Press Conference dan Opening Jakarta Dessert Week (JDW) 2023

Laporan pelaksanaan kegiatan Press Conference dan Opening Jakarta Dessert Week (JDW) 2023. Kegiatan ini diselenggarakan pada Minggu, 24 September 2023 di Plaza Indonesia, DKI Jakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu event Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

✳️ Gambaran umum JDW 2023:
▪️Jakarta Dessert Week (JDW) merupakan festival industri dessert dan pastry yang menyatukan 100+ brand restoran skala korporasi hingga home industry. JDW bertujuan mendukung ekosistem industry dessert di Jakarta dengan memberikan ruang kreatif bagi pelaku. Pemilihan partisipan didasari penilaian terhadap kualitas produk, narasi, dan eksistensi oleh pendiri JDW: Gupta Sitorus, Primo Rizky, Tria Nuragustina, Kevindra Soemantri, dan Talita Setyadi.
▪️Tahun 2023 merupakan tahun penyelenggaraan JDW yang kelima dan mengangkat tema “Folklore”. Melalui tema ini para chef dessert ditantang untuk menciptakan dessert yang unik berkaitan dengan keunikan legenda/cerita rakyat dimiliki Indonesia maupun dari budaya luar. JDW 2023 diselenggarakan selama 4 minggu (24 September -22 Oktober 2023) di berbagai lokasi di DKI Jakarta.

A. PRESS CONFERENCE DAN OPENING JDW 2023
🔹Diadakan di La Moda Restaurant, Plaza Indonesia pada Minggu , 24 September 2023
🔹Dihadiri oleh:
1. Bapak Fadjar Hutomo, Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif;
2. Gery Irvandi – Digital, PR, Marcomm, and Design Senior Manager Plaza Indonesia;
3. Chef Yuda Bustara, Celebrity Chef
4. Bapak Revie Jefta Akhwilla, Category Development Senior Lead Tokopedia
5. Adinda Meycy Aksari – Wakil Kepala Sekertariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL)
6. Para Founder Jakarta Dessert Week (Gupta Sitorus, Primo Rizky, Tria Nuragustina, Kevindra Soemantri, & Talita Setyadi)
7. Trindiana Tikupasang, Ketua Tim Kerja Event Daerah Wilayah Jawa;
8. Jurnalis dan blogger.

🔹Rangkaian Acara:
a. Acara Press Conference dibuka dengan sambutan-sambutan antara lain oleh:

1️⃣ Founder JDW, Bapak Gupta Sitorus yang memaparkan poin-poin sebagai berikut:
🔺 JDW 2023 adalah penyelenggaraan kelima dan selalu menghadirkan acara yang baru dan fresh serta ditunggu-tunggu oleh penikmat dessert.
🔺Tahun ini JDW menghadirkan Medan Dessert Week yang sukses mendatangkan 60.000 pengunjung dan membuat kota Medan sangat macet.
🔺Mengucapkan terima kasih kepada para sponsor, media, restoran dan chef yang sudah berkolaborasi demi kesuksesan JDW. Khususnya kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui program KEN yang sudah mendukung JDW sebanyak 3 kali.

2️⃣ Sambutan dari Bapak Gery Irvandi, yang memaparkan poin-poin berikut:
🔺Plaza Indonesia sangat terhormat menjadi bagian dari JDW 2023.
🔺Plaza Indonesia menjadi Official Venue Partner JDW 2023 mulai dari Preskon, Pameran Foto Chefs Bersama Oppo, dan menjadi tempat kehadiran Chefs JDW untuk demo masak.

3️⃣ Sambutan dari Bapak Fadjar Hutomo, Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis memaparkain poin-poin sebagai berikut:
🔺 Tema JDW 2023 sangat related dengan pariwisata yang berusaha menghadirkan kenyamanan, kebahagian, experience yang tidak akan terlupakan ketika berkunjung ke Indonesia.
🔺 Penyelenggaraan JDW di Medan sudah memberikan kontribusi bagi peningkatan wisatawan di Indonesia. Kami berharap JDW di Jakarta lebih besar lagi mendatangkan wisatawatan dan mendukung pencapaian target Kementerian Pariwisata sebesar 8 juta wisatawan mancanegara dan 1,2 M wisatawan nusantara.

b. Acara dilanjutkan dengan Talkshow Bersama para sponsor JDW antara lain:

1️⃣ Talkshow bersama PT Map Boga Adiperkasa TBK. dan Chef Yuda Bustara.
2️⃣ Talkshow bersama Oppo dan Chef Bara Pattiradjawane.
3️⃣ Talshow bersama Tokopedia dan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL)

c. Peresmian Pembukaan JDW 2023 secara simbolis dengan membunyikan Angklung bersama para founder JDW, Bapak Fadjar Hutomo dan narasumber lainnya.

d. Sesi peninjauan dessert table bersama Bapak Fadjar Hutomo didampingi Chef Yuda Bustara yang menjelaskan berbagai menu limited edition di JDW 2023.

B. PROGRAM ACARA JDW 2023

Berikut tiga program JDW 2023:

a. Tanggal 25 September – 22 Oktober 2023
1. City Takeover, mengajak publik jajan ke 100+ titik restoran, kafe, pastry shop, hingga gelato parlor dari 40 brand terkurasi
2. Dessert Markt at Aloha PIK, menawarkan 30+ tenant UKM/UMKM

b. Tanggal 9- 22 Oktober 2023
3. JDW by Tokopedia, sebagai landing page jajan berisi 50+ merchant terkurasi

C. Kesimpulan Penyelenggaraan Press Conference dan Pembukaan JDW 2023

✳️ Penyelenggaraan press conference dan opening JDW berlangsung dengan baik dan mendapat respon positif dari para undangan dan pengunjung mall.
✳️ Dessert yang ditampilkan sangat menarik dan para pengunjung dapat menikmati dessert-dessert yang disuguhkan selama acara press conference dan pembukaan acara berlangsung.

 

 

 

1. Sambutan dari Founder JDW, Senior Manager Plaza Indonesia, dan Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf pada Presscon dan Opening JDW 2023

 

2. Sesi Talkshow bersama para sponsor JDW

 

3. Seremonial Pembukaan JDW dengan membunyikan angklung dan peninjauan dessert table bersama Chef Yuda Bustara

 

4. Sambutan dari Founder JDW, Senior Manager Plaza Indonesia, dan Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf pada Presscon dan Opening JDW 2023

 

Author: Ahmad Triadi

Tinggalkan Balasan