Festival Rontek Pacitan 2023

Laporan kegiatan Festival Rontek Pacitan 2023 yang telah dilaksanakan pada tanggal 18-19 November 2023 di Kab.Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Berikut poin-poin yang kami laporkan:

🟠 Gambaran Umum Festival Rontek Pacitan 2023

🔹 Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di barat daya Provinsi Jawa Timur. Kabupaten yang sangat mengandalkan sektor pariwisata sebagai penyokong keberlangsungan ekonomi masyarakatnya. Jajaran pantai dan goa yang eksotis menjadi destinasi utama yang dapat dikunjungi selama di Kabupaten Pacitan. Selain itu, ragam seni dan budayanya juga turut andil dalam mendukung keberlangsungan sektor pariwisata di Pacitan, salah satunya yang paling terkenal adalah Kesenian Rontek atau Ronda Tethek.

🔹 Asal– usul kata rontek ini sendiri berasal dari kata “ronda dan thethek” merupakan alat musik terbuat dari bambu yang dilubangi, sedangkan cara memainkannya sendiri dengan dipukul. Pada awalnya, rontek ini hanya menjadi kegiatan tahunan saat bulan ramadhan tiba dimana tujuannya membangunkan warga untuk sahur. Pada kegiatan ini rontek dipukul dan biasanya dipadukan dengan alat musik tradisional lainnya seperti gong, saron, dan kenong.

🔹 Saat ini rontek tidak hanya menjadi kegiatan gugah sahur, tetapi menjadi ajang festival seni tahunan masyarakat Pacitan. Festival seni rontek pertama kali diadakan pada tahun 2011.

🔹 Festival ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Dalam agenda ini alat musik bambu tersebut dimainkan dan dipadukan dengan alat musik tradisional seperti gong dan gamelan, yang kemudian musik ini akan mengiringi lagu dan tarian.

🔹 Festival Rontek Pacitan 2023 dilaksanakan pada tanggal 18-19 November 2023, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kab. Pacitan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kab. Pacitan dan masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 dengan mengangkat tema “Sigrak’e Tlatah Pacitan” yang berarti “Kebangkitan Bumi Pacitan”.

🟠 Event Festival Rontek Pacitan 2023 dihadiri oleh:

1. Bupati Pacitan, Bapak Indrata Nur Bayuaji;
2. Wakil Bupati Pacitan, Bapak Gagarin;
3. Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf , Ibu Kurleni Ukar;
4. Sekretariat Daerah, Bapak Heru Wiwoho;
5.Ketua DPRD Kabupaten Pacitan, Bapak Ronny Wahyono;
6. Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan, Bapak Turmidi;
7. Forkopimda, pimpinan OPD, perwakilan BUMN, BUMD dan instansi vertikal di Kabupaten Pacitan;
8. Para tokoh masyarakat, adat, pemuda dan perempuan; serta
9. Para perwakilan sponsor, pelaku Parekraf, dan pers.

🟠 Rangkaian Kegiatan Festival Rontek Pacitan dihari pertama, 18 November 2023

🔹 Jamuan makan malam di Pendopo Kantor Bupati Pacitan

🔹 Penampilan pembuka dari KKM Gamelan Sawung Galih dengan membawakan lagu berjudul “Pacitan Paradise of Java” yang menyambut kedatangan Ibu Kurleni Ukar bersama tamu VIP

🔹Pembukaan acara oleh MC

🔹Laporan kegiatan oleh Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Bapak Turmidi:
• Ucapan terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah mendukung terlaksananya festival ini serta semua pihak yang telah bekerjasama mensuksekan kegiatan Festival Rontek Pacitan.
• Festival Rontek Pacitan masuk dalam KEN berkat support dan motivasi dari masyarakat Kab. Pacitan, kami berharap dengan masuknya festival ini kedalam KEN dapat mempromosikan Rontek secara nasional maupun internasional

🔹Sambutan oleh Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf RI, Ibu Kurleni Ukar:
• Apresiasi terhadap Pemda Kab. Pacitan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dan berpartisipasi atas terselenggaranya Festival Rontek Pacitan 2023.
• Festival Rontek Pacitan yang mengangkat potensi kekhasan nilai seni budaya dan kearifan lokal dapat menjadi Unique Selling Point Kab. Pacitan.
• Dengan tema “Kebangkitan Bumi Pacitan” diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat dan upaya merawat, menjaga dan mengembangkan warisan budaya serta nilai-nilai tradisi. selain itu, juga memupuk semangat gotong royong dan kebersamaan seluruh masyarakat pacitan dalam bersinergi dan berkolaborasi untuk terus membangun pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Indonesia

🔹Sambutan oleh Bupati Pacitan, Bapak Indrata Nur Bayuaji:
• Ucapan syukur masih dapat menyelenggarakan festival rontek pada tahun ini, diharapkan berjalan lancer dan berdampak positif bagi masyarakat Pacitan.
• Terima kasih kepada seluruh masyarakat Pacitan karena dengan jerih payah kita semua sehingga Festival Rontek Pacitan bisa masuk ke dalam Karisma Event Nusantara
• Mari kita terus meningkatkan derajat seni Rontek Kab. Pacitan untuk tetap dapat diakui secara nasional dan internasional.

🔹Pembukaan acara resmi ditandai dengan pemukulan rontek oleh para tamu VIP

🔹Penampilan tari payung diiringi oleh KKM Gamelan Sawung Galih.

🔹Pertunjukan seni Rontek dari 5 kecamatan dihari pertama:
• Paguyuban Rontek Ceria Sinar Tanjung dari Kec. Pacitan
• Paguyuban Rontek Laskar Gajah Gumilap dari Kec. Arjosari
• Paguyuban Rontek Guntur Ulung dari Kec. Ngadirojo
• Paguyuban Rontek Laskar Neo Ronthektika Macan Ganjur dari Kec. Tulakan
• Paguyuban Rontek Ndoro Bei dari Kec. Nawangan

🔹Kunjungan tamu VIP ke stand-stand parekraf di Pasar Krempyeng yang terletak disebelah utara Alun-alun Kab. Pacitan dan diselenggarakan 2 hari selama Festival Rontek Pacitan berlangsung.

🟠 Rangkaian Kegiatan Festival Rontek Pacitan dihari kedua, 19 November 2023

🔹Pembukaan acara dihari kedua oleh MC

🔹Penampilan tari yang diiringi oleh grup Sekar Tanjung Banyuwangi

🔹Pertunjukan seni Rontek dari 6 kecamatan dihari pertama:
• Paguyuban Rontek Laskar Bumi Banaran dari Kec. Donorojo
• Paguyuban Rontek Kendil Wesi dari Kec. Punung
• Paguyuban Rontek Dersono Kedaton Maron dari Kec. Paingkuku
• Paguyuban Rontek Sudimoro dari Kec. Dewandaru
• Paguyuban Rontek Laras Manunggal dari Kec. Kebonagung
• Paguyuban Rontek Jago Suroloyo dari Kec. Tegalombo
• Paguyuban Rontek Blandhong Ori dari Kec. Bandar

🟠 Kesimpulan dan Evaluasi

1. Festival Rontek Pacitan 2023 menampilkan seni pertunjukan dimana alat musik bambu (ronthek) dimainkan dan dipadukan dengan alat musik tradisional seperti gong dan gamelan, yang kemudian musik ini akan mengiringi lagu dan tarian. Atraksi wisatanya sangat menarik dan berpotensi menarik wisatawan untuk dating berkunjung.

2. Penggunaan bambu sebagai material utama sangat menonjol mulai dari bahan utama rontek itu sendiri hingga ornamen-ornamen dekorasi di sepanjang lokasi pelaksanaan serta stand-stand UMKM.

3. Para peserta dari tiap kecamatan memberikan penampilan yang sangat totalitas, kreatif, kompak dan gotong royong, dilihat dari penyajian koreografi dan atribut yang dikenakan sangat beragam, unik dan menarik.

4. Pengelolaan sampah di lokasi venue sangat kurang, perlunya penambahan jumlah tempat sampah, kurangnya jumlah tempat sampah mengakibatkan penonton membuang sampah sembarangan meskipun penyelenggara kegiatan sudah aktif mengingatkan penonton untuk sadar lingkungan dan menjaga kebersihan di sekitar venue.

5. Narasi atau storytelling dari atraksi perlu lebih dieksplorasi agar lebih menarik lagi dan dapat mengedukasi penonton.

6. Kedepannya Festival Rontek Pacitan diharapkan dapat bekerja sama dengan berbagai stakeholder dalam menyusun pola perjalanan wisata maupun paket wisata, terutama dengan menargetkan pasar minat khusus dalam hal seni pertunjukan. Agar dapat lebih meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun nusantara untuk berkunjung ke Pacitan untuk dapat melihat keunikan dari pertunjukan Seni Rontek Pacitan di tiap tahunnya.

7. Data statistik selama kegiatan berlangsung:
• Jumlah pengunjung yang hadir = 18.700 orang
• Jumlah tenaga kerja yang terlibat= 240 orang
• Jumlah pelaku seni/ekraf yang terlibat = 620 orang
• Jumlah UMKM yang terlibat = 110 booth
• Estimasi total transaksi ekonomi pada booth UMKM = Rp 483.000.000
• Estimasi transaksi ekonomi eksternal selama event (akomodasi, resto, parkir, dll) = Rp 1.574.000.000

8. Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar dan meriah. Antusiasme masyarakat terlihat sangat besar dalam berpartisipasi pada kegiatan ini.

 

Penampilan tari payung diiringi oleh KKM Gamelan Sawung Galih

 

Sambutan-sambutan dan pembukaan secara simbolis dengan pemukulan Ronthek bersama para tamu VIP

 

Penampilan kesenian Ronthek dari 5 Kecamatan dihari Pertama

 

Suasana penampilan dihari kedua yang dibawakan oleh 7 Kecamatan

 

Produk-produk dan stand-stand UMKM di Pasar Krempyeng

 

Author: Ahmad Triadi

Tinggalkan Balasan