Solo Great Sale (SGS) 10 Tahun 2024

Solo Great Sale (SGS) 10 merupakan salah satu event yang termasuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024, dilaksanakan pada tanggal 5 Mei – 2 Juni 2024, di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Gambaran Umum

  • Solo Great Sale (SGS) merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Surakarta sejak tahun 2015, dan tahun ini merupakan penyelenggaraan event yang ke-10. Event ini menawarkan program belanja berbagai produk lokal dengan menawarkan diskon, undian serta optimalisasi transaksi digital yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi kota Surakarta yang berlangsung selama sebulan sejak tanggal 5 Mei s.d. 2 Juni 2024
  • Rangkaian kegiatan SGS meliputi pembuatan paket wisata, pameran, kompetisi, workshop, pertemuan bisnis dan pertunjukan budaya.
  • Opening Ceremony dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2024 dan Closing Ceremony dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2024.
  • Penutupan Solo Great Sale 10 yang telah dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2024 di halaman Balaikota Surakarta, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Rangkaian Kegiatan Closing Ceremony

ūüĒĻClosing Ceremony SGS

dihadiri oleh:

  1. Menparekraf, Bapak Sandiaga S. Uno
  2. Walikota Solo, Bapak Gibran Rakabuming Raka
  3. Wakil Walikota Solo, Bapak Teguh Prakosa
  4. Deputi Bidang Industri dan Investasi, Ibu Rizki Handayani
  5. Staf Ahli Menteri KemenKopUKM, Bapak Herbert
  6. Sekda Kota Surakarta, Bapak Budi Murtono
  7. ‚Ā†Direktur Manajemen Industri, Bapak Syaifullah
  8. ‚Ā†Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi, Bapak Oni Yulfian
  9. Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, ‚Ā†Bapak Agustin Peranginangin
  10. Direktur Wilayah V Kementerian Investasi/BKPM, Bapak Ady Soegiharto
  11. Kepala DAOP 6 Yogyakarta, Bapak Bambang Respationo
  12. Direktur PT. Sinergi Colomadu, Bapak I Nyoman Dana
  13. Perwakilan Kadin Jawa Tengah, Bapak H. Gareng S. Haryanto
  14. Ketua Kadin Surakarta, Bapak Ferry Septha Indrianto dan Ketua Kadin se-Solo Raya
  15. Forkopimda Kota Surakarta
  16. ‚Ā†Adyatama Parekraf Ahli Utama, Bapak Dadang Rizki Ratman
  17. ‚Ā†Perwakilan Direktorat Event Daerah Kemenparekraf, Bapak J. Suharbowo
  18. ‚Ā†Perwakilan Direktorat Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Bapak Andy Ruswar
  • Acara diawali dengan penampilan musik dari Dynamite Band.
  • Penampilan tarian pembuka Sekar Yudhaningrum dari Sanggar Tari Semarak Candra Kirana.
  • Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
  • Pemutaran video recap Solo Great Sale 2024
  • Laporan Ketua Panitia oleh Ketua Kadin Surakarta, Bapak Ferry Septha Indrianto yang menyampaikan:
    • Solo Great Sale 2024 telah berlangsung selama satu bulan. Kadin Surakarta selaku penyelenggara kegiatan SGS, terus berimprovisasi agar pelaksanaan setiap tahunnya mengalami peningkatan.
    • Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menggencarkan berbagai program strategis agar UMKM naik kelas. Melalui program Ayo Berkadin, UMKM diharapkan dapat menjadi anggota dan menjadi bagian dalam berbagai program dan layanan yang diberikan. Kadin Kota Solo siap untuk mengawal semua usaha UMKM Solo Raya bisa naik kelas bahkan masuk ekosistem perekonomian nasional.
    • Kadin Kota Surakarta saat ini sedang memperkuat aglomerasi se-Solo Raya yang bertujuan untuk mendorong investasi melalui pemusatan kegiatan ekonomi di wilayah Solo Raya meliputi 6 (enam) Kabupaten yaitu Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten. Inisiatif ini diharapkan mampu mendorong kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak dalam meningkatkan daya saing dan menarik investasi ke wilayah Solo Raya.
    • Ucapan terima kasih kepada para pendukung kegiatan, khususnya Kemenparekraf yang telah mendukung acara Closing Solo Great Sale 2024.
  • Sambutan dari Menparekraf, Bapak Sandiaga S. Uno. Dalam sambutannya beliau menyampaikan:
    • Solo Great Sale memiliki dampak langsung kepada para pelaku UMKM, untuk itu akan diturunkan tim kajian guna menghitung nilai dampak ekonomi, serta harapan event SGS dapat turut mendukung pencapaian pergerakan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara, serta penciptaan 4,4 juta lapangan kerja.
    • Sebagai wujud dukungan pada event Solo Great Sale 2024, Kemenparekraf menyelenggarakan program Temu Bisnis ‚ÄúKemitraan Nasional Rantai Pasok (KEN AROK) Industri Parekraf yang berlangsung sejak tanggal 31 Mei – 2 Juni 2024 bertempat di Pendopo Balaikota Surakarta sebagai upaya untuk menyinergikan potensi industri pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat tumbuh bersama. Tercatat, selama 3 hari pelaksanaan, sebanyak 66 komitmen kerjasama dihasilkan.
    • Ajakan kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Surakarta untuk terus melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dalam upaya memperkuat branding kota Solo sebagai kota budaya.
    • Mendorong Kota Solo yang telah mendapatkan penghargaan UNESCO Creative Cities Network juga dapat meraih UNESCO Creative Cities of Gastronomy mengingat kota ini memiliki beragam kuliner khas yang amat diminati wisatawan dan Sekitar 63 persen (pergerakan) wisatawan berwisata untuk alasan kuliner.
  • Prosesi seremonial penandatangan MoU Aglomerasi se-Solo Raya oleh Kadin Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten yang disaksikan oleh Menparekraf dan Walikota Solo.
  • Penampilan Dynamite Band.
  • Pengundian hadiah hiburan bagi masyarakat yang telah melakukan transaksi selama SGS berlangsung.
  • Penampilan Fragmen Punokawan SGS.
  • Pengundian hadiah utama SGS yaitu motor dan mobil oleh Walikota Solo dan Menparekraf.
  • Sesi foto bersama para tamu undangan VIP.
  • Doorstop Menparekraf didampingi Walikota Surakarta yang menyampaikan siap mendukung rencana dari Menparekraf mendorong kota Solo sebagai UNESCO Creative Cities of Gastronomy dan memperkaya¬†branding¬†kota Solo tidak hanya sebagai kota budaya tapi juga surga kuliner.

Promosi dan Publikasi

Promosi yang telah dilakukan oleh penyelenggara, offline dengan menempatkan banner dan baliho di titik-titik strategis Kota Surakarta; online melalui akun Instagram dan website Solo Great Sale, Kadin, pemerintah daerah serta peserta SGS; serta media elektronik lainnya seperti radio dan TV lokal

Kesimpulan dan Evaluasi

  1. Closing Solo Great Sale telah terselenggara dengan baik dan lancar. Rangkaian acara terlaksana dengan baik dan tepat waktu.
  2. Penandatanganan MoU aglomerasi se-Solo Raya untuk pertama kalinya selama pelaksanaan SGS
  3. Penandatanganan MoU aglomerasi se-Solo Raya untuk pertama kali selama pelaksanaan SGS
  4. SGS diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi terbukanya peluang kerjasama antara pelaku bisnis, pengembangan sektor parekraf dan utamanya adalah peningkatan perekonomian di Kota Surakarta.

Author: Vitria Narwastu

Tinggalkan Balasan