Bimtek Penyelenggara Kegiatan (Events) dan Penerapan CHSE di Sektor Pariwisata dan Ekomomi Kreatif di The Sunan Hotel Solo II

Bimbingan Teknis Penyelenggara Kegiatan (Events) dan Penerapan CHSE di Sektor Pariwisata dan Ekomomi Kreatif II diselenggarakan pada tanggal 25 April 2021 di The Sunan Hotel Solo.

Sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan, seluruh panitia, peserta, dan pengisi acara diperkenankan memasuki ruangan apabila menunjukkan hasil tes non-reaktif yang dilakukan sebelum kegiatan berlangsung, suhu tubuh di bawah 37.3C serta terlihat sehat dan menggunakan masker.

1️⃣ Kegiatan Bimtek dihadiri oleh:
Tamu VIP
1. Ibu Agustina Wilujeng Pramestuti (Wakil Ketua Komisi X DPR RI)
2. Ibu Masruroh (Plt. Direktur Penyelenggara Kegiatan (Events))
3. Drs I. Yosef Wahyudi (Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kab. Sragen)

Narasumber
1. Debora Saron (Co-Founder Forum Backstagers)
2. Muhammad Aulia Assyahidin (Pemimpin Redaksi Wawasan)

Peserta
Peserta sejumlah 100 orang yang terdiri dari Pembatik, Desa Wisata dan Mahasiswa/i.

2️⃣ Bimtek ini merupakan upaya men-sinergikan unsur legislatif dan eksekutif serta stakeholders pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai upaya penerapan protokol CHSE pada penyelenggaraan kegiatan (events) sekaligus untuk Sinergi dalam Memulihkan Industri Pariwisata, Ekonomi Kreatif & Event di Indonesia.

3️⃣ Acara diawali dengan penampilan tarian tradisional Merak yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yg diikuti oleh seluruh peserta, dan dilanjutkan dengan pembacaan doa kemudian sambutan dari Bpk I. Yosef Wahyudi selaku Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kab. Sragen menyampaikan bahwa :
– Harapan dg terlaksananya bimtek imi, pariwisata dapat terlaksana kembali dgn protokol chse dan peserta yg hadir agar betul-betul dapat dibekali ilmu pelaksanaan event dan marketing social media.
– Dispar Kab. Sragen telah membuat main market umkm sbg tindak lanjut keluhan umkm dan juga sbg salah satu bentuk stimulus bangkitnya umkm, dilaksanakan sepanjang 300 meter tenda-tenda umkm dan berlangsung setiap malam minggu.
– Dispar Kab. Sragen melakukan kegiatan masyarakat dibidang pariwisata, rencana dilaksanakan pada pertengahan di museum sangiran yg merupakan salah satu potensi ikonik Kab. Sragen.

Dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Masruroh selaku Plt. Direktur Penyelenggara Kegiatan (Events) bahwa :
– Kemenparekraf bersama Dispar di 34 Provinsi, senantiasa berkolaborasi utk kemajuan pariwisata yg mengedepankan kearifkan lokal.
– Dengan adanya pembatasan sosial, yg sangat terdampak adalah sektor parekraf terutama pada penyeleggara event karena event dihadiri banyak orang, sehingga dgn adanya pandemic semua terhenti.
– Event bisa dilaksanakan kembali dgn menerapkan protokol chse dgn trend event arahan menparekraf yaitu localize, personalize, dan smaller in size. Contoh event smaller in size yaitu IIMS Jakarta yaitu event MICE pertama yg dilaksanakan secara hybrid, dgn hanya 25% kapasitas yg terisi, hal tsb harus dilakukan karena ekonomi ini harus berjalan.
– Ibu Direktur mengajak untuk membuktikan bahwa sektor parekraf bukan penyebab kluster baru covid-19 tetapi sektor parekraf merupakan jalan keluar pemulihan perekonomian dgn menjalankan event dgn protokol CHSE.
– Kemenparekraf telah meluncurkan Kharisma Event Nusantara yg dilaksanakan pada tgl 10 April 2021 dan dibuka oleh Bapak Presiden RI dan sebanyak 144 event yg masuk kedalam KEN setelah melalui peoses kurasi oleh tim kurator independen.

4️⃣ Sesi pemaparan oleh Ibu Debora Saron selaku narasumber professional dari Backstagers Indonesia yang menyampaikan materi tentang Enterpreneurship & Event Making Process. Beberapa hal yang disampaikan antara lain:
◽Event sbg marketing tools. Terdapat beberapa forms of marketing yaitu ATL (above the line), BTL (below the line), Digital, dan TTL (Thru the line).
◽Terdapat beberapa type of event yaitu Trade Show Exhibit, Seminars, Stand-alone, Professional Conference, dan Private Shows.
◽Terdapat beberapa point penting yg perlu dilakukan sebelum menyelenggarakan event, agar event dapat terlakasana sesuai dgn target yg dicapai, yaitu Tujuan Event, Target Audience, Profile Customer, Fokus Thdp Market, Urutkan Prioritas Customer, Lokasi Pelaksanaan.
◽Hal yg terpenting dalam pelaksanaan event dimasa pandemi saat ini ialah menerapkan standar protokol CHSE.

5️⃣ Sesi pemaparan oleh Bpk Muhammad Aulia Assyahidin selaku Pimpinan Redaksi Wawasan mengenai Promosi Digital.
◽Dengan menggunakan social media promotion dapat membangun kredibilitas, menarik pelanggan potensial, membangun relasi di media sosial, crowdsource utk konten menarik dan otentik.
◽Content Marketing yg merupakan strategi pemasaran yaitu merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yg mampu menarik audience yg tepat sasaran, sehingga mendorong audience menjadi customer.

6️⃣ Sesi selanjutnya adalah sambutan sekaligus penutupan yg disampaikan oleb Ibu Agustina Wilujeng selaku Wakil Ketua Komisi X DPR RI, menyapamikan bahwa:
◽Sragen potensi utama parekraf-nya adalah batik, namun Sragen blm mampu mengangkat nama batik menjadi ikon. Sehingga, harapannya agar para peserta yg hadir pada bimtek dapat menyerap ilmu yg telah disampaikan oleh para narasumber dan dapat menghasilkan output pada pengembangan usaha-usaha para peserta.
◽Selanjutnya, hasil dari bimtek ini di tindak lanjut dengan pelakaanaan event misal festival, pameran, workshop yg dilaksanakan di Kab. Sragen. Dimana tempat batik di produksi.
◽Agar Kemenparekraf dapat membantu bimtek pada pengembangan usaha seperti ilmu promosi / branding, packaging. Dengan adanya bimtek diharapkan mampu membuka pikiran para peserta sesuai dg potensi, dan bimtek selanjutnya harus diklasterkan berdasarkan narasumber dan perlu jug diadakan bimtek berupa pembuatan konten pemasaran, tindak lanjut kepada deputi terkait.

7️⃣ Acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Ibu Masruroh kepada tamu undangan VIP dan narasumber, pemberian cinderamata dari Ibu Agustina Wilujeng Pramestuti ke Ibu Masuroh dan Ibu Debora Saron dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama seluruh peserta.

 

Pemeriksaan kesehatan untuk memastikan peserta memiliki hasil tes non-reaktif sebelum mengikuti kegiatan, yang dilanjutkan dengan proses registrasi dan pembagian seminar kit.
Sesi pembukaan dg tarian tradisional, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan doa.
Sesi sambutan yg disampaikan oleh Ibu Agustina Wilujeng – Wakil Ketua Komisi X DPR RI.
Ibu Masruroh – Plt. Direktur Penyelenggara Kegiatan (Events).
Bpk I. Yosef Wahyudi – Kadisparpora Kab. Sragen.
Sesi pemaparan yg dipaparkan oleh Debora Saron (Co Founder Forum Backstagers Indonesia) dan Muhammad Aulia Assyahidin (Pimpinan Redaksi Wawasan).
Sesi penyerahan cinderamata oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI kpd tamu VIP dan narasumber. Serta balasan penyerahan cinderamata dr Kemenpenrekraf kpd tamu VIP dan narasumber.
Sesi foto bersama seluruh tamu VIP dan narasumber dengan para peserta Bimtek.
Pembagian sertifikat kpd seluruh peserta Bimtek.

 

 

Laporan ini disusun oleh:

Rizki Amalia Ramadhan

Author:

Tinggalkan Balasan