Kegiatan Pembukaan Wisata Orang Tua Asuh Koral di Aquanes Experience, Tanjung Benoa, Bali

Laporan kegiatan Pembukaan Wisata Orang Tua Asuh Koral dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2023, pukul 10.00 WIB – Selesai di Aquanest Experience, Tanjung Benoa, Bali.

📌 Kegiatan ini dihadiri oleh

  1. Bapak Itok Parikesit, Direktur Wisata Minat Khusus;
  2. Bapak Dirga Adhi Putra Singkaru, Owner Aquanest Experience dan Ketua Umum AKKII;
  3. Ibu Ratih Megasari Singkaru, Kapoksi Nasdem Komisi X DPR RI, Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP);
  4. Bapak Putu Supadma Rudana, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Wakil Ketua BKSAP;
  5. Bapak Anak Agung Gde Agung (Anggota DPD RI Dapil Bali), Anggota Komite 3 DPD RI;
  6. Sdri. Ninda Felina, Brand Ambassador Aquanest Experience;
  7. Seluruh media, KOL dan tamu undangan.

📌 Tujuan kegiatan ini adalah untuk melestarikan ekosistem bawah laut melalui restorasi terumbu karang sebagai hal yang sangat penting bagi kehidupan biota laut yang sangat potensial bagi pariwisata Indonesia.

📌 Rangkaian kegiatan ini sebagai berikut:

  1. Opening oleh MC
  2. MC mengumumkan pembagian kelompok yang terdiri dari Group Coral Foster Parents dan Group Water Sport
  3. Welcoming speech oleh Bapak Dirga Adhi Putra Singkaru, Owner Aquanest Experience dan Ketua Umum AKKII, sebagai berikut:
  • Wisata Orang Tua Asuh Koral adalah adalah sebuah pengalaman menyelam sekaligus ikut terlibat dalam restorasi dan konservasi ekosistem terumbu karang.
  • Program ini adalah satu-satunya yang bersifat komersil dan terbuka bagi semua kalangan masyarakat dengan mengangkat asuh anak karang tersertifikasi dari Mari Culture di Indonesia.
  • AquaNest menargetkan Kawasan Tanjung Benoa yang mereka kelola akan menjadi salah satu coral base Indonesia, yang ditujukan untuk kegiatan restorasi dan pelestarian ekosistem terumbu karang.
  1. MC mengumumkan launching Aquanest Experience. Para tamu undangan yang telah terbagi dalam group dipersilahkan untuk menikmati pengalaman watersport dan coral foster parent experience di Tanjung Benoa, Bali.
  2. DJ Perform oleh Daniel Sanger
  3. Sambutan oleh Bapak Itok Parikesit, Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf sebagai berikut:
    • Kemenparekraf dengan bangga mengapresiasi Aquanest Experience melalui program Wisata Orang Tua Asuh Koral sebagai sebuah diversifikasi produk dari aktivitas wisata bahari, khususnya wisata selam yang sejalan dengan pengembangan pariwisata berkelanjutan.
    • Penanaman terumbu karang yang biasanya aktivitas volunteer/ sukarelawan dan penelitian/konservasi, sekarang sudah menjadi produk wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan mancanegara dan nusantara.
    • Wisatawan dapat berpartisipasi dan berkontribusi untuk lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan serta lebih aktif dalam upaya konservasi wisata bahari.
    • Semoga produk wisata yang melestarikan lingkungan tetap berkembang dan berinovasi dan bersama-sama berupaya memulihkan mengembalikan perekonomian di sektor Parekraf serta memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.
  1. Live testimonial dan Q and A.
  • Bapak Dirga Adhi Putra Singkaru: Kita bersama-sama melestarikan bawah laut dengan merestorasi dan menjaga terumbu karang agar dapat meningkatkan kepedulian kita akan keindahan alam bawah laut Indonesia
  • Ninda Felina: saya hobi menyelam dan dengan adanya program wisata orang tua asuh, saya dapat menyalurkan hobi menyelam dengan menjaga dan melestarikan kehidupan bawah laut.
  • Media: Program ini sangat bagus sekali untuk diselenggarakan karena mengajarkan bagaimana budidaya terumbu karang. Terumbu karang sebagai salah satu tempat hidup dan berkembang biak berbagai biota laut dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.
  • KOL: Kegiatan ini dapat memberikan insight bagi generasi muda bagaimana meningkatkan populasi terumbu karang yang bermanfaat bagi biota laut. Sehingga selain menyalurkan hobi menyelam atau rekreasi tapi juga bersama-sama melestarikan kehidupan bawah laut sehingga dapat meningkatkan kepedulian dan kecintaan terhadap keindahan alam Indonesia baik di darat maupun di laut.
  1. Doorprize dan pengumuman pemenang lomba foto dan caption

Dokumentasi

Welcoming speech oleh Bapak Dirga Adhi Putra Singkaru, Owner Aquanest Experience dan Ketua Umum AKKII; dan Sambutan oleh Bapak Itok Parikesit Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Live testimonial dan Q & A; dan foto bersama
Author:

Tinggalkan Balasan