Ed Sheeran +-=÷× (Mathematics) Tour in Jakarta


Ed Sheeran merupakan penyanyi dan penulis lagu asal Inggris yang masuk dalam daftar penyanyi dengan penjualan album dan single terlaris dalam sejarah. +-=÷× Tour berlangsung sejak 23 April 2022 dengan total penampilan 116 konser di negara-negara Eropa, Amerika, Asia, dan Oseania dan berakhir pada 8 September 2024.

+-=÷× Tour menjadi konser kedua Ed Sheeran di Indonesia sejak kunjungan pertama pada tahun 2015. Konser ini menawarkan 360 experience dengan penampilan Calum Scott sebagai artis pembuka dan Ed Sheeran dengan membawakan 28 lagu popular dalam durasi 3,5 jam. Diperkirakan sekitar 50.000 penonton hadir pada konser ini.

🔶 Perpindahan Venue
Terjadi perpindahan venue yang semula dijadwalkan di GBK, menjadi Jakarta International Stadium (JIS) dikarenakan persiapan pertandingan Timnas Sepakbola Indonesia. Sebagai kompensasi, PK Entertainment selaku promotor menyediakan shuttle bus bagi penonton dari GBK dan JIExpo sebagai salah satu titik parkir resmi yang disediakan oleh promotor.

🔶 Fasilitas Pendukung Konser
Area UMKM (FnB), Merchandise, dan Photo Wall
Terdapat sekitar 28 tenants makanan dan minuman yang tersedia pada 2 titik area pre-function (Gate Selatan dan Gate JPO Ancol). Sebagian besar tenant FnB merupakan local chain/produk lokal. Sedangkan official merchandise terdapat di 4 titik dan photo wall pada 6 titik yang memudahkan pengunjung untuk melakukan transaksi.

🔶 Manajemen Resiko
PK Entertainment selaku promotor berupaya memastikan keamanan dan keselamatan pengunjung konser dengan menyediakan hal-hal berikut:

  • 2025 personil pengamanan dari Kepolisian dan TNI
  • 2 titik tenda medis dengan ambulans di area luar dan dalam stadium
  • damkar
  • signage yang jelas dan petugas-petugas crowd control di setiap gate

🔶 Dampak penyelenggaraan Konser
Dampak penyelenggaraan konser diperkirakan sebesar Rp 100 miliar rupiah (Menparekraf pada WBSU 26 Februari 2024). Laporan resmi belum didapatkan dari penyelenggara, namun secara langsung, event ini meningkatkan transaksi pada berbagai industri pariwisata dan ekonomi kreatif seperti hotel, transportasi, paket wisata, kuliner, serta UMKM lainnya.

🔶 Dukungan Kemenparekraf
Dukungan Kemenparekraf pada konser ini adalah publikasi dan promosi pada kanal media kemenparekraf dan sesi pada Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU).

🔶 Kesimpulan dan Evaluasi Event
Secara keseluruhan penyelenggaraa konser berjalan dengan lancar, aman, nyaman dan tertib. Jumlah kru crowd control yang memadai, signage yang jelas, serta informasi yang disosialisasikan secara jelas oleh promotor pada website resmi https://edsheeraninjakarta.com/ dan sosial media Intagram PK Entertainment mempermudah pengunjung untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang ketentuan, fasilitas, dan peta area sebelum konser dimulai.

Author: Mellysa

Tinggalkan Balasan