Festival Gandrung Sewu 2023

Laporan kegiatan Festival Gandrung Sewu 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 14 – 16 September 2023 di Pantai Marina Boom, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum Festival Gandrung Sewu 2023

🟣 Festival Gandrung Sewu merupakan festival tahunan Kabupaten Banyuwangi yang diikuti oleh ribuan penari Gandrung. Event ini diselenggarakan sejak tahun 2012, yang pada awalnya digelar untuk memperkenalkan kebudayaan khas Banyuwangi, khususnya Gandrung.
🟣 Tahun ini, Festival Gandrung Sewu kembali hadir dengan menmgusung tema “Omprog: The Glory of Art.” Omprog adalah mahkota penari Gandrung yang tak hanya bernilai seni tinggi tetapi juga syarat akan makna sebagai pelindung kepala yang menjaga para penari agar selalu berada dalam kesadaran dan mampu mengendalikan diri.
🟣 Berbeda dari tahun sebelumnya, Festival Gandrung Sewu 2023 berkolaborasi dengan Semarak Dirgantara yang diusung oleh TNI AU.

2️⃣ Rangkaian Kegiatan Festival Gandrung Sewu 2023

🔴 Hari Ke-1 (Kamis, 14 September 2023)

🔹 Padang Bulanan
Rangkaian acara yang menampilkan atraksi tarian dari berbagai sanggar di Banyuwangi.

🔴 Hari Ke-2 (Jumat, 15 September, 2023)

🔹 Meras Gandrung
Meras Gandrung adalah ritual yang diberikan kepada penari gandrung sebagai tanda kelulusan. Para penari yang telah menjalani Meras Gandrung dinyatakan siap untuk tampil dalam pentas Gandrung Terob secara utuh, menampilkan Tari Gandrung sesuai pakem-pakemnya. Prosesi ini dipimpin oleh Maestro Gandrung, Mak Temuk. Bupati Banyuwangi, Ibu Ipuk Fiestiandani, secara simbolis memakaikan Omprog. Prosesi Meras Gandrung ini diikuti beberapa perwakilan penari.

🔴 Hari Ke-3 (Sabtu, 16 September, 2023)

🔸Upacara Pembukaan Festival Gandrung Sewu 2023 dihadiri oleh:
1. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Bapak Abdullah Azwar Anas;
2. Duta Besar Norwegia, Mrs. Rut Krüger Giverin;
3. Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa;
4. Bupati Banyuwangi, Ibu Ipuk Fiestiandani;
5. Bupati/Walikota se-Jawa Timur atau yang Mewakili;
6. Perwakilan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf RI, Staf Ahli Bidang Inovasi Dan Kreativitas, Bapak Restog Krisna Kusuma;
7. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf RI, Ibu Ni Made Ayu Marthini;
8. Jajaran Pimpinan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi;
9. Pejabat TNI Angkatan Udara;
10. Pimpinan Redaksi Media.

🔹 Santunan Anak Yatim
🔹 Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
🔹 Pembacaan Doa
Oleh Kepala Kementerian Agama Banyuwangi.
🔹 Sambutan oleh Bupati Banyuwangi, Ibu Ipuk Fiestiandani
– Kolaborasi antara Pemerintah Daerah dengan TNI Angkatan Udara memberikan wajah baru bagi pagelaran Festival Gandrung Sewu 2023.
– Tema “Omprog: The Glory of Art” ingin menunjukkan seni sebagai bahasa universal yang mampu memvisualkan nilai-nilai kebaikan dan kebajikan dalam kehidupan masyarakat Banyuwangi dengan cara yang indah dan menyentuh hati.
– Festival Gandrung Sewu bertujuan memberikan ruang yang lebih luas bagi anak-anak muda Banyuwangi untuk mengekspresikan kecintannya terhadap kebudayaan khas Banyuwangi.
🔹 Penayangan VT Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf RI
🔹 Sambutan oleh Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa
– Harapannya event Festival Gandrung Sewu mampu meningkatkan ekonomi, kreativitas, produktivitas, dan kesejahteraan masyarakat Banyuwangi.
– Penyelenggaraan Festival Gandrung Sewu dapat membawa pariwisata Banyuwangi ke tingkat internasional. Terlebih event tersebut sudah masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).
🔹 Tarian Pembuka
🔹 Penerjunan Bendera
Terdapat 15 bendera yang dibawa oleh para penerjun, diantaranya yaitu bendera: Gandrung Sewu, Pemprov Jawa Timur, Pemkab Banyuwangi, Karisma Event Nusantara (KEN), dan Wonderful Indonesia.
🔹 Flypass Pesawat Tempur
4 Pesawat Tempur EMB-314 Super Tucano dan 3 Pesawat Tempur T-501 Golden Eagle.
🔹 Pagelaran Gandrung Sewu 2023
Tari Kolosal Gandrung ini diikuti oleh 1200 penari dan 150 talenta pendukung, yang terdiri dari anak-anak muda Banyuwangi. Pagelaran berlangsung selama 45 menit dengan iringan musik secara live. Di akhir pagelaran, terdapat 4 Pesawat Tempur EMB-314 Super Tucano yang melintas di atas penonton dan penari.
🔹 Sesi Foto Bersama
Foto bersama diikuti oleh para tamu undangan.

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan
🔹 Secara garis besar, Festival Gandrung Sewu 2023 telah terlaksana dengan sukses dan lancar. Event tersebut telah berhasil melibatkan 1.290 pemuda Banyuwangi sebagai penari Gandrung, penyanyi, serta pemain musik iringan Tari Gandrung. Pagelaran Gandrung Sewu telah menjadi ikon budaya Kabupaten Banyuwangi yang dapat meningkatkan brand pariwisata Banyuwangi, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi.
🔹 Selain karena pemandangan pantai dan gunung yang memukau sebagai latar penyelenggaraan, keberadaan festival ini dapat menambah kunjungan wisatawan ke Pantai Marina Boom, yang berdampak positif bagi pendapatan daerah serta para pelaku ekonomi kreatif di sekitar kawasan pantai.
🔹 Koordinasi dengan penyelenggara event sudah cukup baik, lancar, dan komunikatif.
🔹 Kebersihan lokasi acara terjaga dengan baik, tersedia tempat pembuangan sampah yang memadai. Serta terdapat beberapa petugas kebersihan yang membantu menjaga agar lokasi event tetap bebas sampah. Lalu penyelenggara juga bekerjasama dengan lembaga wirausaha sosial yang bergerak di bidang lingkungan dan pariwisata berkelanjutan, Emvitrust.
🔹 Terdapat amenitas yang layak terletak di sekitar venue, sehingga dapat mendukung jalannya event Festival Gandrung Sewu 2023, termasuk tersedianya pemadam kebakaran, ambulans, dan toilet.
🔹 Telah ada perbaikan dari penyelenggaraan tahun lalu terkait penataan tempat duduk di area VVIP, yaitu dengan menambah level di area tersebut. Namun, masih perlu manajemen keramaian yang dapat mengatur para tamu undangan sehingga semua penonton dapat menyaksikan pertunjukan dengan nyaman. Perlu juga penambahan area penonton reguler.
🔹 Kolaborasi dengan beberapa UMKM sudah terjalin dengan baik, mulai dari tersedianya cinderamata Gandrung Sewu, oleh-oleh khas Banyuwangi, hingga stand makanan dan minuman. Namun, perlu dilakukan kurasi pada UMKM yang akan terlibat, sehingga dapat menambah variasi dan kualitas produk UMKM yang dijual.
🔹 Antusiasme media untuk meliput Festival Gandrung Sewu 2023 perlu dukungan adanya Media Center di sekitar venue, agar memudahkan para media untuk mencari informasi terkait penyelenggaraan event tersebut.

 

1. Sambutan oleh Gubernur Jawa Timur dan Bupati Banyuwangi

 

2. Penerjunan Bendera dan Flypass Pesawat Tempur

 

3. Pagelaran Gandrung Sewu 2023

 

4. Stand UMKM
Author: Ahmad Triadi

Tinggalkan Balasan