Solo Internasional Performing Art (SIPA) 2023

Solo Internasional Performing Art (SIPA) 2023 yang telah berlangsung pada tanggal 31 Agustus – 2 September 2023, di Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah.

Berikut poin-poin yang dapat dilaporkan:

1️⃣ Gambaran umum Solo International Performing Art (SIPA):
▫️Solo International Performing Arts (SIPA) adalah pergelaran maha karya seni bertaraf internasional yang menampilkan penari, pemusik dan pemain teater dari Indonesia dan Manca Negara. Tahun 2023 ini merupakan penyelenggaraan SIPA kali ke-15 sejak kali pertama diselenggarakan pada tahun 2009.

▫️SIPA sudah berkolaborasi dengan Kemenparekraf sejak tahun 2011 dengan masuk 100 Kalender Event dan masuk Kharisma Event Nusantara (KEN). Tahun ini SIPA masuk dalam event Internasional karena dipandang sudah mapan dan bisa berdiri sendiri sebagain Event yang bertaraf Internasional.

▫️Pertunjukan yang digelar di panggung SIPA diikut seniman dari beberapa negara antara lain: Lithuania, Jepang, Korea, Taiwan, Singapura, Malaysia dengan setiap sajian selalu kolosal, dengan memanfaatkan panggung spektakuler di Benteng Vastenburg sebagai latarnya.

2️⃣ Solo International Performing Art (SIPA) dihadiri oleh:
1. Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
2. Puan Maharani (Ketua DPR RI)
3. Gibran Rakabuming Raka (Walikota Surakarta)
4. D.B. Susanto (Kejaksaan Negeri Surakarta)
5. Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (Adipati Mangkunegaran X)
6. Setyo Irawan (Kepala Bidang Pemasaran, DIsporapar Prov. Jawa Tengah)
7. Irawati Kusumorasri (Direktur SIPA)
8. Eko Supriyanto (Eko Dance Company)
9. Ms. Shin Eunju (Executive Director and Artistic Director of Busan International Dance Festival)
10. Ms. Yoo Jinsook (Managing Director of Director of Busan International Dance Festival)
11. Shahanum Mohd Shah (Penolong Naib Canselor, Kolej Pengajian Seni Kreatif, Hub Media Kreatif & Teknologi, Universiti Teknologi MARA)
12. Dinda Nur Safira (Finalis Putri Indonesia 2023)

3️⃣ Panitia SIPA 2023 telah merancang beberapa acara baru dalam menggelar festival SIPA 2023 ini,
yaitu :

⚪ SIPA SHOW CASE STAGE
Kegiatan ini merupakan ajang etalase seni bagi komunitas muda Indonesia khususnya kota Solo dan sekitarnya untuk saling menampilkan karya mereka. Dalam eksekusi nyata tahun ini, SIPA 2023 menampilkan panggung komunitas ini di Solo Paragon Mall (29 Juli 2023), Terrace The Park Mall bertajuk Diversity Stage (12 Agustus 2023), Jalur Gatot Subroto – Ngarsopuro SIPA On The Street (26 Agustus 2023), dan Car Free Day Kota Solo (27 Agustus 2023).

⚪ SIPA ART CLASS (SIPA X LOKANANTA)
Kelas seni SIPA merupakan salah satu ajang belajar bersama bagi seluruh peminat dalam bidang seni tari, seni musik, seni teater, dan seni rupa. Kelas Seni bekerjasama dengan SMK Negeri 8 Surakarta dan Sanggar Seni di Solo Raya :
1. Workshop koreografi dari Korea (Koreografer Na Hoon Park), 31 Agustus 2023
2. Workshop tari dari Lithuania (AURA Dance Theatre), 1 September 2023
3. Workshop Manajemen Seni Pertunjukan kepada siswa SMK Negeri 8 Surakarta.

⚪ SIPA MART
SIPA berinisiatif membuka pasar yang luas dengan mempertemukan antara seller (seniman) dengan buyer (event director, event organizer, production house, agency management, dll) sejak tahun 2018 yang bertajuk SIPA MART. Kegiatan ini akan dibalut dengan pertemuan secara table top eksklusif antara seller dan buyer. SIPA Mart, etalase seni pertunjukan ini diselenggarakan Sabtu, 2 September 2023, Jam 12.00 WIB di Pendapa Rumah Dinas Walikota Surakarta/ Gedung BI Solo.

⚪ SIPA URBAN MARKET
SIPA menggandeng komunitas – komunitas muda dan hobbies serta artisan muda untuk menggelar karya mereka di SIPA URBAN Market pada 31 Agustus-2 September 2023 di Beteng Vastenburg, Solo, pukul 16.00-23.00 WIB. Kemeriahan dan keriuhan pasar Urban tergelar pada sore hingga malam.

⚪ COLABORATION STAGE
SIPA 2023 bekerjasama dengan SMK Negeri 8 Surakarta akan menggelar beberapa pertunjukan karya delegasi seni dari dalam dan luar negeri untuk tampil di Auditorium Konservatori Padmanegara dalam SIPA Collaboration Stage. SIPA Collaboration Stage digelar pada hari Jumat, tanggal 1 September 2023 jam 19.00.

4️⃣ Penampilan karya seni & tari yang tampil pada Solo International Performing Art (SIPA) 2023 antara lain :
▫️Peserta Luar Negeri
1. Aura Dance Theatre (Lithuania)
2. College of Creative Arts UiTM (CCA) x Anak Seni Asia (ASA), (Malaysia)
3. Miray Kawashima & Yuuka Koyama (Jepang)
4. N-Lions Taekwondo Demonstration Team – Korea Cultural Center (KCC)
Indonesia (Korea)
5. Maya Dance Theatre (Singapore)
6. Chinese Youth Goodwill Association (Taiwan)
7. Parknahoon Company in Cooperation with UPI University Indonesia (Korea)
8. Singapore Chinese Dance Theatre (Singapore).

▫️Peserta Dalam Negeri
1. Pulung Dance Studio (Yogyakarta)
2. Gubang Art Comunity (Kutai Kartanegara)
3. Sumatera Etnik (Medan)
4. Sanggar Seni 8 Art Sutra (Kendari)
5. Sanggar Menjulang Budaya Meskom Bengkalis (Riau)
6. De Tradisi (Medan)
7. Nuansa Etnik Ansambel (Banjarmasin)
8. S. Sophiyah. K & Tilik Sarira Creative (Bandung & Surakarta)
9. Sanggar Seni Budaya Segah Batuah Tewah (Kalimantan Tengah)
10. R. Danang Cahyo Wijayanto (Surakarta)
11. Terminak Olah Seni (TOS) Kutai Kartanegara
12. Adicipta Paundrakarna Production (Surakarta)
13. Izhu Nisnoni (NTT)

5️⃣ Kesimpulan dan evaluasi kegiatan:
▫️Solo International Performing Art (SIPA) 2023 yang berlangsung selama 3 hari telah terselenggara dengan cukup baik. Event yang menghadirkan seniman lokal, nasional dan internasional didukung dengan kemegahan panggung, dekorasi dan tata cahaya yang apik membuat event ini berhasil menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik, mancanegara, juga masyarakat sekitar Surakarta.

▫️Kurangnya promosi event di media luar ruang dan baliho baik di area menuju dan di sekitar Benteng segingga banyak masyarakat sekitar kurang mendapatkan informasi.

▫️Total pengunjung SIPA selama 3 hari sebanyak 16.019 pengunjung dengan rata2 pengunjung per hari sebanyak 5000 pengunjung.

▫️Partisipasi UMKM sebanyak 54 yang terdiri dari 29 kuliner, 3 foodtruck, 15 kriya dan 7 UMKM komunitas dengan perkiraan jumlah transaksi sebanyak 200 juta selama 3 hari.

▫️Jumlah pelaku seni yang tampil sebanyak 203 pelaku seni nasional dan internasional serta pergelaran SIPA melibatkan pelaku ekonomi kreatif sebanyak +- 500 orang.

Author:

Tinggalkan Balasan