East Java Fashion Harmony 2023

Laporan pelaksanaan pendukungan salah satu Karisma Event Nusantara (KEN) East Java Fashion Harmony 2023 yang telah dilaksanakan pada tanggal 3 November 2023 di Amphitheater Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum
– East Java Fashion Harmony 2023 merupakan gelaran fashion show dari produk wastra yakni tenun dan batik Jawa Timur yang bertujuan untuk memberdayakan dan memberikan ruang ekspresi bagi pelaku ekonomi kreatif Jawa Timur.
– Event ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang tahun ini mengusung tema ‘Raswa Anindya Lantih Lan Batik Jawi Wetan’ (Rahasia Kecantikan Tenun dan Batik Jawa Timur).

2️⃣ Rangkaian Kegiatan

🟠 Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Wakil Gubernur Jawa Timur, Bapak Emil Elestianto Dardak;
2. Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf, Bapak Restog Krisna Kusuma;
3. Konjen Australia, Ibu Fiona Honggart;
4. Pj. Bupati Pasuruan, Bapak Andriyanto;
5. Forkopimda Provinsi Jawa Timur;
6. Plt. Kadisbudpar Prov. Jatim, Bp. Eddy Supriyanto;
7. Forkopimda Kabupaten Pasuruan;
8. Para asosiasi desainer.

🟠 Rangkaian kegiatan antara lain:

🔹Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

🔹Penampilan Tari Tabebuya oleh Sanggar Gito Maron

🔹Laporan kegiatan oleh Plt. Kadisbudpar Prov. Jatim Bapak Eddy Supriyanto:
– EJFH selama 3 tahun telah terpilih dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf, hal tsb merupakan salah satu prestasi Provinsi Jatim melalui penyelenggaraan event ditingkat nasional.
– Saat ini tren fesyen di Jawa Timur banyak mengadopsi dan memodifikasi ragam wastra daerah yang melahirkan tren baru dengan bahan tenun dan batik.
– Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengangkat, mamajukan, dan mempopulerkan wastra Jawa Timur, sebagai wujud pelestarian kebudayaan dan pemberdayaan para pelaku seni.

🔹Sambutan oleh Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreatifitas Kemenparekraf RI, Bapak Restog Krisna Kusuma:
– Kemenparekraf sangat mendukung pelaksanaan event ini melalui program Karisma Event Nusantara (KEN). Dengan masuknya wastra nusantara dalam tren fesyen internasional menjadi awal yang sangat baik dalam mendukung pariwisata dan ekraf indonesia,
– Selain menjadi ajang promosi dan unjuk kreatifitas para pelaku industri fesyen nusantara, event ini diharapkan juga dapat semakin mendorong semangat kolaborasi seluruh stakeholder untuk bersama-sama terus mengangkat dan mempopulerkan wastra nusantara kepada masyarakat luas, generasi muda, dan juga kancah internasional.
– Semoga seluruh rangkaian acara East Java Fashion Harmony 2023 dapat berjalan lancar dan sukses, semakin memberdayakan para perajin tenun dan batik jawa timur, meningkatkan mutu serta nilai ekonomi industri fesyen nusantara baik lingkup nasional dan internasional, yang semuanya akan bermuara pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

🔹Pemutaran video ucapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

🔹Penyerahan Penghargaan Kepada 7 designer, 1 Koreografer dan 1 Show Director oleh Wakil Gubernur Jawa Timur didampingi oleh Plt. Kadisbudpar Provinsi Jawa Timur.

🔹Sambutan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Bapak Emil Elestianto Dardak:
– East Java Fashion Harmony 2023 sudah beberapa tahun diselenggarakan secara konsisten dengan menampilkan kain-kain eksotik yang dihasilkan oleh para pengerajin Jawa Timur
– Konsep fesyen yang dihadirkan dalam EJFH 2023 mencerminkan keunikan dari kain tenun dan batik yang menampilkan perbedaan motif dan menciptakan warna-warna baru dalam kreasi busana.
– Penting untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya, termasuk kain tenun dan batik yang merupakan sebuah karya turun menurun yang hanya ada di Indonesia.

🔹Pembukaan East Java Fashion Harmony 2023 ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Gubernur Jawa Timur didampingi oleh para tamu undangan VVIP

🔹Penampilan Fashion Show Designer Jawa Timur:
– Fashion Show Designer 1 (Indarti)
– Fashion Show Designer 2 (Olivia)
– Fashion Show Designer 3 (Crisna)
– Fashion Show Designer 4 (Amuzacky)
– Fashion Show Designer 5 (Encrico)

🔹Penampilan Fashion Show Designer Tamu oleh Elva Fauqo & Arinda Nurma

🔹Penampilan Guest Designer Ivan Gunawan

🔹Penyerahan apresiasi kepada Ivan Gunawan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur dan Pj. Bupati Pasuruan

🔹Penampilan hiburan oleh artis nasional Evi Tamala

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan
🔹 East Java Fashion Harmony 2023 telah terselenggara dengan sukses dan lancar dengan menampilkan 41 model profesional dengan beragam wastra tenun dan batik karya desainer lokal.
🔹Pemilihan lokasi di Amphitheater Taman Candra Wilwatikta Pandaan sudah sangat tepat karena merupakan sebuah taman budaya yang sudah dilengkapi dengan panggung terbuka dengan latar belakang Gunung Penanggungan dan dapat menampung belasan ribu pengunjung.
🔹Promosi sudah baik krn sudah memiliki akun sosial media event sendiri dan juga promosi melalui akun sosial media Dispbudpar Provinsi Jatim.
🔹Partisipasi UMKM sebanyak 20 booth kreasi batik dan tenun sudah cukup baik dengan memamerkan produk seperti kain, baju, aksesoris, dan produk ekraf lainnya.
🔹Hal yang masih harus diperhatikan dalam pelaksanaan event ini adalah pengelolaan sampah masih kurang baik, karena masih ditemukan sampah yang berserakan di area tribun penonton.

 

Penampilan Tari Tabebuya

 

Laporan kegiatan oleh Plt. Kadisbudpar Provinsi Jatim, Sambutan oleh Staf Ahli Kemenparekraf, dan Sambutan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur

 

Penyerahan penghargaan kepada para desainer, koreografer, dan show director oleh Wakil Gubernur Jawa Timur

 

Fashion show karya desainer lokal

 

Fashion show karya Ivan Gunawan

 

Penampilan hiburan oleh Evi Tamala

 

Produk UMKM wastra tenun dan batik

 

Suasana amphiteater dengan latar belakang Gunung Penanggungan dan tata cahaya yang apik di panggung
Author: Ahmad Triadi

Tinggalkan Balasan