Festival Bunaken

Mohon izin menyampaikan laporan kegiatan Festival Bunaken 2022 yang telah dilaksanakan pada tanggal 2 – 4 November 2022 di Kota Manado dan Pulau Bunaken, Provinsi Sulawesi Utara.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum Festival Bunaken 2022
🟣 Festival Bunaken merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke destinasi wisata Bunaken.
🟣 Festival Bunaken terpilih sebagai event KEN 2022 dan menjadi salah satu dari lima event KEN yang diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Utara.
🟣 Festival Bunaken 2022 mengusung tema “Save, Clean, & Preserve Bunaken” untuk mebangun citra Bunaken sebagai destinasi wisata bawah laut yang bersih dan mendukung keberlanjutan lingkungan di Provinsi Sulawesi Utara.

2️⃣ Rangkaian Kegiatan Festival Bunaken 2022

🔴🔴 HARI KE-1 (Rabu, 2 November 2022) – Upacara Pembukaan
➡️ Malalayang Beach Walk, Kota Manado

🔶 Kegiatan Festival Bunaken 2022 hari ke-1 dihadiri oleh:
1. Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bapak Steven Kandouw
2. Wali Kota Manado, Bapak Andrei Angouw
3. Perwakilan Kemenparekraf/Baparekraf, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, Bapak Josua Puji Mulia Simanjuntak
4. Anggota DPR-RI Komisi X, Ibu Adriana Charlotte Dondokambey
5. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Bapak Henry Kaitjily
6. Forkopimda Sulawesi Utara
7. Masyarakat dan tamu undangan

🔹 Registrasi Peserta
Peserta acara melakukan registrasi di booth yang telah disediakan. Selama proses registrasi berlangsung, terdapat penampilan musik kolintang dari kelompok musik Fantastic Primavista.

🔹 Pembukaan oleh MC
MC mengajak peserta acara dan tamu undangan untuk berkumpul di tempat yang sudah disediakan dan membuka acara Opening Ceremony Festival Bunaken 2022.

🔹 Penyanyian Lagu Indonesia Raya
Seluruh peserta acara dan tamu undangan diminta untuk berdiri dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

🔹 Pembacaan Doa
Dipimpin oleh salah satu pemuka agama.

🔹 Penayangan Video Opening
Video yang dimainkan menyuguhkan keindahan Bunaken sebagai destinasi wisata bahari.

🔹 Penampilan North Sulawesi Contemporary Dance
Tari Katrili, tarian perpaduan antara budaya Minahasa dan Eropa, ditampilkan oleh Nyong-Noni Sulawesi Utara 2022.

🔹 Laporan Ketua Panitia, Ibu Adriana Charlotte Dondokambey
🔘Festival Bunaken 2022 dilaksanakan pada tanggal 2 – 4 November di tiga lokasi, yakni Malalayang Beach Walk, Kawasan Megamas, dan Pulau Bunaken. Sebelum perayaan Festival Bunaken 2022, telah dilaksanakan Pameran Expo Ekonomi Kreatif pada tanggal 19 – 23 Oktober 2022 di Malalayang Beach Walk (MBW) yang diikuti oleh para pelaku industri kreatif dan UMKM di Provinsi Sulawesi Utara.
🔘Sebelum pembukaan, telah terlaksana Parade Kebaya Goes to UNESCO yang diikuti oleh Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupate/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara, instansi, organisasi, hingga komunitas pendukung program Kebaya Goes to UNESCO. Parade dimulai dari Monumen Coelacanth mengitari area MBW.

🔹 Penampilan Performance Art Collaboration
Pertunjukan ini dipersembahkan oleh Sanggar SMEX Vox Manado yang berasal dari SMKN 4 Manado. Penampilan seni yang ditampilkan berupa teater bisu dengan iringan musik kolintang yang bercerita tentang kehidupan di bawah laut.

🔹 Sambutan Perwakilan Kemenparekraf/Baparekraf, Bapak Josua Puji Mulia Simanjuntak
🔘 Terpilihnya Festival Bunaken 2022 ke dalam KEN 2022 diharapkan memberikan dampak inklusif terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat, sehingga terwujud peningkatan taraf hidup masyarakat dan memperluas lapangan pekerjaan.
🔘Indeks Daya Saing Pariwisata dan Perjalanan (TTCI) Indonesia berhasil naik peringkat dari posisi 44 menjadi peringkat 32 besar dunia. Hal ini menunjukkan semangat kebangkitan pariwisata di Indonesia melalui penyelenggaraan event-event di daerah.
🔘 Isu sampah di destinasi wisata masih menjadi tantangan bagi kita semua untuk mewujudkan destinasi-destinasi pariwisata di Indonesia yang bebas sampah, terutama di pantai.

🔹 Penayangan Video Sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno
Sulawesi Utara kaya akan wisata bahari, salah satunya adalah Taman Nasional Bunaken. Hadirnya Festival Bunaken diharapkan dapat menjadi salah satu promosi keindahan Bunaken sebagai wisata bawah laut dan budaya, serta berkontribusi membangun Indonesia.

🔹 Sambutan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bapak Steven Kandouw
🔘Sulawesi Utara memiliki 5 event yang tergabung dalam program Karisma Event Nusantara (KEN). Harapannya dengan adanya kelima event tersebut Sulawesi Utara bisa menjadi pintu gerbang untuk perkembangan pariwisata di Indonesia. Terlebih lagi, pada bulan Desember 2022 akan tersedia penerbangan langsung dari Korea Selatan ke Manado.
🔘Malalayang Beach Walk (MBW) adalah ikon baru bagi Kota Manado.

🔹 Prosesi Pembukaan Festival Bunaken 2022 sekaligus Parade Perahu Hias
Para tamu VIP berjajar di panggung untuk menekan tombol, pertanda dibukanya Festival Bunaken 2022. Lalu diikuti parade perahu hias yang berjumlah 32 perahu yang berlayar di Perairan Teluk Manado.

🔹 Sambutan Ketua Tim Nasional Kebaya Goes To UNESCO, Ibu Lana T. Koentjoro
Selain mengandung unsur filosofis, kebaya juga mempunyai unsur ekonomis. Parade Kebaya adalah salah satu cara untuk melestarikan kebaya dan memperkenalkan kebaya kepada generasi muda.

🔹 Sambutan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bitung, Ibu Rita Mantiri Tangkudung
Parade Kebaya yang diikuti kurang lebih 300 peserta tersebut merupakan bentuk nyata dari Dekranasda se-Provinsi Sulawesi Utara untuk melestarikan kebaya dan batik yang merupakan produk lokal dan budaya Indonesia.

🔹 Penandatangan Dukungan untuk Penetapan: Hari Kebaya Nasional, Kebaya sebagai Warisan Budaya Tak Benda, Kebaya sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO
Penyerahan cinderamata dari Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara kepada Tim Nasional Kebaya Goes To UNESCO dan sebaliknya. Setelah itu diikuti penyerahan cinderamata dari Tim Nasional Kebaya Goes To UNESCO kepada Ketua Panitia Festival Bunaken 2022. Lalu dilanjutkan dengan penandatangan dokumen terkait pelestarian kebaya sebagai aset budaya Indonesia.

🔹 Penutupan oleh MC

🔹 Bunaken Music Vaganza
🔘Acara dilaksanakan pada pukul 17:15 WITA di Kawasan Pohon Kasih Megamas. Ditayangkan secara live di channel Youtube MDC Pro Solution.
🔘Acara dibuka dengan penampilan band lokal, Stonefire, dan penampilan tari tradisional, Tari Pisok, yang dibawakan oleh Ikatan Nyong-Noni Sulawesi Utara. Tari Pisok merupakan tarian tradisional Sulawesi Utara yang bercerita tentang kehidupan masyarakat Minahasa yang selalu hidup rukun, bekerja secara gotong royong, energik, dan lincah.
🔘Sambutan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey. Gubernur Sulawesi Utara menyampaikan beberapa hal, yaitu:
– Hadirnya berbagai festival di Sulawesi Utara akan memberi dampak positif bagi pertumbuhan banyak sektor, termasuk pariwisata dan ekonomi.

🔹 Penampilan Musik oleh para musisi
Hiburan musik oleh para musisi, antara lain:
– Krisdayanti
– Kenz
– Band Geisha

🔴🔴 HARI KE-2 (Kamis, 3 November 2022)
➡️ Pulau Bunaken

🔹 Persiapan Menuju Pulau Bunaken
Lokasi penyeberangan terbagi menjadi dua, di Dermaga Youth Centre dan Dermaga Marina Plaza.

🔹 Bersih-bersih Pantai
Kegiatan ini melibatkan Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Universitas Teknologi Sulawesi Utara (HIMAIAN UTSU), Prajurit Pangkalan Utama TNI-AL. Para relawan menyisir pesisir pulau Bunaken untuk memungut sampah yang ditemukan.

🔹 Penanaman Mangrove dan Transplantasi Koral
Kegiatan menanam mangrove dan transplantasi koral dilakukan oleh Ketua Dinas Pariwisata Sulawesi Utara, perwakilan TNI AL, perwakilan TNI-AD, perwakilan Polisi Daerah Sulawesi Utara, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken beserta jajarannya, dan Aparatur Pemerintah Bunaken.

🔹 Pelepasan Tukik
Partisipan dalam kegiatan tersebut adalah Dinas Pariwsata Sulawesi Utara, perwakilan TNI dan POLRI, anggota HIMAIAN UTSU, serta masyarakat setempat. Terdapat puluhan tukik yang dilepaskan dalam kegiatan ini

🔹 Peresmian Dermaga Wisata Bunaken dan Fashion For All
Dermaga baru Bunaken diresmikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan fashion show oleh Nyong-Noni Sulawesi Utara, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, perwakilan TNI-POLRI, mahasiswa UTSU, dan Prajurit Pangkalan Utama TNI-AL.

🔹 Bunaken Music Night
Hiburan musik berkonsep pesta rakyat yang diikuti oleh seluruh tamu undangan, panitia, dan masyarakat.

🔴🔴 HARI KE-3 (Jumat, 4 November 2022)
➡️ Pulau Bunaken

🔹 Bunaken Zumba
Zumba bersama di dermaga wisata Bunaken diikuti oleh seluruh tamu, panitia, dan masyarakat.

🔹 Penutupan

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan
🔹Festival Bunaken 2022 telah terselenggara dengan sukses. Festival ini memiliki potensi wisata yang menarik, terutama wisata bahari. Hal ini didukung dengan lokasi terselenggaranya rangkaian kegiatan yang telah memenuhi nilai 3A (amenitas, atraksi, dan aksesibilitas). Peserta yang ikut dalam Festival Bunaken didominasi oleh tamu undangan dari Dinas Pariwisata Sulawesi Utara dan masyarakat lokal.
🔹 Beberapa hal yang perlu ditingkatkan dalam Festival Bunaken 2022, antara lain:
– Tahap persiapan event. Terjadi perubahan lokasi dan tanggal pelaksanaan sehingga sulit untuk mendapatkan kepastian rundown. Waktu dan urutan kegiatan di lapangan tidak sesuai dengan rundown yang telah disusun. Hal ini akan menjadi masalah bagi wisatawan yang membutuhkan kepastian tanggal, waktu, dan lokasi pelaksanaan kegiatan.
– Koordinasi pada tahap persiapan dan pelaksanaan. Susahnya koordinasi dengan penyelenggara kegiatan berdampak pada sulitnya pengumpulkan materi promosi, MAPS, serta update terbaru tentang progres persiapan Festival Bunaken 2022. Pada saat penyelenggaraan berlangsung, penyelenggara kurang menguasasi informasi tentang waktu dan detail pelaksanaan rangkaian kegiatan.
– Kolaborasi dengan para pelaku UMKM. Hal ini terlihat dengan sepinya tenan UMKM pada saat Upacara Pembukaan dan Bunaken Music Vaganza. Pada Upacara Pembukaan, hanya terisi satu tenan dari tiga tenan food and beverages, sedangkan pada saat Bunaken Music Vaganza terdapat 16 tenan yang terisi dari total 20 tenan.
– Pengangkatan budaya lokal Sulawesi Utara. Unsur budaya yang menjadi ciri khas Sulawesi Utara diangkat pada saat penampilan musik kolintang, North Sulawesi Contemporary Dance, Performance Art Collaboration, dan Tari Pisok pada hari pertama.
– Crowd Management pada saat upacara pembukaan perlu lebih diperhatikan, khususnya setelah kegiatan parade perahu hias dan foto bersama. Banyak tamu undangan dan peserta yang tidak kembali ke tempat semula, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengunjung yang lain. Selain itu, penyelenggara juga perlu memperhitungkan penempatan kursi VVIP, karena yang menempati didominasi oleh peserta parade kebaya.
🔹Pemilihan lokasi Festival Bunaken 2022 sudah tepat, yaitu di Malalayang Beach Walk, Kawasan Megamas, dan Pulau Bunaken. Ketiganya merupakan ruang terbuka dan kawasan wisata di Manado, sehingga banyak menarik perhatian masyarakat dan wisatawan.

Demikan kami sampaikan, berikut terlampir dokumentasi dan tautan berita kegiatan.

 

Tautan Berita Festival Bunaken:

Keren! Parade Kapal Laut Ramaikan Pembukaan Festival Bunaken 2022
https://beta.kompas.tv/article/344415/keren-parade-kapal-laut-ramaikan-pembukaan-festival-bunaken-2022

Staf Ahli Kemenparekraf Berharap ‘Bunaken Festival’ Berikan Dampak Positif
https://wahananews.co/daerah/staf-ahli-kemenparekraf-berharap-bunaken-festival-berikan-dampak-positif-51WSw8qcc2

Dekranasda Bitung Dukung Kebaya Goes to UNESCO, Kenakan Kebaya di Festival Bunaken 2022
https://manado.tribunnews.com/2022/11/02/dekranasda-bitung-dukung-kebaya-goes-to-unesco-kenakan-kebaya-di-festival-bunaken-2022

Hadiri Parade Kebaya Nusantara Goes to UNESCO, Rizya Ganda: Kebaya Adalah Budaya
https://www.manadonews.co.id/2022/11/02/hadiri-parade-kebaya-nusantara-goes-to-unesco-rizya-ganda-kebaya-adalah-budaya/

Festival Bunaken 2022 Hari ke-2, Tanam Mangrove, Angkat Sampah Hingga Lepas Tukik
https://manado.tribunnews.com/2022/11/03/festival-bunaken-2022-hari-ke-2-tanam-mangrove-angkat-sampah-hingga-lepas-tukik?page=all

Festival Bunaken 2022 Salah Satu Dari Lima Prioritas Pariwisata Nasional: Sulut Dipilih Karena Kerukunan dan Persaudaraan

Festival Bunaken 2022 Salah Satu Dari Lima Prioritas Pariwisata Nasional: Sulut Dipilih Karena Kerukunan dan Persaudaraan

Parawisata Sulut Kembali Bergairah, ODSK : Ekonomi Sudah Berjalan Baik
https://redaksisulut.com/parawisata-sulut-kembali-bergairah-odsk-ekonomi-sudah-berjalan-baik/

Author:

Tinggalkan Balasan