Digi-Talk Fest 2023

Kegiatan Digi-Talk Fest 2023 yang diselenggarakan pada 13 September 2023 di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

🟡Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi;
2. Bapak Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif;
3. Bapak Yasonna Laoly, Menteri Hukum dan HAM;
4. Bapak Silmi Karim, Dirjen Imigrasi;
5. Ibu Pramella Y. Pasaribu, Ketua Bataknese Professional Association
6. Ibu Yuana Rochma, Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital (D7)
7. Bapak Syaifullah, Direktur Manajemen Industri (D4)
8. Bapak Trio Dewangga, Ketua Pokja MFPA, Dit. Event Nasional dan Internasional (D6)
9. Adam Putra Jaya, CEO Si Cepat
10. Jeffrey Wang, Vice President of Management Transformation Huawei
11. Erix Soekamti, Musisi dan Pendiri Desa Wisata Gelangrejo
12. Rudi Kurniawan, Head of Commercials of South East Asia Snackvideo
13. Para Narasumber (Arif Muhammad, Kunto Aji, Ayu Larasati, Adian Aditama, The Barinka Family, dll)

🟠Rangkaian kegiatan Digi-Talk Fest 2023 :
1️⃣Penampilan Kesenian Pembuka;

2️⃣ Penyampaian Sambutan dan Paparan Narasumber VVIP:
🔸Sambutan Ibu Pramella Y. Pasaribu, Ketua Bataknese Professional Association:
a)Digi-Talk Fest merupakan salah satu upaya dari para professional muda untuk memikirikan pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19 melalui digitalisasi. Ini adalah salah satu cita-cita Bapak Presiden RI untuk meningkatkan dan mengedepankan UMKM sebagai pemulih perekonomian.
b) Kolaborasi pemerintah dan pihak swasta sangat diperlukan dalam penguatan ekonomi karena sektor swasta adalah mesin utama penggerak pertumbuhan ekonomi demi menciptakan lapangan kerja, tingkat produktivitas dan inovasi.
c) Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi para peserta yang hadir bahwa kolaborasi antara budaya, teknologi, regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, dan industri swasta dapat membantu UMKM dalam memasarkan produk mereka bahkan menciptakan nilai tambah bagi ekonomi kreatif.
d) Pemerintah dapat merancang kebijakan fiskal dan moneter yang mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang, dan menjadi fasiltator pembangunan kesejahteraan masyarakat.

🔸Pemaparan Bapak Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif :
a) Indonesia masuk 3 besar ekonomi kreatif di dunia. Oleh karena itu, Menparekraf mengajak semuanya untuk berkolaborasi, berinovasi dan beradaptasi.
b) Menparekraf mengatakan bahwa pelaku UMKM yang hadir harus rajin posting produk di sosial media untuk meningkatkan pemasaran produknya. Menparekraf menginginkan bahwa UMKM harus naik kelas dan tidak jalan di tempat agar bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya.
c) Kemenparekraf selalu menekankan Inovasi, Adaptasi, Kolaborasi dan budaya kerja 3G (Gercep, Geber, Gaspol) dalam memajukan 17 Subsektor ekonomi kreatif diantaranya fesyen, kuliner, kriya, seni pertunjukkan, seni musik, dll.
d) Pada tahun 2024, dengan bantuan ekonomi digital kita membidik penciptaan 4,4 juta lapangan kerja dan merasa sangat terbantu dengan event Digi-Talk Fest karena mengangkat produk UMKM kita untuk bisa terdigitalisasi dan berharap event ini bisa dilakukan setiap tahunnya.

🔸Pemaparan Bapak Yasonna Laoly, Menteri Hukum dan HAM :
a) Dari sebanyak 64 juta Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), baru sebanyak 10% yang mendaftarkan KI-nya (Kekayaan Intelektual) . Itulah sebabnya Kemenkumham berkeliling ke daerah-daerah untuk mendorong para UMKM untuk mendaftarkan KI-nya.
b) Pendaftaran KI menjadi penting agar menghindari kemunculan merek dan produk yang sama yang pada akhirnya menimbulkan masalah antar pelaku UMKM.
c) Pelaku UMKM juga harus berpikir secara kreatif dan tidak menciptakan satu produk saja namun beragam, karena dari dari satu produk yang memiliki banyak turunan yang dapat didaftarkan KI nya sehingga menjadi keunggulan bagi para pelaku UMKM.

🔸Pemaparan Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi :
a) Dengan sumber daya yang dimiliki, Indonesia berpotensi menjadi ekonomi terbesar ke-4 dunia pada tahun 2045. Indonesia memiliki cadangan timah terbesar ke-2 dunia, cadangan bauksit ke-4 di dunia, dan tembaga terbesar ke-7 di dunia.
b) Untuk menjaga pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan, Indonesia harus terus mengutamakan industrialisasi melalui hilirisasi untuk pertumbuhan dan ketahanan ekonomi ; Dekarbonisasi; Distribusi Ekonomi; Interkoneksi; Pendidikan; dan yang juga penting adalah Digitalisasi pemerintahan yang efisien, transparan, dan inklusif.
c) Perekonomian digital yang sangat besar harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Indonesia agar mengurangi celah untuk korupsi karena semua sudah dapat dicek melalui sistem pembelian digital.

🔸Sesi talkshow Bersama para narasumber diantaranya : Arif Muhammad, Kunto Aji, Ayu Larasati, Adian Aditama, The Barinka Family, CEO Sicepat, Huawei, dll.

4️⃣ Penyerahan Souvenir Eksklusif dari Ketua Panitia kepada para narasumber.

5️⃣Penampilan Penutup oleh Ghea Indrawari dan Doorprize bagi peserta.

🟠Kesimpulan :
Kegiatan Digi-Talk Fest 2023 dengan tema “Strengthening Creative Economy Through Culture Along with The Power of Technology” mendapat respon yang baik, hal ini dapat dilihat dari antusias para pelaku UMKM yang hadir yang terdiri dari asosiasi maupun perorangan. Peserta yang mendaftar sebanyak 600 orang lebih datang dari berbagai latar belakang sub sektor ekonomi kreatif seperti kuliner, fesyen, dan kriya yang berasal dari daerah Jabodetabek untuk mendengarkan pemaparan para narasumber, mendaftarkan hak kekayaan intelektual usahanya, maupun mendaftarkan Perusahaan perseorangannya.
Menparekraf dan peserta berharap, DigiTalk Fest dapat diselenggarakan kembali di masa yang akan datang.

Author:

Tinggalkan Balasan