Unima Councillor Meeting, Festival Wayang Dunia dan Seminar Internasional

Pelaksanaan kegiatan Unima Councillor Meeting, Festival Wayang Dunia dan Seminar Internasional yang diselenggarakan pada tanggal 26-30 April 2023 di Prime Plaza Hotel, Bali.

Berikut hal-hal yang dapat kami sampaikan:

1️⃣ Gambaran Umum:
🔸Unima Councillor Meeting, Festival Wayang Dunia dan Seminar Internasional merupakan kegiatan dalam rangka memperkenalkan budaya wayang Indonesia yang diselenggarakan oleh Union Internationale de la Marrionnette d’Indonnesie atau UNIMA Indonesia yaitu sebuah organisasi yang dipelopori oleh SENAWANGI.

🔸Pada tahun ini, Bali dipilih menjadi lokasi gelaran Festival Wayang Internasional. Dari 100 negara anggota UNIMA, 128 peserta dari 34 negara perwakilan berpartisipasi langsung antara lain China, Afrika, Korea, Eropa, Italia dan Spanyol. Kegiatan ini bertujuan menjaga popularitas dan kelestarian seni wayang serta menjadi wadah kreasi dalang-dalang muda.

2️⃣ Rangkaian kegiatan:
🔸Peresmian pembukaan Unima Internasional Councillor Meeting pada Rabu, 26 April 2023 pukul 19.00 WIB di Jendela Bali Restoran, GWK.
Kegiatan dihadiri oleh:
1. Mrs. Karen Smith, Presiden UNIMA Internasional
2. Bapak Samoedra Sriwidjaja, Presiden UNIMA Indonesia
3.Bapak Marsekal Madya Bambang Sulistyo, Ketua Umum SENAWANGI
4.Peserta/delegasi UNIMA dari berbagai negara
5.Para Sponsor

🔸Kegiatan ini mempunyai 2 format kegiatan, yaitu Councillor Meeting dan Festival.
a. Councillor Meeting adalah sidang yang merupakan forum Komunikasi Interaktif Budaya antar para pihak pemangku kepentingan terkait, komunitas seni dan budaya di lingkup internasional. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid di Prime Plaza Hotel Sanur.
b. Festival seni wayang digelar selama 2 hari mulai Kamis-Jumat, 27-28 April 2023 di Taman Kota Lumintang, Gedung Dharma Negara Alaya serta Beachwalk Mall Bali. Festival ini menghadirkan sejumlah warisan kekayaan dan kebudayaan nusantara yang dibawakan oleh sekitar 16 grup wayang dari Indonesia serta 2 grup puppet/sejenis wayang dari China dan Italia.

3️⃣ Adapun Kemenparekraf mendukung dalam bentuk booth pameran, perlengkapan dan produksi pagelaran, paper bag, leaflet serta souvenir wayang pada Councillor Metting di Prime Plaza Hotel Sanur.

4️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi
a) Komunikasi dan koordinasi dengan penyelenggara selama persiapan kurang lancar karena penyelenggara agak slow respon dalam berkomunikasi.

b) Ada beberapa perubahan mendadak pada susunan acara pada hari H karena menyesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta kegiatan.

c) Penanganan teknis acara dan jumlah penonton tidak melebih kapasitas lokasi kegiatan serta kebersihan disekitar area event juga terjaga dengan baik.

Demikian kami sampaikan, berikut terlampir dokumentasi serta tautan pemberitaan media kegiatan Unima Councillor Meeting, Festival Wayang Dunia dan Seminar Internasional.

 

Dokumentasi

Tautan berita:
1. https://www.kompas.tv/article/402074/gelaran-festival-wayang-internasional-di-bali-34-negara-berpartisipasi
2. https://news.okezone.com/read/2023/04/29/244/2805702/festival-wayang-dunia-2023-digelar-di-denpasar-bali
3. https://www.balipuspanews.com/denpasar-jadi-tuan-rumah-pembukaan-festival-wayang-dunia-2023.html
4. https://sultantv.co/senawangi-pelopor-unima-indonesia-siap-sukseskan-festival-unima-di-bali/
5. https://baliexpress.jawapos.com/bali/28/04/2023/jadi-anggota-unima-indonesia-punya-kelas-pedalangan-dari-tingkat-sekolah/
6. https://www.detik.com/bali/berita/d-6693487/bali-terpilih-gelar-seni-wayang-internasional-34-negara-terlibat-loh

Tinggalkan Balasan