Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) 2023

Laporan pelaksanaan kegiatan Press Conference dan Opening Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) 2023. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis, 12 Oktober 2023 di Grand Kemang Hotel, DKI Jakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu event Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

✳️ Gambaran umum ICAD 2023:
▪️ ICAD merupakan pameran seni kontemporer yang diselenggarakan oleh Yayasan Design+Art Indonesia, menampilkan instalasi seni, teknologi, seminar, dan bincang-bincang seputar seni yang melibatkan lebih dari 50 seniman dan desainer.
▪️ ICAD ke-13 ini bertema “Feel-Good Lab” (FGL) yang menggambarkan ruang ekspresi dan emosi positif dalam kehidupan sehari-hari. Event ini masuk kembali dalam Karisma Event Nusantara untuk ke-3 kalinya. ICAD 2023 diselenggarakan pada 13 Oktober hingga 26 November 2023 di berbagai lokasi di Kemang 12730, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
▪️ ICAD 13 menampilkan lebih banyak kolaborasi program dibanding tahun sebelumnya. Tak hanya dengan mitra institusi melainkan juga para seniman yang ingin merespons karya mereka dengan berbagai aktivasi, seperti performance art, talkshow, dan workshop.

🅰️ PRESS CONFERENCE ICAD 2023

🔹Diadakan di Grand Kemang Hotel pada Kamis, 12 Oktober 2023
🔹Dihadiri oleh:
1. Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kemenparekraf RI
2. Sherly Yuliana, Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi, Disparekraf DKI Jakarta
3. Yogo Pramulya Supomo (Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi Kemendikbudristek RI)
4. Edwin Nazir (Festival Director ICAD 13)
5. Amanda Ariawan (Lead Curator ICAD 13)
6. M. Irfan, Jalan Pulang (Seniman ICAD 13)
7. Asmara Abigail (Seniman ICAD 13)
8. Naufal Abshar (Seniman ICAD 13)
9. Nindia Alfi Saleha (Yayasan Benyamin Suaeb)
10. Roland Adam (Komite Kemang 12730)
11. Stella Mailoa (Kemang 12730)
12. Jurnali, blogger dan influencer.

🛑 Acara Press Conference dibuka dengan pertanyaan dari penyelenggara ICAD yang ditanggapi oleh para narasumber antara lain:
1️⃣ Muhammad Neil El Himam (Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk
Kreatif, Kemenparekraf RI) yang menjelaskan strategi pemerintah dalam memperkuat seni rupa dan desain antara lain melalui UU Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif yang mengatur cara untuk mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif antara lain (1) pengembangan SDM Ekonomi Kreatif. (2) Inkubasi dan proses pembinaan, pendampingan dan pengembangan pelaku kreatif yang intensif. (3) pengarusutamaan kekayaan intelektual.

2️⃣ Edwin Nazir, Festival Director ICAD yang menyampaikan bahwa pada tahun ini banyak hal yang baru dan ada special tribute to Benyamin Suaeb yang merupakan seniman Betawi legendaris dan maesro yang setiap karyanya selalu merespon isu lingkungan, sosial dan ekonomi. ICAD tahun ini menampilkan 54 pelaku kreatif multidisipliner, kolektif, dan juga komunitas yang bergerak di berbagai bidang mulai dari seni, desain, musik, budaya, dan material baru.

3️⃣ Amanda Ariawan, Lead Curator ICAD 13 menyampaikan bahwa tema tahun ini adalah Feel Good Lab (FGL). Feel good di sini bukan hanya selebrasi terhadap perasaan positif yang seringkali diabaikan dalam keseharian, tapi lebih dari itu. Oleh karenanya kami ingin mengajak publik untuk berpikir kritis dan menghadirkan perasaan tersebut lewat karya seni.

4️⃣ Roland Adam, Komite Kemang 12730 menyampaikan bahwa ICAD merupakan festival yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya karena memberi warna yang sangat menarik bagi Kemang 12730.

🛑 Acara dilanjutkan dengan foto bersama dan ramah tamah

🅱️ PEMBUKAAN ICAD 2023

Pembukaan ICAD dihadiri oleh:

1. Bapak Fadjar Hutomo, Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif;
2. Sherly Yuliana, Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi, Disparekraf DKI Jakarta
3. Yogo Pramulya Supomo, Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi Kemendikbudristek RI
4. Edwin Nazir, Festival Director ICAD 13
5. Dewi Gontha, Kurator KEN 2023
6. Kurator & Seniman ICAD 13
7. Perwakilan Direktorat Event Daerah, Kemenparekraf
8. Keluarga Benyamin Suaeb
9. Para Undangan dan Pelaku Seni dan Design

Adapun rangkaian acara pembukaan ICAD 2023 antara lain:
1️⃣ Pemutaran Video Greetings untuk partners dan sponsor ICAD 2023

2️⃣ Sambutan dari Grand Kemang Hotel, Bapak Bernhard Kammerlohr yang menyampaikan kebanggaannya bisa menjadi tempat penyelenggaraan ICAD 2023. Dengan adanya event ini, hotel Grand Kemang menjadi lebih berbeda karena ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi icon ICAD selama beberapa tahun terakhir.

3️⃣ Pengenalan 54 seniman ICAD oleh curator ICAD, Amanda Ariawan dan Tjuk Rahayu

4️⃣ Performance Tribute to Benyamin Sueb oleh Klassikhaus + Dea

5️⃣ Peresmian Pembukaan ICAD 2023 secara simbolis dengan bernyanyi lagu “Hujan Gerimis” dengan para tamu VVIP

6️⃣ Peninjauan beberapa karya yang ditampilkan ICAD 2023 oleh Bapak Fadjar Hutomo dan undangan lainnya

✳️ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan:

♦️ Penyelenggaraan press conference dan opening ICAD 2023 berlangsung dengan baik dan mendapat respon positif dari para undangan, media serta influencer yang hadir.
♦️ Karya yang ditampilkan sangat menarik dan selalu menghadirkan karya-karya baru yang meresponi fenomena terkini dan dekat dengan issue yang berkembang di masyarakat.

 

 

1. Suasana Press Conference ICAD 2023 dengan salah satu narasumber Bapak Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif

 

2. Acara Pembukaan ICAD yang dihadiri oleh Bapak Fadjar Hutomo, Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis dan Penampilan Special Tribute to Benyamin Suaeb

 

3. Suasana saat meninjau beberapa karya seni kontemporer ICAD di Grand Kemang, Jakarta Selatan
Author: Ahmad Triadi

Tinggalkan Balasan