Ngayogjazz 2023

Laporan pendukungan kegiatan Ngayogjazz 2023 yang telah dilaksanakan pada tanggal 18 November 2023 di Dusun Gancahan, Sidomulyo, Godean, Sleman Yogyakarta.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum Ngayogjazz

🔷 Ngayogjazz adalah festival jazz yang diselenggarakan di sebuah desa atau kampung di Provinsi Yogyakarta yang telah diselenggarakan sejak tahun 2007.

🔷 Ngayogjazz 2023 mengusung tema Handarbeni Hangejazzi yang bermakna merasa ikut memiliki dan bertanggung jawab untuk merawat dan menjaga.

🔷 Tahun ini Ngayogjazz kembali terpilih sebagai salah satu event di Karisma Event Nusantara (KEN) 2023, dimana Ngayogjazz selalu konsisten melibatkan masyarakat, kesenian, dan kebudayaan setempat dalam penyelenggaraannya.

2️⃣ Rangkaian Kegiatan Ngayogjazz 2023

🔴🔴 Pembukaan Ngayogjazz 2023

🟠 Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Wakil Bupati Sleman, Bapak Danang Maharsa;
2. Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Bapak Ishadi Zayid;
3. Adyatama Parekraf Ahli Utama, Ibu Nia Niscaya;
4. Anggota DPRD Selman, Bapak Arif Kurniawan;
5. Board Ngayogjazz, Bapak Aji Wartono;
6. Lurah Sidomulyo, Bapak Rusto Busono.

🔹Sambutan Wakil Bupati Sleman, Bapak Danang Maharsa:
– Apresiasi kepada panitia Ngayogjazz, yang sudah menyelenggarakan Ngayogjazz yang ke-17 yang diadakan di Padukuhan Kabupaten Sleman Yogyakarta;
– Ngayogjazz sudah 17 kali diadakan, 10 kalinya di Kabupaten Sleman yang tersebar di beberapa Padukuhan, yang menarik selama penyelenggaraan Ngayogjazz, selalu diadakan di dalam perkampungan, di wilayah Yogyakarta, dimana tujuan tersebut tentunya untuk meningkatakan perekonomian masyarakat, serta mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Sleman;
– Harapanya Ngayogjazz dapat memberikan hiburan tersendiri bagi para pengunjung dan penggemar jazz yang datang ke Kabupaten Sleman.

🔹Sambutan Adyatama Parekraf Ahli Utama, Ibu Nia Niscaya:
– Apresiasi kepada penyelenggara Ngayogjazz beserta padukuhan Gancahan, Dinas Pariwissata Sleman, Dinas Pariwisata DIY, yang telah menyelenggarakan Ngayogazz yang ke-17;
– Ngayogjazz menjadikan musik jazz yang dikenal ekslusif menjadi lebih inklusif, merakyat, dengan pengalaman yang unik dan khas, dengan tetap menampilkan musisi dan talenta-talenta berbakat.
– Harapannya Ngayogjazz dapat menginspirasi untuk merawat, menggali dan mengembangkan potensi kearifan lokal serta keterlibatan masyarakat lokal, untuk ikut merasa memiliki dan bertanggung jawab untuk merawat dan menjaga bersama-sama

🔹Pembukaan Ngayogjazz 2023 dilakukan dengan kirab prajurit Bregada Gagaksuro, Tedjo Badut dan rombongan sepeda onthel ke panggung utama.

🔹 Penampilan Petik Cantik Nusantara.

🔹 Terdapat 4 panggung pada penyelenggaraan tahun ini, keempat panggug tersebut yaitu Panggung Hangayomi, Panggung Hanresnani, Panggung Hanyengkuyung, dan Panggung Hamengkoni, yang semuanya berdampingan dengan sawah dan rumah-rumah warga.

🔹 Penampil pada Ngayogjazz 2023 berjumlah 32 penampil yang terdiri dari musisi jazz lokal dan nasional seperti White Shoes & The Couples Company dan Eva Celia.

🔹 Selain penampilan para musisi jazz, pengunjung juga dapat menikmati pasar jazz yang menyediakan kuliner lokal, oleh-oleh, dan merchandise Ngayogjazz serta stand-stand komunitas yang berlokasi di beberapa titik.

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi
🔹Ngayogjazz 2023 telah terlaksana dengan sukses dan lancar. Kegiatan ini berhasil memberikan ruang kreasi, ekspresi dan aprresiasi bagi para musisi, pelaku seni, komunitas ekraf, dan pelaku UMKM lokal Yogyakarta.

🔹Konsep 3A dapat terpenuhi dengan baik, dari segi atraksi, Ngayogjazz menampilkan musisi jazz lokal hingga internasional yang dapat dinikmati oleh pengunjung secara gratis. Selain pertunjukan jazz, pemilihan lokasi di tengah pedesaan menjadi atraksi yang menarik bagi pengunjung.
Dari segi amenitas, penyelenggara juga siap dengan ketersediaan fasilitas umum seperti pusat informasi, ruang media, toilet, tempat sampah, area parkir yang luas, tempat ibadah, ruang laktasi, F&B, dll.

🔹Penyelenggaraan Nyayogjazz selalu berpindah-pindah setiap tahunnya, hal ini mebuat Ngayogjazz juga melibatkan masyarakat, kesenian, dan kebudayaan setempat, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah tersebut.
Penataan layout venue juga sudah ditata dengan bak, dengan alur yang mengajak pengunjung untuk menikmati berbagai atraksi dan sajian yang ada di venue, seperti area bazar, area makanan, area komunitas, serta area panggung.

 

Sambutan Wakil Bupati Sleman dan Adyatama Kemenparerkaf Ahli Utama

 

Pembukaan Ngayogjazz 2023, kirab prajurit & tedjo badut

 

Suasana penampil di panggung Hangyomi dan Panggung Hanresnani

 

Suasana penampil di panggung Hanyengkuyung dan panggung Hamengkoni

 

Stand bazaar makanan
Author: Ahmad Triadi

Tinggalkan Balasan