Opening Night Indonesian Dance Festival (IDF) 2022

Pelaksanaan kegiatan Opening Night Indonesian Dance Festival (IDF) 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober 2022 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta sebagai berikut:

IDF merupakan festival tari kontemporer berskala internasional yang dilaksanakan bi-annual dan konsisten dan sudah diperhitungkan di Asia sejak tahun 1992. IDF sejak tahun 2020, dinaungi oleh Yayasan Loka Tari Nusantara, sebuah Yayasan yang bergerak dalam bidang pengembangan ekosistem seni pertunjukan Indonesia.

IDF 2022 dilaksanakan mulai tanggal 22 s.d 28 Oktober 2022 sekaligus peringatan 30 tahun dengan mengambil tema “RASA: Beyond Bodies” karena rasa dapat menunjukkan berbagai lapis pengalaman mulai dari ragawi, inderawi, psikologi, hingga spriritual dan batiniah.

Opening Night IDF 2022 sebagai berikut:

  • Kegiatan dihadiri oleh:
    1)Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
    2)Bapak Hilmar Farid, Dirjen Kebudayaan, Kemendikbudristek
    3)Ibu Rizky Handayani, Deputi Bidang Produk Wisata dan penyelenggara Kegiatan
    4)Bapak Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Propinsi DKI Jakarta
    5) Maria Darmaningsih, Melina Surya Dewi dan Nungki Kusumastuti, Founder IDF

 

  • Rangkaian Opening Night IDF 2022 terdiri dari:
    1) Acara diawali dengan makan malam bersama
    2)Tarian Pembuka Jakarta Reframed karya Angga. Tari ini terwujud atas Kerjasama IDF dengan Prodi Seni Tari IKJ. Sebuah karya yang menggunakan ondel-ondel sebagai cara untuk menyampaikan narasi tentang arus era kontemporer yang berdampak pada perubahan tradisi. Jakarta Reframed adalah sebuah ajakan kepada public untuk memakai koreografi sebagai media untuk mempertanyakan ulang soal gerak zaman, dampaknya serta posisi kita dalam arus yang tidak bisa kita tampik.
    3)Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
    4)Sambutan Taping oleh PJ Gubernur DKI Jakarta. Beliau mengapresiasi serta mendukung terselenggaranya IDF 2022.
    5)Sambutan Taping oleh Bapak Mendikbudristek. Beliau menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan IDF 2022.
    6)Sambutan Ratri Anindyajati, Direktur IDF, beliau menyampaikan IDF telah berkontribusi luar biasa terhadap skema tari kontemporer baik di Indonesia maupun Asia Tenggara. Misi IDF adalah menyediakan platform bagi penari dan koreografer muda, untuk menampilkan karyanya dihadapan audiens nasional dan internasional
    7)Pemberian Penghargaan Lifetime Achievement Award kepada tokoh tari Aceh Bapak Marzuki Hasan dan Bapak Nurdin Daud atas pengabdiannya membawa dan mempopulerkan serta membuat pembaharuan dalam struktur maupun tradisi tari Aceh sehingga bisa dinikmati ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara.
    8)Penampilan Tarian Aceh
    9)Opening Ceremony IDF 2022 yang dibuka secara resmi oleh Menparekraf/Kabaparekraf RI secara simbolis dengan menggunakan angklung dan didampingi oleh Dirjen Kebudayaan, Kadisparekraf DKI Jakarta, Founder IDF serta Direktur IDF.
    10)Pertunjukan SILO karya Hari Ghulur (Madura/Surabaya) sebuah karya karena laku budaya tahlil yang merupakan ritual religi sebagai pusat motorik gerak torso. Sebuah metode dialog vertikal antara individu dengan Yang Maha melalui gerakan berulang dan personal. SILO sebagai senuah karya koreografi dan laku ritual merupakan ikhtiar mencapai puncak emosi dan spiritual yang dilakukan justru dilakukan dengan posisi tubuh yang terbatas dan menempel pada tanah atau membumi.

Rangkaian IDF 2022 terdiri dari:
a)Penampilan Tarian karya penari dalam dan luar negeri yang dikemas dalam Pertunjukan Malam antara lain:

  • Silo, Hari Ghulur (Indonesia)
  • Sky Blue Mythic, Angela Goh (Australia)
  • No. 60, Pichet Klunchun Dance Company (Thailand)
  • Dance Offering, Kornkarn Rungsawang (Thailand)
  • Museum II: Ridden, Leu Wijee (Indonesia) dan Mio Ishida (Japan)
  • dH@nz dH@nZ 3moj!, Jared Luna (Filipina)

b)Kampana, wadah atau laboratorium disediakan oleh IDF untuk para seniman dapat mengembangkan penelitian artistik mereka dalam seni tari kontemporer.
c)Pameran Arsip perjalanan IDF selama 30 tahun.
d)Bincang Tari merupakan Serangkaian diskusi untuk membahas isu-isu terkini dari perkembangan praktik tari dan koreografi, pengalaman dan wacana tari dalam dinamika dan konteks sosial-budaya yang lebih luas baik di ranah Indonesia maupun global.
e)Lokakarya yang melibatkan beberapa seniman/koreografer di dalam pertunjukan dan diundang secara khusus untuk workshop & masterclass akan mengadakan kelas-kelas pelatihan yang bersifat edukatif.
f)Pameran UMKM terdiri dari makanan minuman dan kerajinan tangan.

Evaluasi dan tindak lanjut:
a. Penyelenggara mampu berkolaborasi dengan baik dan menerapkan strategi kolaborasi lintas sektor pentahelix yaitu masyarakat, pemerintah, Institusi Pendidikan, swasta serta komunitas untuk melakukan pemberdayaan seperti pengisi acara, tenaga teknis, pameran UMKM dan supporting lainnya.
b.Terkait teknis, seluruh rangkaian kegiatan Opening Night berjalan dengan lancar serta mendapat apresiasi yang baik dari pengunjung.
c.Penyelenggara perlu memperhatikan protokol CHSE selama kegiatan berlangsung.
d. Event ini dapat dikembangkan menjadi bisnis ekosistem event seni pertunjukan yang melibatkan semua pemangku kepentingan.

DOKUMENTASI

Registrasi undangan, makan malam bersama dan Pameran UMKM pada IDF 2022

Opening Ceremony oleh Menparekraf/Kabaparekraf secara simbolis menggunakan angklung dan didampingi oleh Dirjen Kebudayaan, Founder IDF dan Direktur IDF

Pemberian Lifetime Achievement Awards kepada Bapak Marzuki Hasan dan Bapak Nurdin Daud

Penampilan tarian Reframed, tarian Aceh dan SILO

 

Disusun oleh: 

Ni Putu Berlinda K.D 

Tinggalkan Balasan