Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) 2023

Laporan pelaksanaan Pendukungan Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 9-14 Juli 2023 di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Event TIFAF 2023 ini adalah salah satu dari 110 Karisma Event Nusantara.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum
🔷 Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) 2023 adalah sebuah Festival Seni Rakyat yang diselenggarakan pada tanggal 9 -14 Juli 2023 dengan tujuan untuk mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya sebagai identitas bangsa serta menjadi daya tarik wisata baik lokal maupu mancanegara untuk datang ke Kutai Kartanegara.
🔷 TIFAF 2023 mengangkat tema “NUSANTARA NAMAKU, JAYA NEGERI KU” selaras dengan ditetapkannya nama Ibu Kota Negara Republik Indonesia yang baru yaitu Nusantara oleh Bapak Presiden Joko Widodo yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara
🔷 Pada tahun ini penyelenggaraan TIFAF sekaligus menjadi salah satu rangkaian penyambutan para delegasi Organization of Islamic Cooperation Cultural Activity (OIC-CA) yang datang ke Indonesia.
🔷 Rangkaian kegiatan TIFAF 2023 meliputi seremonial pembukaan, Kirab Budaya, Bazaar, Pertunjukan Kesenian Internasional dan Pentas Seni Budaya Yang akan dilaksanakan di tiga tempat pertunjukan, yakni panggung seni Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang, Lapangan Basket Timbau, dan pertunjukan di Amphitheater Taman Kota Raja Tenggarong.

2️⃣ Rangkaian TIFAF 2023

⚜ Hari Pertama (9 Juli 2023) – Pembukaan

Pembukaan TIFAF 2023 dilaksanakan pada 9 Juli 2023 pada pukul 19.00 WITA di Lapangan Kota Raja Kecamatan Tenggarong
🔷 Pembukaan TIFAF 2023 dihadiri oleh :
1.Bupati Kutai Kartanegara, Bapak Edi Damansyah
2.Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Sultan Aji Muhammad Arifin
3.Plh. Direktur Event Daerah, Ibu Trindiana M. Tikupasang
4.Staf Ahli Gubernur Kalimantan Timur Bidang Sumber Daya Alam, Perekenomian Daerah dan Kesejahteraan Raykat, Bapak Benny
5.Unsur Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara
6.Delegasi Organization of Islamic Cooporation Cultural Activity (OIC-CA) atau Organisasi Kerjasama Negara Islam tentang Kebudayaan.

🔷 Rangkaian Pembukaan TIFAF adalah sebagai berikut :
🔸Tampilan Musik Pembuka

🔸Penayangan Video Taping Sambutan Menparekraf untuk TIFAF 2023

🔸Parade Kesenian Rakyat yang menampilkan peserta dari :
1. Penerima Beasiswa Seni Budaya Indonesia dari 9 Negara
2. Provinsi DKI Jakarta
3. Provinsi Nusa Tenggara Timur / Labuan Bajo
4. Provinsi Kalimantan Utara / Malinau
5. Provinsi Bali
6. KKDM Modang
7. Kecamatan Tabang ( Dayak Punan )
8. Kecamatan Muara Jawa ( Melayu Kutai )
9. Kecamatan Loa Janan
10. Kecamatan Muara Badak
11. Kota Samarinda
12. Kabupaten Paser

🔸Persembahan Tarsul yang merupakan salah satu tradisi lisan masyarakat Kutai Kartanegara berupa pembacaan syair yang bersusul atau saling berbalas balasan.

🔸Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

🔸Pembacaan Do’a

🔸Persembahan Tari Kanjar Ganjur.
Tari Kanjar Ganjur Kesultanan Kutai Kartanegara adalah salah satu warisan dari kesultanan kutai kartanegara ing martadipura. Tarian ini biasa ditampilkan oleh kerabat istana pada saat penyambutan tamu, pesta ataupun upacara upacara adat. Sampai saat ini, tarian ini ditampilkan untuk menyambut tamu yang berkunjung ke Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

🔸Persembahan Tari Nyelama Sakai
Tari Nyelama Sakai adalah tarian selamat datang yang ditarikan oleh Suku Dayak Kenyah. Pada penampilan kali ini alat musik pengiring yang digunakan adalah alat musik tradisional Kalimantan yaitu Sape dengan irama musiknya yang khas.

🔸Persembahan Tari Jepen Bepayong dari Yayasan Gubang.
Tarian ini memvisualisasikan fungsi payung yang berguna untuk melindungi dari rinai hujan serta terik mentari. Filosofi tarian ini adalah untuk mengingatkan kita agar saling menjaga satu sama lain dalam kerendahan hati.

🔸Sambutan Bupati Kutai Kartanegara yang menyampaikan :
▫Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh kabupaten kota dan pihak yang ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan TIFA 2023.
▫ Penyelenggaraan TIFAF 2023 adalah bagian dari upaya yang kita lakukan untuk melesarikan budaya yang ada di Indonesia khususnya Kutai Kartanegara.
▫ Kabupaten Kutai Kartanegara dapat dilihat sebagai miniatur dari Indonesia karena keragaman suku dan budaya yang dimiliki masyarakatnya, oleh karena itu adalah kewajiban diri kita untuk menjaga kerukunan, membina dan menjaga kekayaan budaya Indonesia ini dengan baik agar dapat menjadi aset kedepannya.
▫ Penyelenggaraan TIFAF 2023 ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi masyarakat.

🔸 Prosesi pemukulan rebana oleh VVIP sebagai tanda diresmikannya Pembukaan TIFAF 2023.

⚜ Hari Kedua s.d Keempat (10-14 Juli 2023)
Sebagai bagian dari rangkaian acara TIFAF 2023, pada tanggal 10- 14 Juli 2023 dilaksanakan gelaran pertujukan dan bazaar UMKM yang dilakukan di tiga tempat berbeda yakni panggung seni Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang , Lapangan Basket Timbau dan pertunjukan di Amphitheater Taman Kota Raja Tenggarong. Pertunjukan di Amphitheater Taman Kota Raja Tenggarong dimulai pada pukul 15.30 – 17.30 dan Pertunjukan di Panggung Utana Lapangan Basket Timbau dan Tampilan Panggung Expo / Bazaar Rakyat di Stadion Rondong Demang dilaksanakan pukul 19.30 – 22.00;

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan:
🔷 Penyelenggaraan event TIFAF 2023 berlangsung dari tanggal 9-14 Juli 2023.
🔷 Pengemasan konsep event secara keseluruhan sudah baik. Hal ini dapat dinilai dengan lokasi penyelenggaraan yang tersebar di beberapa lokasi, dengan para penampil dari berbagai kecamatan, kabupaten, dan provinsi.
🔷 Secara keseluruhan pelaksanaan upacara pembukaan TIFAF 2023 berjalan dengan lancar dan sangat baik. Penjelasan narasi setiap penampilan yang dilakukan dalam dua bahasa untuk menghormati tamu asing menandakan kesiapan panitia dalam menjalankan event ini.
🔷 Komunikasi dengan penyelenggara kegiatan, dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara sudah cukup baik.
🔷 Antusiasme dari masyarakat Kutai Kartanegara pada umumnya, dan Tenggarong pada khususnya sangat tinggi pada kegiatan ini. Penyebaran materi promosi di media luar ruang dapat lebih ditingkatkan khususnya di kota kota besar sekitar Kutai Kartanegara seperti Samarinda dan Balikpapan agar dapat mengundang lebih banyak wisatawan.
🔷 Event ini memberi peluang kesempatan bagi para pelaku industri kreatif dan UMKM untuk memasarkan produknya.
🔷 Penguatan identitas kelokalan dapat lebih ditingkatkan lagi agar dapat menjadi unique selling point tambahan dalam event TIFAF kedepannya.
🔷 Data statistik dan dampak berkenaan dengan penyelenggaraan TIFAF 2023 masih menunggu selesainya kegiatan tersebut.

 

Persembahan musik dan penayangan Video Sambutan Menparekraf untuk menyambut tamu serta membuka acara

 

Rangkaian penampilan peserta Parade Kesenian Rakyat yang mengisi acara Pembukaan TIFAF 2023 – bagian 1

 

Rangkaian penampilan peserta Parade Kesenian Rakyat yang mengisi acara Pembukaan TIFAF 2023 – bagian 2

 

Persembahan Tarsul, tradisi lisan masyarakat Kutai Kartanegara untuk membuka acara

 

Persembahan Tari Kanjar Ganjur untuk menyambut tamu dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura

 

Persembahan Tari Nyelama Sakai yang diringi alat musik Sape

 

Persembahan Tari Jepen Bepayong sebagai penghibur acara pembukaan

 

Pemberian sambutan oleh Bupati Kutai Kartanegara dan pemukulan rebana oleh tamu undangan sebagai tanda resminya pembukaan TIFAF 2023 yang sekaligus menjadi akhir rangkaian hari pertama.
Author: Kadek Agus Nata Riadnyana

Tinggalkan Balasan