Rakernas LPNU (Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama) pada tanggal 28-29 Juli 2023 di Hotel Borobudur Jakarta.

kegiatan

Rapat Kerja Nasional LPNU tahun 2023 ini mengusung tema “Membumikan Ekonomi Nahdlatul Ulama”.

✅️ Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Ketua Umum PBNU – KH Yahya Cholil Staquf
2. Jajaran pengurus PBNU
3. Perwakilan Kemenparekraf
4. Perwakilan Pengurus LPNU dari Provinsi dan Kabupaten/Kota

✅️ Rangkaian Kegiatan:

🗓️ Day 1. Jumat, 28 Juli 2023

1️⃣ Opening Ceremony

🟣 Penampilan Seni
🟣 Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
🟣 Menyanyikan Lagu Indonesia Raya & Mars Yalal Wathon
🟣 Sambutan
◽ Ketua Panitia – Ahmad Rifqi
Rakernas yang dihadiri oleh 180 cabang lembaga perekonomian ini diharapkan menjadi wadah konsolidasi. Setip cabang memiliki semangat dan semangat ini bisa menjadi pendorong lembaga. Diharapkan forum ini dapat membawa hasil yang positif.

◽ Ketua LPNU PBNU – Tyovan Ari Widagdo
Apresiasi atas terlaksananya acara Rakernas LPNU yang sempat tertunda. Acara ini merupakan momentum yang luar biasa, hadirin dapat duduk bersama membahas program-program untuk dilaksanakan. Semangat ini dari para kyai kita yang menginisiasi pergerakan ekonomi. Semangat itu akan kita lanjutan melalui gerakan penguatan ekonomi ulama. Tiga program yang dimiliki diantaranya 1) Program pemberdayaan ekonomi keumatan, 2) Program pemberdayaan ekonomi perkumpulan atau pedagang dan 3) Program pemberdayaan ekonomi pesantren. Program pemberdayaan ekonomi keumatan diantaranya a) Bisa Kerja, b) Bisa Bisnis, dan c) UMKM Meroket

◽ Ketua Umum PBNU – KH Yahya Cholil Staquf
Perolehan cabang sudah banyak sehingga bisa digunakan untuk usaha lain. Banyak juga masjid yg didirikan oleh NU. Saat ini sudah tercatat aset sebanyak 6 juta bidang wakaf di Indonesia. Kita dituntut mengembangkan kemandirian NU. Perlu diperjelas maksud dari kemandirian tersebut. Dalam praktiknya kita tetap harus berhubungan dan bekerjasama dengan pihak lain. Perlu dibuat kerangka kerja sama yang bermartabat, yang sama-sama menguntungkan. Terkait ekonomi kerakyatan/keumatan, awalnya merupakan agenda ekonomi pemerintah. Ekonomi kerakyatan sama dengan konsep yang bidangnya diterapkan pada kebijakan pemerintah. Program ekonomi keumatan harus konkret. Tidak boleh agenda yang hanya di atas kertas saja. Setiap pekerjaan harus dapat diukur. Terlebih dahulu perlu dibentuk persepsi yang jernih tentang masalah yang akan kita garap.

🟣 Launching Program. Launching tiga program pemberdayaan ekonomi keumatan dilakukan secara simbolis oleh Ketua PBNU

🟣 Doa

2️⃣ Seminar dari KEMENKOPUKM, KADIN, dan Kunsultan UMKM
3️⃣ Sharing Session
4️⃣ Rakernas LPNU

🗓️ Day 2. Sabtu, 29 Juli 2023

1️⃣ Rakernas
Pada hari kedua rakernas kembali dilanjutkan, setelah itu dilakukan finalisasi rencana kegiatan organisasi yang sudah dibahas sejak hari sebelumnya.

2️⃣ Penutupan

Author:

Tinggalkan Balasan