Peningkatan Kapasitas Keselamatan Wisata Selam – Safety 1000 Training Extravaganza

Mohon izin melaporkan kegiatan Peningkatan Kapasitas Keselamatan Wisata Selam – Safety 1000 Training Extravaganza yang dilaksanakan pada, Selasa, 7 Mei 2024, di Tangga Tiga Waterfront Marina, Labuan Bajo.

🔘Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Bapak Fehmiu Octavino, Kemenparekraf;
2. Bapak Bayu Wardoyo, Country Manager DAN Indonesia;
3. Bapak Budi Widjaja, Ketua GAHAWISRI Labuan Bajo;
4. Bapak Bryan, Dokter dan Instruktur Selam PADI;
5. Bapak Ebram Harimurti, National Association of Underwater Instructions (NAUI);
6. Para Perwakilan dari BMI, BASARNAS, Tim Medis Angkatan Laut dan;
7. Para Pelaku Wisata Bahari Labuan Bajo; dive guide, kru kapal, staf resort, serta pekerja pendukung lainnya.

🔘Deskripsi Umum:
Pelatihan ini merupakan upaya kolaboratif antara Kemenparekraf dengan Divers Alert Network (DAN) untuk meningkatkan aspek keselamatan dalam menunjang aktivitas wisata selam di Indonesia. Hal ini sejalan dengan MoU/nota kesepahaman antara Kemenparekraf dengan DAN untuk mewujudkan destinasi wisata selam yang aman atau ‘Indonesia as a Safe Diving Destination’.

🔘Rangkaian Kegiatan:
1. Sambutan Bapak Budi Widjaja, Ketua GAHAWISRI Labuan Bajo

-Pelatihan ini diikuti oleh 60 orang peserta, termasuk pemandu selam, kru kapal dan staf resor. Mereka akan dapat memberikan pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan saat melakukan wisata selam.

-Banyak faktor yang dapat menyebabkan kecelakaan, seperti kesalahan manusia dan kesalahan mesin. Sayangnya, berita di media sosial yang dapat dengan mudah menjadi viral, seringkali hanya menyoroti dari sisi negatifnya saja, seperti kejadian kecelakaan atau kebakaran yang terjadi di Labuan Bajo. Pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan, keamanan dan keselamatan para pelaku pariwisata Labuan Bajo.

-GAHAWISRI juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf, DAN, NAUI, dan PADI atas dukungannya terhadap kegiatan ini dan memastikan akan berpartisipasi aktif dalam mempublikasikan kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan di Labuan Bajo.

2. Sambutan Bapak Bayu Wardoyo, Country Manager DAN Indonesia

-Pelatihan ini sangat penting, karena wisata bahari di Indonesia telah menjadi daya tarik yang signifikan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Wisatawan akan semakin tertarik untuk datang, karena selain daerahnya yang indah, wisatawan juga akan merasa aman, karena mengetahui di daerah Labuan Bajo sudah banyak yang terlatih dalam menangani wisatawan yang mengalami insiden.

-DAN yakin bahwa pelatihan ini bermanfaat bagi para peserta untuk belajar dan mengajukan pertanyaan kepada instruktur selam. Hal ini akan membantu mencapai zero accident atau jika terjadi kecelakaan penyelaman dapat ditangani dengan segera dan tepat sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

3. Sambutan Bapak Ebram Harimurti, NAUI

-Dalam keadaan darurat, keselamatan korban tergantung pada bagaimana memberikan reaksi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki pelatihan BSL, terutama bagi para pelaku wisata selam untuk memastikan mereka mengetahui dan memahami langkah-langkah pertolongan pertama yang harus dilakukan jika terjadi resiko saat menyelam.

4. Sambutan Bapak Fehmiu Octavino, Kemenparekraf

-Kemenparekraf mengucapkan terima kasih kepada GAHAWISRI yang telah berperan aktif dalam mengadakan pelatihan bagi para pelaku wisata bahari di Labuan Bajo, berkolaborasi dengan DAN yang konsisten menyelenggarakan rangkaian kegiatan untuk meningkatkan aspek keselamatan wisata selam di Indonesia.

-Program Safety 1000 Training Extravaganza sebelumnya telah dilaksanakan di beberapa lokasi, termasuk Kepulauan Seribu, Anyer, selanjutnya Labuan Bajo, Bali dan daerah lainnya. Program ini juga dirancang untuk memastikan bahwa semua operasi penyelaman mematuhi standar keselamatan minimum.

-Kemenparekraf yakin bahwa kegiatan pelatihan ini akan memberikan dampak positif terhadap kualitas keamanan dan keselamatan pariwisata di Labuan Bajo, yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi terhadap pengembangan wisata bahari di Indonesia sehingga mampu bersaing dengan negara lain.

5. Pemaparan Teori BLS (Basic Life Support)

-Instruktur memberikan gambaran umum tentang BLS (Basic Life Support) atau bantuan hidup dasar jika terjadi cedera yang mengancam jiwa, termasuk henti jantung. Instruktur juga mendemonstrasikan langkah-langkah untuk memulai tindakan CPR, AED, dan pemberian oksigen darurat untuk cedera scuba diving (EO2).

-Instruktur kemudian menjelaskan lebih lanjut tentang oksigen dan cedera selam serta penyakit dekompresi (DCI/Decompression Illness), serta berbagai jenis komponen pemberian oksigen (selang dan tabung, masker saku/pocket mask, ventilator), dan berbagai jenis masker oksigen, termasuk “breather mask” dan “non-breather mask”.

6. Pelaksanaan Praktik Pelatihan CPR, Oksigen & Pertolongan Pertama

-Semua peserta menerima First Aid Kit yang berisi sarung tangan, kain kasa steril, pocket mask atau masker saku dan perlengkapan penting lainnya (berdasarkan American Health Association) untuk meminimalisir terjadinya infeksi pada tim penyelamat.

-Setiap peserta berkesempatan untuk mempraktikkan langkah-langkah awal penanganan kecelakaan, merespon dan menilai korban dengan melakukan assesment “look-listen-feels”.

-Selain itu, para peserta berkesempatan untuk mempelajari cara memberikan CPR, AED, dan oksigen pada kasus dekompresi hingga posisi pemulihan/recovery position.

-Praktik dilakukan dengan membagi peserta ke dalam empat (4) kelompok, dengan masing-masing instruktur memandu setiap kelompok.

🔘Saran dan Rekomendasi:
-Pelatihan ini merupakan langkah nyata untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas para pelaku wisata bahari di kawasan Labuan Bajo, yang merupakan salah satu destinasi super prioritas Indonesia. Untuk memperkuat reputasi Indonesia sebagai destinasi wisata selam yang aman bagi wisatawan, akan sangat bermanfaat jika pelatihan ini dilakukan secara berkala dan berkelanjutan. Hal ini akan membantu mengantisipasi dan mencegah kecelakaan sebelum terjadi, serta meningkatkan layanan dari pelaku usaha pariwisata dalam melindungi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo.

Demikian laporan kegiatan ini kami sampaikan, berikut dokumentasi serta link berita kegiatan dimaksud. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Link Berita:

https://www.jurnalflores.co.id/news/77612599965/gahawisri-dan-basarnas-labuan-bajo-gelar-latihan-peningkatan-safety-di-

https://www.beritawisata.com/wisata/58312601664/gahawisri-basarnas-labuan-bajo-gelar-latihan-peningkatan-safety-di-laut

https://www.detik.com/bali/nusra/d-7329007/puluhan-pelaku-wisata-di-labuan-bajo-dibekali-keahlian-medis-water-rescue

https://rm.id/baca-berita/nasional/219907/warga-lokal-di-labuan-bajo-dilatih-rescue-supaya-jago-tolong-wisatawan

Author: fahri surya altakwa

Tinggalkan Balasan