Jogja Plesiride 2022

Pelaksanaan kegiatan Jogja Plesiride 2022 pada tanggal 15 Oktober 2022 di Balaikota Yogyakarta.

Kegiatan dihadiri oleh Kegiatan dihadiri oleh:
1. Walikota yang diwakili oleh Bapak Yudianto Dwi Sartono
2. Bapak Oki Musakti, Ketua Panitia
3. Perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi DIY Yogyakarta
4. Perwakian Kemenparekraf
5. Para Peserta Plesiride Jogja

Plesiride Jogja dengan tema Hikayat Dua Sungai (Tales of the Two Rivers) adalah Kegiatan bersepeda santai dengan mengililingi Jogja sejauh kurang lebih 120KM. Konsep event ini untuk mengenalkan keindahan alam pedesaan dan sejarah serta budaya keseharian masyarakat kepada para peserta.

Jogja Plesiride diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung di Yogyakarta (IA-ITB Jogja) yang didukung oleh Komunitas Sepeda Sampai Tua (SESAT). Komunitas Sepeda Sampai Tua adalah sebuah komunitas pesepeda yang cukup aktif mengadakan berbagai acara sepeda baik secara online maupun offline dan diikuti oleh ratusan pesert

Rute bermula (start) dan berakhir (finish) di komplek Balaikota Yogyakarta. Rute bersepeda melintasi saluran irigasi Kalibawang yang menjadi bagian dari Sungai Progo dan Daerah Aliran Sungai Opak. Rute bersepeda melintasi daerah persawahan dan pedesaan yang indah dan asri. Beberapa Desa Wisata yang dilintasi sepanjang rute adalah Pronosutan, Imogiri dan lainnya.

Peserta kegiatan sebanyak kurang lebih 400 pesepeda yang terdiri dari Ikatan Alumni ITB Jogja, Sepeda Sampai Tua, Mobat-Mabit, TriggerWed, Jogja Folding Bike dan juga melibatkan 15 UMKM salah yaitu Kuliner, Pegiat Batik, perlengkapan sepeda dll.

Tujuan dari penyelenggaraan event gowes Jogja PlesiRide 2022 adalah untuk memperingati peristiwa berdirinya Kota Yogyakarta pada bulan Oktober 1756, memperkuat branding Yogyakarta sebagai kekuatan kegiatan pesepeda, memasyarakatkan gaya sepeda, memperkenal tempat wisata di Yogyakarta, memulihkan pariwisata DIY Yogyakarta

Rangkaian kegiatan Jogja Plesiride adalah:

  • Pembukaan seremoni
    1. Sambutan Walikota/Penyelenggara
    2. Berdoa dan lagu Indonesia Raya
    3. Flag off Peserta
  • Penutup seremoni
    1. Timoho Challenge
    2. Makan sore khas Jogja
    3. Pengumuman Challenge
    4. Doorprize
    5. Live music
    6. Penutupan

Penyelenggaraan Jogja PlesiRide 22 ini berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dan sejumlah sponsor, yaitu Bank Mandiri sebagai sponsor utama dan sponsor Lainnya seperti Herbalife Nutrition, Helix Laboratorium dan Klinik, Sunpride, GAIA Cosmo, SpinWarriors, Deltacycles, Satelqu, Telaptelep, Trijee, Escape, dan Radio Geronimo.

Peserta kegiatan akan berfoto di spot-spot tertentu dan diwajibkan untuk dishare ke instagram mereka agar event tersebut dan destinasi wisata terpromosi oleh peserta kegiatan. Foto yang terbaik akan diberikan hadiah oleh panitia.

Kesimpulan dan Evaluasi
▪️Secara umum konsep Jogja Plesiride sudah baik dimana terlihat dari layout venue dan alur yang diatur tidak berkerumun serta pelepasan peserta dibagi menjadi 3 batch.
▪️Kurangnya menperhatikan protokol kesehatan pada saat live music sehingga terjadinya penumpukan.
▪️Jumlah UMKM yang ikut serta sebanyak sebanyak 15 pelaku UMKM.
▪️UMKM produk kain batik kurang tepat dengan tema kegiatan bersepeda sehingga booth tersebut menjadi sepi pengunjung.
▪️Jumlah perputaran uang selama pelaksanaan kegiatan kurang lebih dari 1 Miliar.

 

DOKUMENTASI

Flag off peserta dilakukan oleh Bapak Yudianto Dwi Sartono (Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat)

Dokumentasi peserta saat bersepeda

Suasana peserta saat live music

Booth bazar diisi oleh UMKM dari Yokyakarta

Pembagian doorprize kepada peserta

Disusun oleh: 

Moch. Dhiki Wicaksana

Tinggalkan Balasan