BISA Festival Kuliner Tradisional : Cita Rasa Kuliner Khas Kaili, Kota Palu, Sulawesi Tengah

Mohon izin menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan BISA Festival Kuliner Tradisional : Cita Rasa Kuliner Khas Kaili, Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada tanggal 24 Mei 2024.

Kegiatan ini merupakan bentuk Kerjasama antara Kemenparekraf/Baparekraf RI dengan Komisi X DPR RI Ibu Hj. Sakinah Aljufri Anggota Komisi X DPR RI. Kegiatan dapat kami laporkan sebagai berikut :

1️⃣ BISA Festival Kuliner Tradisional : Cita Rasa Kuliner Khas Kaili, Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada tanggal 24 Mei 2024;

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

🔴🔴 24 Mei 2024: BISA Festival Kuliner Tradisional : Cita Rasa Kuliner Khas Kaili, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

🔴 Kegiatan dihadiri oleh:

  1. Ibu Hj, Sakinah Aljufri – Anggota Komisi X DPR RI;
  2. Ibu Nia Agmon – Kepala Kelompok Kerja Tata Usaha dan Kemitraan Direktorat Wisata Minat Khusus Kemenparekraf RI
  3. Ibu Dra. Diah Agustiningsih – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah;
  4. Bapak Novel Alamsyah – Narasumber Cita Rasa Kuliner Khas Kaili ;
  5. Peserta dari pelaku Parekraf berjumlah 65 orang.

🔴 Rangkaian Kegiatan:
1️⃣ Registrasi dan Pembukaan :
🔹 Pembukaan oleh MC
🔹 Penampilan Tari Pembuka dari Sanggar Tari Maradika
🔹 Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
🔹Pembacaan Doa

2️⃣ Sambutan-sambutan
🔹Sambutan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, Ibu Dra. Diah Agustiningsih M.Pd

  • Terimakasih kepada Kemenparekraf dan ibu Sakinah Aljufri yang telah mensupport pengembangan pariwisata Sulawesi Tengah. Melihat dari potensi potensi yang ada di Sulawesi Tengah, saat ini dinas pariwisata Sulawesi Tengah sedang mengembangkan potensi Wisata Minat Khusus diantaranya Geopark Tanah Poso yang sedang dalam pengajuan, seni budaya serta yang tidak kalah menarik untuk dikembangkan adalah Gastronomi atau awam di kita sebagai wisata kuliner. Potensi wisata kuliner di Sulawesi Tengah sungguh beragam dan banyak sekali terutama makanan khas Kaili.
  • Dengan diadakannya acara ini, saya ingin banyak tahu dari Masyarakat apa saja makanan tradisional khas Kaili ini. Harapan untuk kedepannya kita semua dapat mengenalkan makanan tradisional khas Kaili ini kepada wisatawan Nusantara maupun mancanegara
  • Sebagai informasi, Sulawesi Tengah siap untuk menjadi daerah pendukung IKN. Karena memang dari Sulawesi Tengah ini ke IKN dapat ditempuh melalui jalur laut. Saat ini Pemerintah Sulawesi Tengah sedang merencanakan pembangunan Pelabuhan besar di Donggala. Dengan pembangunan dermaga ini Sulawesi Tengah akan menarik investor transportasi dan juga pariwisata. Oleh sebab itu, dengan adanya acara ini mari kita Bersama-sama mempersiapkan potensi wisata kuliner di Kota Palu ini untuk dapat dikenal oleh wisatawan Nusantara maupun mancanegara

🔹Sambutan Perwakilan Kemenparekraf, Ibu Nia Agmon – Kepala Pokja Tata Usaha dan Kemitraan Direktorat Wisata Minat Khusus:

  • Kegiatan BISA Festival ini merupakan bentuk kemitraan antar Lembaga, yaitu antara Kemenparekraf RI dengan Komisi X DPR RI yang bertujuan sebagai sharing informasi dan edukasi serta mendengarkan aspirasi dari Masyarakat dalam rangka pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
  • Saya merasa bersyukur bisa berdiri di tengah bapak ibu sekalian… mendapatkan kesempatan untuk pertama kalinya berkunjung ke Kota Palu yang indah ini. Kota Palu memiliki potensi besar dalam pariwisata nasional, terutama terkait dengan wisata kulinernya
  • Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa kuliner adalah salah satu aspek utama dalam pariwisata suatu kota atau daerah. Dengan keberagaman hidangan dan cita rasa yang ditawarkan, para wisatawan dapat menjelajahi berbagai kuliner khas yang unik dan menarik
  • Oleh karena itu, para pelaku industri kuliner di kota Palu harus terus berupaya dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan serta meningkatkan pengalaman kuliner yang ditawarkan kepada wisatawan. Penting untuk selalu belajar dari orang-orang yang berkompeten di bidangnya dalam mengembangkan potensi kuliner tradisional Khas KAILI sebagai salah satu motor penggerak pembangunan berkelanjutan yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Palu secara keseluruhan

🔹Sambutan dan Pembukaan Anggota Komisi X DPR RI, Ibu Hj, Sakinah Aljufri :

  • Saat ini banyak sekali destinasi wisata baru di Provinsi Sulawesi Tengah. Salah satunya ada tempat ini, Al-Djufri Resort. Memilih tempat ini untuk dapat membantu mengenalkan tempat ini kepada Masyarakat terutama kepada Dinas Pariwisata Provinsi yang kebetulan Kepala Dinasnya hadir saat ini.
  • Saya menyampaikan salam hangat dan ucapan terimakasih atas partisipasi dan kehadiran para peserta di Kegiatan BISA FEST Festival Kuliner Tradisional yang hadir pada hari ini.
  • Acara ini adalah wadah pemberdayaan masyarakat bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Melalui ini diharapkan akan mendorong pelestarian kekayaan kuliner tradisional Indonesia terutama untuk kuliner khas Kaili.
  • Setiap kuliner tradisional Indonesia memiliki cerita dan keunikan tersendiri yg bisa menjadi daya tarik wisata. Untuk itu, mari bersama – sama kita berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di bidang kuliner tradisional.

3️⃣ Penyerahan Souvenir dari Kemenparekraf kepada:
🔹Kemenparekraf RI kepada Anggota Komisi X DPR RI
🔹 Kemenparekraf RI kepada Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah
🔹 Kemenparekraf RI Kepada Narasumber

4️⃣ Foto Bersama

5️⃣ Talkshow dengan narasumber Bapak Novel Alamsyah – Narasumber Cita Rasa Kuliner khas Kaili ;

  • Cita Rasa Kuliner khas Kaili ini sungguh unik dan juga beragam sekali. Banyak sekali makanan khas Kaili ini yang sampai dengan saat ini selalu saya ulik dan saya masak
  • Pada kesempatan hari ini, saya ingin memberikan edukasi terkait dengan memasak makanan tradisional khas Kaili, yaitu Utadada. Utadada ini berbahan dasar ayam. Namun, saya akan memodifikasi makanan tradisional ini menjadi lebih modern serta mahal untuk di jual kepada para peserta.
  • Untuk kedepannya setelah acara ini selesai, saya akan membuat kelas memasak untuk UMKM kuliner di Kota Palu ini. Apabila peserta yang datang hari ini dapat menghubungi saya.
  • Mari simak bersama demo masak Utadada yang akan saya lakukan

6️⃣ Icip-icip kelompok masak Cita Rasa Kuliner Tradisional khas Kaili, Kota Palu:
🔹Kelompok D Napossa
🔹 Kelompok Dapur Mom’s Jani
🔹 Kelompok Moringa Kalimbubu
🔹 Kelompok Mombine Mandiri

7️⃣ Penyerahan Piagam Penghargaan diserahkan oleh perwakilan Kemenparekraf kepada kelompok memasak Cita Rasa Kuliner Tradisional Khas Kaili.

8️⃣ Penutupan acara dan penyelesaian administrasi

🔴 Kesimpulan:

  • Kegiatan BISA FEST memberikan ruang ekspresi dan apresiasi, serta menjadi ruang silaturahmi dan diskusi, sekaligus memperluas wawasan dan pemahaman untuk para pelaku kuliner tradisional khas Kaili di Kota Palu Sulawesi Tengah;
  • Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat terus termotivasi, kreatif dan optimis baik dalam berkarya dan mengembangkan potensi kuliner khas Kaili di Sulawesi Tengah guna mendorong promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Sulawesi Tengah.
Author: fahri surya altakwa

Tinggalkan Balasan