepada Pemkab Jember, Disbudpar Kab.Jember dan Yayasan Jember Fashion Carnaval serta seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan JFC tahun 2021 dimana JFC menjadi program unggulan daerah yang menjadikan Jember sebagai Kota Karnaval di tahun 2017 oleh Kementerian Pariwisata atas konsistensi Kab.Jember menyelenggarakan JFC selama 16 tahun.
  • JFC merupakan role model penyelenggaraan karnaval di seluruh Indonesia, selalu tampil dengan kebaharuannya dimana setiap tahun menampilkan tema berbeda dengan segudang kreatifitas dan mengangkat kearifan lokal dengan balutan busana karnaval kelas internasional.
  • Tema JFC selaras dengan unsur-unsur penyelenggaraan event, yaitu Edukasi, Hiburan, Pemberdayaan terhadap masyarakat lokal dimana JFC ini melibatkan pelaku seni budaya, industri parekraf, serta UMKM serta unsur Engagement, adanya interaksi pengunjung, peserta karnaval, dan masyarakat. Tentunya ini akan memberikan kesan terhadap wisatawan sehingga JFC akan memberikan dampak ekonomi langsung ke masyarakat serta pendapatan penerimaan daerah.
  • Penyelenggaraan JFC secara hybrid memberikan exposure yang lebih luas dan memberikan kesempatan kepada penonton yang tidak hadir untuk dapat menyaksikan event ini.

Poin – poin sambutan Presiden Jember Fashion Carnaval

  • Terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Luar Negeri, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Jember dan seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan JFC tahun 2021.
  • Jember Fashion Carnaval merupakan persembahan mahakarya anak bangsa yang menjadi representasi karya terbaik bagi Indonesia dan bagi dunia. JFC memberikan wadah kepada generasi muda yang memiliki talenta dan kreatifitas untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan tidak melihat latar belakang, usia, kemampuan ekonomi untuk dapat bergabung bersama JFC dan mendapatkan perlakuan yang sama untuk dapat mengembangkan potensi kreasinya dan menunjukkan karya terbaik mereka.
  • Baru saja JFC tampil pada perhelatan besar yakni Indonesia National Day di World Dubai Expo pada 4 November 2021 lalu yang dihadiri oleh Presiden RI. Ini menunjukkan bahwa JFC semakin dipercaya tidak hanya dapat tampil di nusantara bahkan telah ke dunia internasional.

Poin – poin sambutan Bupati Jember

  • Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada yang terhormat Presiden RI, Bapak Joko Widodo dan Menteri Parekraf, Bapak Sandiaga Uno yang telah memberikan dukungan terhadap JFC bahkan baru-baru ini, JFC juga diberi kesempatan tampil di internasional event pada World Dubai Expo 2021.
  • Ucapan terima kasih juga disampaikan sebesar-besarnya kepada Ibu Gubernur Jatim mewakili Pemprov Jatim yang akan mendukung penuh event JFC di tahun 2022, semoga perhelatan ini semakin dahsyat dan sukses di tahun selanjutnya.
  • JFC menjadi salah satu aset kebanggaan dan kekuatan Kabupaten Jember, warga Jember sudah bangga melihat JFC, namun Tuhan Yang Maha Esa memberikan lebih dari itu, saat ini JFC sudah menjadi aset nasional kebanggaan Indonesia.
  • Mudah-mudahan ini menjadi motivasi besar tidak hanya untuk warga Jember saja, namun juga untuk negeri yang kita cintai ini. Sehingga dengan adanya pandemi Covid-19 kita harus tetap optimis dan semangat, harus maju ekonomi, kita tetap bangkit dan semua kreatifitas kita tetap bisa dikembangkan dengan baik.

Grand Carnival dimulai dengan persembahan awal yaitu Jember Fashion Carnaval Theme Song yang dibawakan oleh Arro. Selanjutnya penampilan dari komunitas musik asal Jember, Lingkar Kreatif Independen (Linkrafin) yang pernah menjadi Juara 1 dan Juara Favorit dalam ajang Lomba Karya Musik Anak Komunitas (Aku Kamu) Kita Indonesia yang diadakan oleh Kemenparekraf. Linkrafin membawakan lagu berjudul Jember Nusantara dan Jalur Rempah.

Penampilan JFC Marching Band dan dilanjutkan defile para talent JFC. Dimulai oleh Guest Star yaitu Runner Up 1 Putri Indonesia 2020, Putu Ayu Saraswati yang mengenakan kostum Komodo. Selanjutnya talent berbusana Flamingo, Sea Dragon, Honey Bee, Dove, Unicorn, Dragon Fly, Elephant, dan Lion.

Di akhir acara, ditampilkan peluncuran informasi terkait pelaksanaan Jember Fashion Carnaval ke-20 tahun 2022 yang rencana diselenggarakan pada tanggal 6-7 Agustus 2022 dengan tema “The Legacy”.

Tinggalkan Balasan