Peresmian Pembukaan Pameran Deep and Extreme Indonesia (DXI) 2024

Mohon izin menyampaikan laporan acara Peresmian Pembukaan Pameran Deep and Extreme Indonesia (DXI) 2024 yang telah dilaksanakan pada Kamis-Minggu, 30 Mei-2 Juni 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

🛟 Gambaran Umum:
Dalam rangka memberikan edukasi dan promosi terdepan di bidang pariwisata dan olahraga ekstrem, PT Fasen Creative Quality (Dyandra Event Solution) berkolaborasi dengan berbagai stakeholder kembali menyelenggarakan pameran tahunan Deep and Extreme Indonesia (DXI) yang ke-16.

DXI merupakan salah satu pameran terbesar di Asia yang turut berperan dalam pengembangan pasar dan industri di sektor wisata bahari. Seiring dengan pertumbuhan industri, DXI terus berkembang memperluas jangkauannya tidak hanya mempromosikan aktivitas menyelam dan olahraga air, tetapi juga olahraga ekstrem dan petualangan. Tahun ini, pameran DXI mengusung tema “Edge of Tomorrow: Dive into the Depth of Extreme Sports”. Tema ini merefleksikan semangat eksplorasi, keberanian, dan kesempatan untuk menggali potensi diri dalam olahraga yang memacu adrenalin.

Rangkaian DXI 2024 dimulai dengan Pre-event, yang telah diselenggarakan pada tangal 4-5 Mei 2024 di Purwakarta, Jawa Barat. Kemudian, dilanjutkan dengan Main Event yang berlangsung dari tanggal 30 Mei-2 Juni di Jakarta Convention Center.

Pameran DXI 2024 sukses diselenggarakan dengan 11.722 pengunjung dan total transaksi yang tercatat sebesar Rp. 9.633.750.000. Pameran ini diikuti 217 peserta pameran yang berasal dari industri, agensi, layanan wisata selam dan olahraga ekstrem di Indonesia dengan mayoritas jenis usaha/aktivitas wisata yang terlibat adalah diving atau selam.

Enam pemerintah daerah berpartisipasi dalam pameran ini, termasuk Disparbud Halmahera Selatan, Dispar Kab. Wakatobi, Dispar Sulawesi Tenggara, Dispar Sulawesi Tengah, Dispar Kab. Berau, dan Dispar Badung, Bali.

🛟 Acara ini dihadiri oleh:

  1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno;
  2. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Vinsensius Jemadu;
  3. Direktur Wisata Minat Khusus, Bapak Itok Parikesit;
  4. President Direktur PT. Dyandra Event Solutions, Bapak Michael Bayu A. Sumarijanto;
  5. Ketua Umum Perkumpulan Usaha Selam Indonesia (PUWSI), Bapak Arief Yudo Wibowo;
  6. Sekretaris Jenderal PB Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), Bapak Mayor Jendral TNI MAR (Purn) Laksda TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP., CFRA;
  7. Ketua Umum Gabungan Pengusaha Wisata Bahari Indonesia (Gahawisri), Bapak Ismail Ningz;
  8. Ketua Harian Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Bapak Egy Adhitya Hilman;
  9. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari beberapa daerah di Indonesia.

🛟 Adapun rangkaian acara adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan acara oleh MC dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
  2. Pembacaan doa.
  3. Penampilan tarian modern ‘thematic’ mengusung konsep olahraga ekstrem.
  4. Laporan penyelenggaraan DXI 2024 oleh President Director Dyandra Event Solutions:
    ▪️Dyandra Event Solutions (DES) memiliki komitmen untuk menjadi bagian dari industri pariwisata dan olahraga ekstrem. Pameran ini tidak hanya menyajikan perlengkapan aktivitas diving saja, tetapi juga mengikutsertakan kendaraan roda dua karena itu merupakan bagian dari ekosistem olahraga ekstrem.
    ▪️Pameran ini menghadirkan beragam aktivitas seperti; Scuba Diving, Surfskate, Fishing, Stand Up Paddling, Kayaking, E-Mountain Bike, dan Motor Adventure.
    ▪️Semakin banyak exhibitor yang hadir disini akan semakin membuat ragam olahraga ekstrem lebih dikenal luas terlebih dengan potensi olahraga ekstrem di Indonesia yang begitu besar.
  5. Pemutaran video highlights rangkaian DXI 2024.
  6. Penyerahan penghargaan DXI Award:
    ▪️Wanadri, menyelesaikan 1.059 km Flores Circumnavigation dengan Sea Kayak pada 7 Agustus-5 Oktober 2023.
    ▪️Nikira Fima Atriyu, mencetak rekor nasional freediving 71 meter pada AIDA Depth World Championship Freediving 2023.
  7. Sambutan dari Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Kemenparekraf:
    ▪️Kemenparekraf beberapa tahun terakhir fokus terhadap pengembangan wisata minat khusus. Aktivitas wisata minat khusus yang fokus dikembangkan adalah diving, surfing, cruise, yacht, wisata mancing (fishing), liveaboard, wisata petualangan, dan ekowisata.
    ▪️Karena itu, kami harus bisa menggarapnya dengan serius agar bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat Indonesia dan dalam pengembangannya, kami harus bisa beradaptasi dengan cepat, baik dari sisi pasar maupun produknya.
    ▪️Kemenparekraf berharap event-event seperti DXI ini semakin banyak di Indonesia karena sudah seharusnya Indonesia memiliki ikon olahraga ekstrem seperti negara-negara lainnya. Jangan sampai dengan potensi yang besar ini, Indonesia malah tidak bisa bersaing karena ekosistemnya tidak terbangun dengan baik.
    ▪️Perlu adanya langkah kolaboratif antar-stakeholders (pemangku kepentingan) guna memaksimalkan potensi wisata, khususnya wisata ekstrem di bidang bahari.
  8. Prosesi peresmian pembukaan DXI 2024.
  9. Doorstop media

LINK PEMBERITAAN:

  1. https://m.jpnn.com/amp/news/dxi-2024-resmi-dibuka-kemenparekraf-ingin-kembangkan-olahraga-ekstrem-di-indonesia
  2. https://travel.detik.com/travel-news/d-7365599/deep-extreme-2024-resmi-dibuka-siap-siap-berburu-perlengkapan-outdoor/amp
  3. https://nationalgeographic.grid.id/amp/134097306/deep-and-extreme-indonesia-2024-kolaborasi-industri-olahraga-ekstrem
  4. https://travel.kompas.com/read/2024/05/30/132804527/deep-and-extreme-indonesia-2024-digelar-mulai-kamis-ini-di-jcc-senayan
  5. https://20.detik.com/detikupdate/20240530-240530104/dxi-2024-resmi-dibuka-promotor-targetkan-transaksi-rp-15-miliar
  6. https://www.naikmotor.com/242867/dxi-2024-pameran-olahraga-extreme-resmi-dibuka-ada-sektor-roda-dua/
Author: fahri surya altakwa

Tinggalkan Balasan