Moro Borobudur 2023

Laporan kegiatan Moro Borobudur 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 8 – 9 September 2023 di Taman Lumbini, TWC Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum Moro Borobudur 2023

🟣 Moro Borobudur merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Rembug Klaster Pariwisata Borobudur, yang terselenggara pertama kali pada tahun 2020 sebagai upaya untuk membangkitkan perekonomian para pekerja seni dan event pada saat di masa pandemi COVID-19.
🟣 ‘Moro Borobudur’ yang berarti ‘Datang ke Borobudur’ mengajak wisatawan untuk hadir menikmati hiburan berupa pertunjukan seni budaya dan musik oleh artis nasional serta pameran produk UMKM yang meliputi kuliner, kriya, dan fesyen yang menampilkan kearifan lokal.
🟣 Tahun ini merupakan penyelenggaraan Moro Borobudur yang ke-4 serta untuk pertama kalinya terpilih sebagai salah satu Karisma Event Nusantara (KEN) di yang diselenggarakan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas, yaitu Candi Borobudur.

2️⃣ Rangkaian Kegiatan Moro Borobudur 2023

🔴 Hari ke-1 (Jumat, 8 Agustus 2023)

🔹 Prosesi Kirab Budaya
Moro Borobudur 2023 diawali dengan Kirab Budaya dengan rute dari Candi Pawon menuju Taman Lumbini Borobudur dengan peserta antara lain pasukan kuda, ogoh-ogoh, pentas kesenian, hingga kereta kencana.
🔹 Prosesi Pemandian Mbah Belet
Prosesi pemandian dilakukan di Museum Karmawibangga. Mbah Belet merupakan sebuah patung Buddha yang berasal dari stupa induk Candi Borobudur yang ditemukan dalam stupa dengan posisi terbenam (kebelet) oleh abu yang dipercaya merupakan abu raja-raja yang meninggal dan disimpan di stupa induk.
🔹 Upacara Pembukaan Moro Borobudur 2023
🔸Upacara Pembukaan Moro Borobudur 2023 dihadiri oleh:
1. Perwakilan Kemenparekraf/Baparekraf, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Vinsensius Jemadu;
2. Forkopimda Kabupaten Magelang;
3. Kepala Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Bapak Agung Hariyadi;
4. Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Bapak Mulyanto;
5. Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Bapak Agustin Peranginangin;
6. Direktur Utama PT. Taman Wisata Candi (TWC), Ibu Febrina Intan;
7. Para Tokoh Masyarakat, Ketua Asosiasi dan Komunitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kawasan Borobudur, Kab. Magelang dan sekitarnya;
8. Para Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
🔸Sambutan oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Vinsensius Jemadu.
– Apresiasi kepada Forum Rembug Klaster Pariwisata Borobudur yang telah berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atas terselenggaranya Moro Borobudur 2023, serta terpilihnya event tersebut ke dalam Karisma Event Nusantara (KEN).
– Pemerintah daerah yang berkolaborasi dengan masyarakat Kab. Magelang dan sekitarnya harus bisa memanfaatkan momentum penyelenggaraan event di salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas ini dengan sebaik-baiknya agar dapat mengembangkan sekaligus mempromosikan industri pariwisata dan ekraf yang ada di Magelang dan sekitarnya.
– Harapannya, event Moro Borobudur 2023 dapat memberikan dampak positif bagi aspek ekonomi, sosial, budaya, dan keberlanjutan lingkungan di daerah Magelang dan sekitarnya.
🔸 Pemukulan Bedug oleh secara bersama oleh tamu undangan sebagai tanda dibukanya Moro Borobudur 2023.
🔹 Pentas Kesenian
Daftar penampilan kesenian: Tari Dayakan oleh Wira Catra, Tari Montolan oleh Strat Borobudur, Tari Kibro Siswo oleh ST Wukir, Tari Ndolalak oleh Arum Lestari, Tari Kewan-Kewanan oleh Simo Menoreh, dan Tari Gatoloco oleh Sekar Krido Budoyo.
🔹 Penampilan musik
Penampilan musik oleh Ghea Indrawari, Jingkrak Sundang, Plenthe Percussion, For Revenge, dan Kangen Band.

🔴 Hari ke-2 (Sabtu, 9 Agustus 2023)

🔹 Penampilan musik
Penampilan musik oleh Raja Sabi, Owah Gerrband, Mrasuk, TBA, dan Tiara Andini.

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan
🔹 Moro Borobudur 2023 telah terlaksana dengan sukses dan lancar. Event yang bertujuan meningkatkan promosi dan kunjungan wisatawan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur tersebut melibatkan para pelaku UMKM yang berasal dari berbagai daerah, meliputi Magelang dan sekitarnya, Jawa Barat, serta Bali. Selain itu, penyelenggara juga memanfaatkan potensi lokal melalui kolaborasi dengan sanggar-sanggar kesenian sebagai pengisi acara di Moro Borobudur 2023 yang menampilkan tradisi dan budaya, sekaligus mendatangkan artis nasional pada puncak hiburan, antara lain Ghea Indrawari, Kangen Band, TBA, dan Tiara Andini sebagi upaya meningkatkan minat kunjungan wisatawan.
🔹 Koordinasi dengan penyelenggara event sudah cukup baik, lancar, dan komunikatif.
🔹 Lokasi penyelenggaraan Moro Borobudur 2023 di kawasan Candi Borobudur bertujuan dapat meningkatkan branding destinasi wisata Borobudur sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Selain itu, para pengunjung dapat menikmati aktivitas pendukung yang terdapat di kawasan Borobudur, seperti belajar membuat gerabah, wisata edukasi madu, dan membatik.
🔹 Kebersihan lokasi acara terjaga dengan baik, tersedia tempat pembuangan sampah yang memadai.
🔹 Tenan UMKM menyediakan fasilitas transaksi melalui QRIS yang bertujuan untuk memudahkan para pengunjung melakukan transaksi nontunai sekaligus memudahkan penghitungan nilai transaksi ekonomi yang dihasilkan dari event ini.
🔹 Moro Borobudur 2023 memberlakukan tiket bagi para pengunjung dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 170.000,- hingga Rp 325.000,- yang sudah termasuk tiket masuk ke kawasan Candi Borobudur. Hal ini menjadi poin positif bagi penyelenggaraan event Moro Borobudur 2023 karena dengan sistem tiket tersebut, jumlah pengunjung menjadi terukur dan memberikan kesan bahwa event ini memiliki kualitas yang baik. Namun, perlu diperhatikan juga kesesuaian harga tiket dengan target karakteristik pengunjung dan daya beli masyarakat agar target pengunjung tercapai.
🔹 Promosi event melalui pemanfaatan media sosial dan media digital untuk pemberitaan, serta melalui kerja sama dengan platform penjualan tiket dan penempatan media luar ruang di titik-titik yang strategis sudah cukup baik. Namun, strategi promosi masih perlu difokuskan pada target pengujung agar tercapai hasil yang diharapkan.
🔹 Ke depannya, event Moro Borobudur diharapkan dapat menjadi salah satu ikon event di Kabupaten Magelang, khususnya Candi Borobudur, serta dapat dimasukkan menjadi salah satu agenda dalam rangkaian kegiatan paket wisata di Kabupaten Magelang sebagai upaya mengoptimalkan kunjungan wisatawan.
🔹 Secara garis besar, Moro Borobudur 2023 terlaksana dengan baik, acara dapat berjalan tepat waktu dan sesuai dengan rencana. Pemilihan lokasi yang berlatar kemegahan Candi Borobudur serta waktu pelaksanaan event pada akhir pekan juga berdampak positif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Borobudur.

 

 

1. Kirab Budaya

 

2. Upacara Pembukaan Moro Borobudur 2023

 

3. Pesta Kesenian Moro Borobudur 2023

 

4. Penampilan Musik Moro Borobudur 2023 Hari Pertama

 

5. Hiburan Moro Borobudur 2023 Hari Kedua

 

6. Stand UMKM Moro Borobudur 2023
Author: Ahmad Triadi

Tinggalkan Balasan