Festival Parade Pesona Kebangsaan 2024

Festival Parade Pesona Kebangsaan 2024 pada tanggal 30 – 31 Mei 2024 di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Gambaran Umum

  • Festival Parade Pesona Kebangsaan merupakan event yang diselenggarakan untuk mengenang jejak sejarah Bung Karno selama masa pengasingannya di Ende (1934-1938) sekaligus untuk memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya.
  • Festival ini tidak hanya bertujuan untuk menghormati sejarah, tetapi juga untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Kabupaten Ende. Dengan menyelenggarakan festival ini, diharapkan Kabupaten Ende dapat menjadi destinasi wisata yang lebih dikenal dan menarik lebih banyak pengunjung, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian lokal melalui sektor pariwisata.
  • Rangkaian kegiatan Festival Pesona Kebangsaan diantaranya : 1) Parade Laut, 2) Parade Darat, 3) Napak Tilas Perjuangan Bung Karno, 4) Pagelaran Seni dan Budaya, 5) Penyalaan Obor Pancasila.

Acara Festival Parade Pesona Kebangsaan dihadiri oleh:

  1. Dr. Franciskus Xaverius Teguh, MA – Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi / Plt Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo – Flores
  2. Dr Agustinus Gadja Ngasu – PJ Bupati Ende
  3. Muh Sahab Haji Songga – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende
  4. Plh. Sekretaris Daerah Kab Ende
  5. 21 Kota Kabupaten Peserta Jaket (Jaringan Kota/Kabupaten Tapak Sejarah) Bung Karno
  6. Forkopimda Kab Ende
  7. Kapolres Kab Ende
  8. Danramil Kab Ende
  9. Danlanal Kab Ende
  10. Pimpinan Daerah di NTT, Perangkat Daerah dan Dinas/Badan di Flores NTT
  11. Bu Diana Indriati, Ketua Tim Kerja TU dan Kemitraan Dit Event Daerah

Rangkaian Acara Tanggal 30-31 Mei 2024

🟡 Hari ke-1 (30 Mei 2024)

Pada pukul 14.30 WITA, rombongan parade laut berangkat dari Pelabuhan Soekarno Ende menuju Kecamatan Pulau Ende.

Pada pukul 19.30 WITA, dilaksanakan pembukaan acara Event Festival Parade Pesona Kebangsaan, dengan beberapa agenda antara lain:

  • Laporan Ketua Panitia Festival Pesona Kebangsaan oleh Kadispar Kab Ende, dengan isi:
    • Festival ini akan berlangsung dari tanggal 30-31 Mei.
    • Dalam festival pesona kebangsaan ini akan disajikan parade kebangsaan, pagelaran seni dan budaya yang menakjubkan dari berbagai sanggar sekolah dan masyarakat, pertunjukan musik dari berbagai band dan group musik, juga terdapat pameran ekraf ende yang memamerkan karya-karya kreatif dari kelompok usaha ekraf di daratan flores 2024.
    • Festival ini untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, serta menumbuhkan semangat Pancasila di kalangan masyarakat Ende. Melalui berbagai rangkaian kegiatan ini, kami berharap Festival Pesona Kebangsaan 2024 dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, serta menguatkan nilai-nilai Pancasila di hati Masyarakat Ende.
  • Sambutan oleh Plt Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo – Flores/ Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi, dengan isi :
    • Memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada, Pemprov NTT, Pemda Kab Ende melalui Dinas Pariwisata, serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dan berinovasi dalam penyelenggaraan Karisma Event Nusantara (KEN).
    • Pada tahun ini Provinsi NTT berhasil mendapat 5 (lima) event yang masuk dalam KEN, yaitu: 1) Festival Bale Nagi, 2) Festival Pesona Kebangsaan, 3) Festival Wolobobo Ngada, 4) Festival Golo Koe Maria Assumpta Nusantara, Dan 5) Festival Lamaholot.
    • Festival ini bukan hanya sekadar perayaan semata, tetapi juga sebuah ajakan untuk menilik kembali jejak sejarah Bung Karno dan napak tilas ende sebagai kota bersejarah yang menjadi cikal bakal lahirnya nilai-nilai Pancasila.
    • Pancasila adalah dasar negara dan konstitusi negara Indonesia, pancasila menjadi pilar utama yang mengarahkan arus pembangunan bangsa Indonesia.
    • Dalam setiap butirnya, terkandung nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman bagi kita dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. sehingga hari bersejarah ini patut kita rayakan bersama, agar semangat pancasila ini senantiasa hidup dalam setiap aspek kehidupan Masyarakat.
    • Harapannya semoga Festival Pesona Kebangsaan 2024 ini dapat menjadi daya tarik wisata sejarah yang memberikan pengalaman unik dan tak terlupakan untuk para wisatawan, serta menjadi ajang meningkatkan kecintaan kita terhadap bangsa Indonesia.
  • Penyerahan Piagam KEN 2024 dan Cenderamata dari BPOLBF untuk Festival Pesona Kebangsaan dari Kemenparekraf yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi kepada Kadispar Kab Ende.
  • Acara dilanjutkan dengan pertunjukan pagelaran seni dan budaya hari ke-1 oleh sanggar Franco Family Manajemen, sanggar-sanggar sekolah dan Masyarakat, serta terdapat Soekarno Straatvaganza Expo (produk-produk UMKM para pelaku ekraf Ende)
  • Penutupan acara hari ke-1 oleh MC

🟡 Hari ke-2 ( 31 Mei 2024)

Dilaksanakan apel pelepasan rombongan Parade Laut di Dermaga Pelabuhan Soekarno Ende.

Setelah Rombongan Parade Laut Tiba di Dermaga Pelabuhan Soekarno Ende,  rombongan berjalan menuju pelataran Pelindo, disambut dengan tarian-tarian dari Sanggar SMK Yos. Soedarso

Pelaksanaan Open Ceremony Parade Laut, antara lain :

  • Laporan Panitia Penyelenggara Festival Pesona Kebangsaan 2024 oleh Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Ende, dengan isi:
    • Kami sangat bangga menjadi bagian dari perayaan Hari Pancasila, sebuah momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia yang memperingati kelahiran ideologi dasar negara. Perayaan kali ini semakin meriah dengan pertunjukan parade laut oleh KRI dan perahu layar motor, serta parade darat yang dihadiri perdana oleh Komunitas JAKET Bung Karno. Keikutsertaan mereka menambah keberagaman dan semangat dalam perayaan ini.
    • Pancasila sebagai dasar negara yang mengandung lima prinsip pokok mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan. Salah satu bentuk nyatanya adalah melalui perayaan Pesona Kebangsaan di pelabuhan Ende. Dengan melibatkan berbagai komunitas dan elemen masyarakat, acara ini menjadi wujud nyata dari kebersamaan dalam merayakan kebanggaan akan identitas bangsa.
    • Tidak hanya sebagai perayaan simbolis, Festival Kebangsaan dan peringatan Hari Lahir Pancasila juga menjadi momentum berharga untuk mempromosikan destinasi wisata Kabupaten Ende. Melalui kerja sama antar berbagai pihak, kami berharap dapat menarik minat lebih banyak wisatawan untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam serta kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Ende.
    • Dengan semangat kebersamaan dan persatuan yang tinggi, Festival Pesona Kebangsaan 2024 diharapkan dapat terus berkontribusi dalam memajukan Kabupaten Ende, baik dari segi pariwisata maupun dalam memperkokoh rasa persatuan dan kebangsaan di tengah masyarakat.
  • Sambutan Pj. Bupati Ende, dengan isi:
    • Kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tulus kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ende, khususnya kepada para peserta yang telah aktif berpartisipasi dalam Festival Pesona Kebangsaan. Kontribusi dan dukungan dari semua pihak sangat berarti bagi kesuksesan acara ini.
    • Semangat persatuan yang kuat tercermin dalam keberagaman yang ditunjukkan oleh berbagai etnis yang berasal dari berbagai paguyuban di Kota Ende. Melihat keberagaman yang tercermin dalam acara ini, kami mengajak seluruh masyarakat Kota Ende untuk menjadi pelopor dalam menjalani kehidupan berkebinekaan dan menjadikan Kota Ende sebagai kota Sejarah yang menginspirasi.
    • Dengan semangat “Pancasila Rumah Kita dari Ende Untuk Indonesia”, kami mengajak masyarakat Kabupaten Ende untuk terus menjaga dan merawat kebhinekaan demi terwujudnya kerukunan yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Semoga semangat persatuan dan keberagaman ini dapat terus menguat dan menjadi landasan bagi kemajuan dan harmoni di tengah-tengah kita semua.
  • Sambutan Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi / Plt Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo – Flores dengan isi :
    • Memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada, Pemprov NTT, Pemda Kab Ende melalui Dinas Pariwisata, serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dan berinovasi dalam penyelenggaraan Karisma Event Nusantara (KEN).
    • Hari ini kita akan mengingat kembali perjuangan Soekarno atau juga dikenal sebagai bung besar meletakkan Dasar Negara Indonesia. Hari ini mari meriahkan parade darat dengan mengunjungi tempat-tempat penting dan bersejarah. dari pelabuhan Soekarno menuju detasemen pom, kemudian rumah pengasingan Bung Karno, serambi Soekarno, makam ibu amsi, dan berakhir di taman renungan Bung Karno.
    • Melalui rangkain acara di festival ini, mari terus mengingat pancasila sebagai dasar negara Indonesia. pancasila menjadi pilar utama yang mengarahkan arus pembangunan kita sebagai bangsa Indonesia.
    • Mari bersama kita jadikan festival pesona kebangsaan 2024 ini menjadi daya tarik wisata sejarah yang memberikan pengalaman unik dan tak terlupakan untuk para wisatawan. kemenparekraf siap mendukung ende sebagai destinasi wisata sejarah di Indonesia.
  • Pelepasan Rombongan peserta Parade Darat yang ditandai dengan Pemukulan Pentungan secara bersama-sama.
  • Prosesi acara Parade Darat dengan partisipasi oleh ratusan peserta dari institusi Pendidikan (para pelajar dan mahasiswa), organisasi, dan instansi. Parade napak tilas perjalanan Bung Karno di kota Ende dengan titik-titik singgah di : Pelabuhan Soekarno, Situs Rumah Pengasingan Bung Karno, Serambi Soekarno, Makan Ibu Amsi, dan Taman Renungan Bung Karno. Adapun disetiap titik singgah tersebut di meriahkan dengan atraksi drum band, tarian adat, dan pertunjukan drama Soekarno.
  • Di Taman Renungan Bung Karno, rombongan parade disambut oleh tarian sanggar, pembacaan narasi puisi, upacara Pentahtahan Lambang Garuda di Pohon Sukun Taman Renungan Bung Karno, doa bersama dipandu oleh perwakilan dari Kementerian Agama Kab. Ende, serta sambutan Pejabat Bupati Ende sekaligus menutup rangkaian kegiatan Pesona Kebangsaan 2024.
  • Pada pukul 19.00 WITA, acara dilanjutkan dengan pertunjukan pagelaran seni dan budaya hari ke-1 oleh sanggar Franco Family Manajemen, sanggar-sanggar sekolah dan Masyarakat, serta terdapat Soekarno Straatvaganza Expo (produk-produk UMKM para pelaku ekraf di Ende)

Promosi dan Publikasi

Beberapa promosi yang telah dilakukan oleh penyelenggara, antara lain:

🔹Offline

Penempatan banner dan baliho dibeberapa titik menuju venue acara

🔹Online

  • Akun Instagram Kemenparekraf, Karisma Event Nusantara, Pesona Indonesia
  • Akun Instagram Dispar Kab Ende
  • Youtube RRI daerah Kab Ende

Evaluasi Penyelenggaraan Event Festival Parade Pesona Kebangsaan 2024 :

  1. Koordinasi dalam mengupdate kegiatan tidak maksimal, dengan informasi peta dan rundown acara yang sulit didapatkan. Selain itu, tidak ada kepastian kehadiran pejabat serta konfirmasi kehadiran yang seringkali tidak jelas. Informasi mengenai pelepasan rombongan ke Pulau Ende juga tidak sesuai rencana dan tidak jelas.
  2. Saat pembukaan acara, jadwal tidak sesuai dengan rundown yang telah disusun. Tenda tamu kosong pada saat acara dimulai, dengan keterlambatan kedatangan pejabat tuan rumah hingga satu jam, yang menyebabkan acara baru dimulai pukul 20.15. Kehadiran pejabat sangat minim dan penyelenggara terlihat kurang siap, dengan pembawa acara yang tidak dibriefing dengan baik.
  3. Rundown acara yang dibagikan beberapa kali tidak sinkron, menyebabkan kebingungan dalam pelaksanaan. Meskipun pelaksanaan hari kedua lebih tertib dan tepat waktu, parade tetap terlihat kurang terarah dan berantakan di jalan. Kolaborasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan di dalam Dinas Pariwisata sangat kurang, dengan masing-masing berjalan sendiri-sendiri dan adanya pelaksanaan festival lain yang berdekatan dengan tujuan yang sama.
  4. Pengemasan event sejarah yang seharusnya bisa menjadi sesuatu yang berbeda kurang maksimal. Keterlibatan komunitas dan pemanfaatan potensi lokal juga tidak optimal. Dibutuhkan manajemen acara yang lebih baik, termasuk keterlibatan koreografer untuk mengatur penampilan di beberapa titik. Meskipun semangat penyelenggara tinggi, kurangnya kolaborasi dan pemanfaatan potensi yang ada membuat event ini kurang optimal.
  5. Area panggung utama dan bazar UMKM tidak menarik secara visual dikarenakan tidak ada  penggunaan ornamen ataupun kekhasan/kearifan lokal. Hal ini mengakibatkan suasana acara terasa kurang hidup dan kurang mencerminkan identitas budaya setempat.

Author: Vitria Narwastu

Tinggalkan Balasan