Sesi Talkshow IDEAFEST “The Potential of Sport Tourism as a Catalist for The Future of Tourism”

Kegiatan Ideafest 2021 pada sesi talkshow dan diskusi dengan tema “The Potential of Sport Tourism as a Catalist for The Future of Tourism” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 November 2021 pada jam 16.00 – 17.00 yang ditayangkan di Jagat.live dan video.com.

🔘 Kegiatan talkshow ini menghadirkan:
1. Narasumber:
– Ibu Dessy Ruhati, Direktur Events Nasional dan Internasional, Kemenparekraf;
– Kelly Tandiono, Triathlete & Entrepeuneur
Moderator: Sara Wayne

Dihadiri oleh lebih dari 7.000 penonton yang ditayangkan secara live.

🔘 Tujuan kegiatan
IDEAFEST merupakan festival kreatif terbesar di Indonesia yang dirancang untuk membantu komunitas kreatif dan generasi muda untuk bertumbuh, dengan mendatangkan tokoh-tokoh ternama nasional dan internasional yang akan mengangkat topik musik, film, mode, F&B, teknologi, dll.

🔘 Poin-poin penting pada pembahasan sesi talkshow dan diskusi Ideafest 2021 adalah sebagai berikut :

1️⃣ Sport tourism sendiri merupakan penggabungan antara pariwisata dengan basis olahraga. Sport tourism tentu dapat menjadi salah satu alternatif untuk membangkitkan sektor pariwisata, terutama pasca pandemi

2️⃣ Di Indonesia sendiri pertumbuhannya bisa mencapai hampir Rp18,79 triliun sampai dengan tahun 2024 sehingga sangat potensial untuk memberikan multiplier effect pada perekonomian masyarakat

3️⃣ Peluang pengembangan sport tourism semakin besar pasca-pandemi nanti, masyarakat akan lebih memilih berolahraga di tempat terbuka, di alam bebas. Dan Indonesia memiliki banyak lokasi yang mendukung, mulai dari gunung, laut, danau dan peluang ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk Indonesia sebagai penyelenggara event-event sport tourism.

4️⃣. Beberapa cabang/disiplin yang menarik banyak jumlah partisipan adalah olahraga lari, sepeda, renang, golf dan diving sehingga cabang olah raga tersebut perlu lebih fokus untuk dikembangkan.

5️⃣ Pengembangan sport tourism di Indonesia tentu saja patut didukung semua pemangku kepentingan, tidak hanya Kemenparekraf, untuk menarik segmen pasar wisatawan yang lebih berkualitas. Banyak pihak yang terlibat untuk sama-sama berkolaborasi, tidak hannya dari institusi pemerintahan, namun juga dengan pihak swasta, asosiasi terkait, komunitas hingga industri kreatif dan UMKM yang masing-masing memiliki peran dan tusinya masing-masing.

6️⃣ Bintan, bengkulu, bangka belitung merupakan salah satu tempat yang berpotensi untuk dijadikan sebagai sport tourism karena memilki berbagai macam spot bagus seperti pantai, dan sungai. Serta berbagai macam kuliner khas di daerah tersebut sehingga wisatawan tidak hanya mendapatkan pengalaman untuk sport tourism saja tetapi juga berwisata kuliner, berpetualang, dll.

7️⃣ Potensi sport tourism di Indonesia sudah banyak diketahui oleh wisman karena teknologi internet yang sudah sangat maju namun hanya saja informasi yang lebih spesifik lagi seperti kuliner-kuliner khas yang enak, produk lokal yang menarik disetiap daerah masih sulit didapatkan sehingga perlunya mempromosikan kekayaan yang dimiliki indonesia seperti kuliner dan produk lokal yang lebih intens dan inovatif agar meningkatnya jumlah wisman dan pertumbuhan perekonomian di daerah tersebut.

8️⃣ Bangga buatan indonesia, beli kreatif lokal merupakan salah satu program kemenparekraf dalam pemulihan ekonomi nasional yang diberikan kepada UMKM dengan memberikan berabagai macam pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk lokal dan strategi promosinya

9️⃣ Kemenparekraf mendukung pengembangan sport tourism tidak hanya berperan dalam pendukungan pelaksanaan event sport tourism dan promosinya, namun juga memastikan kesiapan produk wisata di destinasi wisata unggulan yang siap dijual. Selain itu, salah satu upaya awal mendukung bangkitnya pariwisata pasca pandemi adalah dengan membuat protokol kesehatan (CHSE) dalam melakukan wisata olahraga. Kita ingin masyarakat dapat berwisata olahraga dengan aman dan tetap menyehatkan.

Dokumentasi sesi talkshow dan diskusi kegiatan Ideafest 2021 Sesi live Talkshow dan diskusi Ideafest 2021 yang ditayangkan di jagat.live

Author:

Tinggalkan Balasan