Bintan Culture Festival 2023

Bintan Culture Festival 2023 yang telah diselenggarakan pada Sabtu, 1 Desember 2023 di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan ini merupakan salah satu event Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum

▫️ Bintan Culture Festival 2023 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan sejak tahun 2007. Kegiatan tahun ini telah diselenggarakan di Halaman Gedung Ex-Astaka MTQ Trikora, Kawasan Perkantoran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, pada tanggal 1 Desember 2023 bertepatan dengan malam puncak Hari Jadi Kabupaten Bintan ke-75 tahun.

▫️ Bintan Culture Festival 2023 mengangkat tema “Pariwisata Maju, Budaya Lestari” dengan tujuan melestarikan khazanah budaya daerah dan memberikan ruang ekspresi bagi para pelaku seni di Kabupaten Bintan serta diharapkan dapat menjadi daya tarik pariwisata baru untuk menarik wisatawan mancanegara maupun nusantara.

▫️ Rangkaian kegiatan pendukung Bintan Culture Festival 2023 sebagai berikut:
– Festival Kuliner Kota Tua Bintan 2023 di Pasar Inpres pada 24 s.d. 26 November 2023.
– Pawai Budaya 2023 di Tanjung Uban pada 27 November 2023.
– Bintan Sejahtera dan Temu Karya Desa Expo di Kawasan Perkantoran Disbudpar Kabupaten Bintan pada 29 November s.d. 1 Desember 2023.

▫️ Adapun rangkaian kegiatan Bintan Culture Festival 2023 meliputi penampilan Tari Zapin Budaya Kolosal, penampilan Tari Kreasi Makyong, penampilan tari dan musik Melayu, bazar Ekraf/UMKM, serta penampilan artis nasional.

▫️ Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Kemenparekraf/Baparekraf RI, Bapak Vinsensius Jemadu;
2. Bupati Bintan, Bapak Roby Kurniawan;
3. Bupati Tuban, Bapak Aditya Halindra Faridzky;
4. Wakil Bupati Bintan, Bapak Ahdi Muqsith;
5. Kepala Dinas Kabudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, Bapak Arief Sumarsono;
6. Perwakilan Direktorat Event Daerah, Kemenparekraf/Baparekraf RI;
7. Unsur Forkopimda Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten Bintan;
8. Para akademisi, tokoh masyarakat, dan komunitas;
9. Para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif; serta
10. Masyarakat Kabupaten Bintan dan sekitarnya.

2️⃣ Rangkaian Kegiatan

▫️ Penampilan musik oleh Dermaga Musica.
▫️ Penyambutan Tamu Kehormatan dengan atraksi Pencak Silat Merah Delima.
▫️ Pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan.
▫️ Penampilan lagu Anak Pulau oleh Tuan Angah.
▫️ Penayangan video Hari Jadi ke-75 Kabupaten Bintan.
▫️ Penampilan Zapin Budaya Kolosal yang ditampilkan oleh 30 orang penari dari Sanggar Kreasi Guru.
▫️ Penayangan video penyambutan oleh Bupati Bintan.
▫️ Penampilan nyanyian Pulau Bintan dan Gurindam Jiwa oleh Sanggar Sirih Junjung.
▫️ Penampilan Tari Kreasi Makyong oleh Sanggar Kreasi Guru.
▫️ Penayangan video pembangunan Kabupaten Bintan.
▫️ Pertunjukan kembang api.
▫️ Penampilan bintang tamu utama, grup band RAN.
▫️ Bazar UMKM dan Temu Karya Desa Expo selama kegiatan berlangsung.

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan

▫️ Bintan Culture Festival 2023 telah terselenggara dengan menampilkan pertunjukan musik dan seni budaya serta pameran produk ekonomi kreatif yang melibatkan UMKM dan pelaku ekraf dari 36 desa di Kabupaten Bintan. Namun, konten kegiatan yang disuguhkan pada Bintan Culture Festival 2023 masih dalam rangka perayaan Hari Jadi Kabupaten Bintan ke-75 serta eksposur pembangunan Kabupaten Bintan, sehingga perlu adanya evaluasi dalam mengangkat keunikan dan identitas Bintan Culture Festival, khususnya nilai sejarah serta kekayaan budaya dan ragam tradisi di Kabupaten Bintan sebagai unique selling point daerah. Berangkat dari hal tersebut, tujuan pelaksanaan Bintan Culture Festival tahun ini perlu dievaluasi dan ke depannya diharapkan dapat tetap sejalan dengan tujuan Karisma Event Nusantara (KEN), di mana seluruh kegiatan difokuskan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan serta memberikan dampak positif bagi sektor parekraf khususnya di Kabupaten Bintan.

▫️ Waktu pelaksanaan Bintan Culture Festival ke depannya dapat dilaksanakan selama beberapa hari pada akhir pekan atau hari-hari libur sehingga diharapkan mendatangkan banyak pengunjung serta memberikan dampak ekonomi yang lebih kepada pelaku event, pariwisata, dan ekonomi kreatif yang terlibat.

▫️ Perlunya evaluasi pada penataan tata letak venue yang dapat memperlihatkan keindahan pantai sekitar venue serta dapat meningkatkan pengaturan penempatan gerbang masuk dan keluar, toilet dan mushola yang bersih, area parkir, area bazar UMKM, akses keluar masuk dan tangga tambahan pada area panggung VIP, serta pengaturan area pengunjung dan awak media. Hal ini perlu didukung perencanaan serta manajemen event yang disesuaikan dengan karakteristik lokasi kegiatan. Penanganan ini dapat didukung dengan rambu petunjuk dan informasi serta denah area lokasi kegiatan.

▫️ Estetika acara secara keseluruhan masih perlu ditingkatkan dengan memadukan dekorasi yang lebih mengangkat unsur-unsur kearifan lokal di Kabupaten Bintan yang menggambarkan identitas Bintan Culture Festival.

▫️ Area bazar UMKM cukup baik, namun produk yang ditampilkan cenderung sama/sejenis, diharapkan ke depannya dapat ditingkatkan dengan memperbanyak variasi produk kuliner dan ekraf lainnya yang mengangkat kedaerahan khas Kabupaten Bintan, selain itu area bazar perlu disediakan meja dan tempat duduk yang teratur serta tempat sampah di beberapa titik yang terjangkau.

▫️ Penanganan aspek keselamatan dan kenyamanan pengunjung pada kegiatan ini dapat ditingkatkan dengan menyediakan signage, jalur evakuasi, posko kesehatan, pusat informasi, ambulans, toilet dan WC portable bersih, mushola/tempat ibadah, dan mobil pamadam kebakaran.

▫️ Penanganan aspek kebersihan pada kegiatan ini dapat ditingkatkan dengan menyediakan tempat sampah yang terjangkau di berbagai tempat serta perlunya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

▫️ Dalam mewujudkan Kabupaten Bintan sebagai destinasi wisata yang berkualitas dan berkelanjutan dengan prinsip sustainablity development, kualitas event Bintan Culture Festival dapat ditingkatkan dengan mendukung ke arah tersebut, mulai dari pengemasan konsep, konten acara, dan dekorasi, hingga adanya upaya pemilahan serta pengolahan sampah.

▫️ Konsep Bintan Culture Festival dalam bahan promosi sudah cukup baik dan dapat ditingkatkan dengan menciptakan logo event serta menampilkan desain yang menarik dan konsisten dalam upaya menyampaikan pesan utama (key visual) serta menciptakan brand yang kuat dan unik. Hal ini dapat didorong strategi promosi secara konvensional, yaitu di antaranya dengan menampilkan umbul-umbul, baliho, OOH atau menayangkan iklan di tempat-tempat strategis seperti hotel dan bandara. Selain itu, promosi secara digital dapat ditingkatkan dengan menciptakan website maupun sosial media khusus Bintan Culture Festival yang secara konsisten dan berkelanjutan menghadirkan bahan promosi dengan narasi menarik. Penggunaan bahasa disarankan setidaknya menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin, mengingat kegiatan ini berpotensi untuk berkembang di kancah nasional maupun internasional. Dalam website tersebut, dapat ditambahkan berbagai informasi pariwisata lainnya, termasuk informasi berbagai alternatif ke Kabupaten Bintan.

▫️ Ke depannya Bintan Culture Festival diharapkan dapat bekerja sama dengan berbagai stakeholder dalam menyusun pola perjalanan wisata maupun paket wisata dengan mengedepankan storynomics yang kuat. Hal ini dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun nusantara untuk berkunjung ke Kabupaten Bintan terutama saat pelaksanaan Bintan Culture Festival setiap tahun.

Terlampir dokumentasi kegiatan Bintan Culture Festival 2023.

Penyambutan tamu kehormatan dengan atraksi silat, pembacaan doa, dan penampilan tari dan musik tradisi Melayu.
Penampilan Tari Zapin Kolosal, Tari Kreasi Makyong, dan pertunjukan kembang api.
Pertunjukan musik oleh grup band lokal dan nasional.
Pergelaran bazar UMKM dan produk ekraf dari 36 desa di Kabupaten Bintan.
Author:

Tinggalkan Balasan