Festival Loksado 2023

Laporan pelaksanaan pendukungan kegiatan Festival Loksado yang telah dilaksanakan pada tanggal 7 – 9 Juli 2023 di Wisma Alam Roh Tujuh, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum

🔹 Festival Loksado merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Festival Loksado pada tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-8. Festival ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya lokal masyarakat loksado dan kearifannya, serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Loksado. Tahun ini mengangkat tema “Loksado, When Nature Meets Culture”.

🔹Konten kegiatan meliputi river tubing, bamboo rafting, festival mahumbal, pergelaran seni budaya dan musik, serta bazar UMKM ekraf.

2️⃣ Rangkaian Kegiatan

🔴 Hari Pertama, 7 Juli 2023
🔸Pergelaran Seni Budaya dan Musik

🔴 Hari Kedua, 8 Juli 2023
🔸River Tubing

🔸Festival Mahumbal

Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Ketua TP PKK Kab. Hulu Sungai Selatan yang diwakili oleh Ibu Wakil Bupati Kab. Hulu Sungai Selatan.
2. Perwakilan Direktorat Event Daerah Kemenparekraf.
3. Ibu-Ibu PKK Kab. Hulu Singai Selatan.

🔹 Laporan Ketua Panitia Festival Mahumbal:
– Festival Mahumbal merupakan tradisi yang berciri memasak di alam terbuka, tanpa peralatan masak seperti panci, tapi menggunakan daun lalu dimasukkan ke batang bambu dan dibaka
– Festival Mahumbal diikuti 12 tim dari Kec. Loksado dengan 5 orang pertimnya

🔹️ Sambutan sekalugus pembukaan Ketua TP PKK Kab. Hulu Sungai Selatan yang diwakili oleh Ibu Wakil Bupati Kab. Hulu Sungai Selatan:
– Festival Mahumbal ini merupakan kegiatan yang dapat mengangkat budaya dalam hal pengolahan kuliner di daerah Loksado.
– Tujuan festival ini bukannlah sekedar kompetisi tetapi untuk melestarikan budaya mahumbal msayarakat Loksado dan juga untuk menjadi saya tarik wisata Kab. Hulu Sungai Selatan.
– Semoga kedepannya festival ini dapat terus berlangsung secara terus menerus demi meningkatkan pariwisata Kec. Loksado khususnya dan Kab. Hulu Sungai Selatan pada umumnya.

🔸Pergelaran Seni Budaya dan Musik

🔴 Hari Ketiga, 9 Juli 2023
🔸Bamboo Rafting
Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kadispar Prov. Kalimantan Selatan, Bapak M. Syarifuddin.
2. Bupati Kab. Hulu Sungai Selatan, Bapak H. Achmad Fikry.
3. Plt. Kadispora par Kab. Hulu Sungai Selatan, Bapak Ronaldo
4. Ketua Tim Kerja Event Daerah Wilayah Kalimantan Kemenparekraf, Ibu Arum Damarintyas
5. Forkopimda Kab. Hulu SUngai Selatan.

🔹 Sambutan Bupati Kab. Hulu Sungai Selatan:
– Beliau mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Kemenparekraf dan pihak terkait lainnya sehingga festival loksado dapat terselenggara dengan baik.
– Wisata bamboo rafting merupakan salah satu wisata unggulan di Kalimantan Selatan dan ini merupakan atraksi utama di festival loksado.
– Beliau memohon masukan untuk pengembangan event loksado ini agar kedepannya dapat meningkat kualitas setiap tahunnya.

🔹 Sambutan Ketua Tim Kerja Event Daerah Wilayah Kalimantan Kemenparekraf:
– Festival Loksado sudah 3 kali masuk ke dalam Karisma Event Nusantara Kemenparekraf sebagai salah satu event di di Indonesia yang terseleksi dan terkurasi secara ketat.
– Sesuai dengan arahan Menparekraf ada 3 han yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan event, yaitu, relevan, digitilize dan sustainalbe serta menerapkan 3G (Geber, Gercep dan Gaspol) sehingga event ini dapat terselenggara dengan 3T (tepat manfaat, tepat sasaran dan tepat waktu)
– Semoga kedepannya Festival Loksado dapat meningkat kualitasnya dan terus konsisten diselenggarakan setiap tahunnya, sehingga memberikan dampak pada ekonomi, pariwisata dan membuka lapangan pekerjaan untuk Kab. Hulu Sungai Selatan.

🔹️ Sambutan sekaligus pembukaan Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kadispar Prov. Kalimantan Selatan:
– Beliau mengucapkan terima kasih atas dukungan Kemenparekraf dan pihak yang telah mendukung Festival Loksado ini. Beliau juga mengapresiasi kepada Pemkab Hulu Sungai Selatan sebagai penyelenggara serta mengucapkan selamat datang kepada para peserta di Festival Loksado ini.
– Sektor pariwisata menjadi andalan untuk peningkatan ekonomi daerah, untuk itu kita perlu menggali potensi wisata baik alam, budaya, religi, kuliner dan lainnya di Kab. Hulu Sungai Selatan.
– Kegiatan Festival Loksado ini diharapkan bisa meningkatkan citra pariwisata Kab. Hulu Sungai Selatan, tentunya hal ini juga didukung dengan promosi yang gencar sehingga keunikan festival ini dapat dikenal oleh para wisatawan nusantara bahkah mancanegara.

🔸Pergelaran Seni Budaya dan Musik

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi

🔹️Festival Loksado yang telah diselenggarakan selama 3 hari secara keseluruhan berlangsung dengan baik dan lancar. Konten kegiatan menampilkan beragam seni budaya, kuliner, kearifan lokal, serta potensi alam Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan.
🔹️Pemilihan lokasi kegiatan cukup baik dengan mengangkat KSPN Loksado sebagai daya tarik wisata serta penampilan kesenian yang ditampilkan cukup beragam. Namun, kedepannya perlunya ditingkatkan pengemasan event agar terlihat tidak monoton tiap tahunnya.
🔹️Tata letak / layout venue masih perlu dievaluasi dalam memperhatikan kenyamanan audiens dan pengunjung serta estetika acara secara keseluruhan perlu ditingkatkan.
🔹️Koordinasi dengan penyelenggara cukup baik dan kedepannya diharapkan dapat dipertahankan hal tersebut. Namun manajemen risiko dan waktu acara masih perlu ditingkatkan.
🔹️Masih kurangnya jumlah UMKM lokal yang terlibat, untuk itu perlu kurasi UMKM dalam kegiatan bazar dengan memperbanyak berbagai produk ekonomi kreatif kedaerahan khas Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
🔹️Aksesibilitas menuju lokasi kegiatan di kawasan Loksado dapat menggunakan transportasi darat dari Kota Banjarbaru dengan estimasi jarak tempuh 4 jam dan kondisi jalan tergolong cukup baik tetapi mungkin Pemkab setempat perlu mempertimbangkan terkait pelebaran jalan ke venue acara.
🔹️Adapun pilihan amenitas (penginapan) masih terbatas pada homestay sekitar lokasi kegiatan dan jaringan telekomunikasi perlu juga peningkatan.
🔹️Penanganan aspek kebersihan pada kegiatan ini masih perlu ditingkatkan dengan menyediakan tempat sampah yang terjangkau di berbagai tempat serta perlunya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.
🔹️Penanganan aspek keamanan dan keselamatan pengunjung pada kegiatan ini cukup baik dengan adanya posko kesehatan dan mobil ambulance di tempat kegiatan.

 

Suasana River tubing

 

Sambutan Festival Mahumbal

 

Suasana Festival Mahumbal

 

Sambutan pada acara Bamboo Rafting

 

Pembukaan Acara Bamboo Rafting dan foto bersama

 

Suasana Bamboo Rafting

 

Pergelaran seni dan musik

 

 

Author: Kadek Agus Nata Riadnyana

Tinggalkan Balasan