F8 Makassar

Mohon izin melaporkan pelaksanaan kegiatan Pembukaan F8 Makassar. Event ini diselenggarakan pada tanggal 7 September 2022, di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Event ini masuk ke dalam Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran umum F8 Makassar:
a. Event ini diprakarsai oleh Pemerintah Kota Makassar yang dilaksanakan oleh pihak swasta dengan tujuan untuk mewadahi berbagai macam kreativitas dalam sebuah pergelaran festival.
b. Kedelapan komponen ‘F’ yang ditampilkan dalam festival ini adalah: fashion, food, fine arts, folks, fusion music, fiction writers, flora and fauna, dan film.
c. Tahun ini F8 hadir dengan semangat pemulihan, mengusung tema Energy of Recover. Pada gelarannya tahun ini, F8 merangkul seluruh pelaku dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Melibatkan seniman, musisi, pengusaha, hingga pemerintah di kabupaten/kota, provinsi, serta negara-negara sahabat.
d. Opening Ceremony F8 Makassar disiarkan langsung secara live di kanal TV nasional seperti Metro TV, iNews, TV One, dan Kompas TV, serta di kanal YouTube-nya masing-masing.
e. Beragam aktivitas kedelapan ‘F’ ini digelar di empat zona yang tersebar di sepanjang anjungan Pantai Losari. Rangkaian F8 Makassar masih berlangsung hingga tanggal 11 September 2022.

2️⃣ Pembukaan F8 Makassar dihadiri oleh:

1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno;
2. Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Bapak Budi Arie Setiadi;
3. Ketua Komisi VIII DPR RI, Bapak Ashabul Kahfi;
4. Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil;
5. Pj. Gubernur Gorontalo, Bapak Hamka Hendra Noer;
6. Gubernur Sulawesi selatan yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Abdul Hayat Gani;
7. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Ibu Rizki Handayani;
8. Wali Kota Makassar, Bapak Danny Pomanto;
9. Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) sekaligus Wali Kota Bogor, Bapak Bima Arya;
10. Konsul Jenderal Australia di Makassar, Mrs Bronwyn Robbins;
11. Konsul Jenderal Jepang di Makassar, Mr Yasue Katsunobu;
12. Konsul Kehormatan Jerman di Makassar, Bapak Oswald Sirapandji;
13. Konsul Kehormatan Prancis di Makassar, Bapak Ambo Tuwo;
14. Konsul Kehormatan Malaysia di Makassar, Bapak Bahar Ngitung;
15. Para Wali Kota, Wakil Wali Kota, Bupati dan Wakil Bupati se-Indonesia;
16. Unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar;
17. Para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat;
18. Para pelaku usaha pariwisata, ekonomi kreatif, dan UMKM.

3️⃣ Rangkaian acara Pembukaan F8 Makassar:

🔷 Pintu masuk dibuka untuk umum pada pukul 16.00 WITA. Pada panggung utama di Zona 3 berlangsung berbagai atraksi silih berganti hingga pukul 17.45, antara lain atraksi udara dan laut, terjung payung, paramotor, jet tempur, flyboard, jetski dan kapal pinisi. Dilanjutkan dengan peragaan busana Olah Tenun oleh Rina Tamam dan Trya Satria.

🔷 Pada pukul 18.30 WITA berlangsung jamuan makan malam bagi para tamu VVIP dan undangan di kawasan Sunset Cove 8, Citraland City Losari. Sementara itu di panggung utama diputar film Daeng Manggale.

🔷 Memasuki pukul 21.00 WITA, rombongan VVIP berlayar dengan pinisi dari Sunset Cove 8 ke kawasan panggung utama di Anjungan Pantai Losari. Pukul 21.30 WITA, rombongan tamu tiba di panggung utama, dan acara dimulai.

🔷 Acara diawali dengan penampilan Anggaru. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video sejarah F8.

🔷 Sajian tarian kolosal oleh 500 pelajar SD dan SMP, membawakan Tarian Kalompoang Parasanganta.

🔷 Penyerahan passapu, badik, dan sarung tangan kepada para tamu VVIP.

🔷 Wali Kota Makassar, Bapak Danny Pomanto menyampaikan sambutan dengan poin-poin sebagai berikut:
– Mengapresiasi terlaksananya kembali F8 Makassar di tahun 2022 ini setelah vakum selama dua tahun dikarenakan pandemi.
– Festival ini diharapkan mampu menstimulasi anak Makassar untuk terus berbenah dan tetap semangat dalam mengembangkan diri demi kemajuan daerah;
– Event tahunan yang ini menghadirkan nuansa lokal serta cerita heroik anak Makassar yang gagah berani seperti Daeng Mangalle dalam pertunjukan angngaru’.
– Cerita Daeng Mangalle agar masyarakat paham ada orang Makassar yang begitu gagah berani dan tidak takut untuk mempertahankan harga diri. Menggunakan badik sebagai pusaka dari Makassar sebagai senjata

🔷 Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Abdul Hayat Gani. Beliau menyampaikan:
– Atas nama pemerintah provinsi Sulawesi Selatan mengucapkan selamat datang kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta seluruh undangan yang hadir.
– Pemerintah Provinsi mengapresiasi kerja keras Pemerintah Kota Makassar serta peserta pameran. Berharap acara ini terus bertahan dan semakin sukses tahun depan.
– F8 diharapkan mampu menjadi panggung akbar bagi para seniman, fotografer, penulis, komunitas kreatif, dan semua potensi akan dikolaborasi dengan apik untuk menghasilkan karya dan dapat dinikmati oleh semua masyarakat.
– Sebagai ibu kota provinsi, Makassar tidak hanya menjadi penggerak ekonomi nasional tetapi juga untuk Indonesia bagian Timur, Makassar mampu menjadi tempat pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan.

🔷 Setelah itu, sambutan oleh Bapak Sandiaga Uno. Beliau menyampaikan:
– F8 diharapkan menjadi magnet kunjungan wisatawan ke Sulawesi Selatan, khususnya Makassar sehingga mampu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat.
– Meyakini F8 ini bisa menjadi magnet yang akan menarik banyak wisatawan dan menggerakkan ekonomi khususnya berkaitan dengan target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja tahun 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024.
– F8 merupakan event yang berkualitas dan menjadi ajang untuk memamerkan potensi wisata yang ada di Sulawesi Selatan, khususnya di Makassar. Kemenparekraf/Baparekraf katanya, akan terus mendukung pelaksanaan F8 yang merupakan event tahunan di Makassar.
– Atas nama pemerintah pusat, berkomitmen untuk terus berkoordinasi dan kurasi. Agar event ini terus meningkat kualitasnya.

🔷 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, didampingi oleh para tamu VVIP, membuka acara secara resmi, ditandai dengan penancapan badik ke batu. Dilanjutkan dengan prosesi live painting dengan objek kapal pinisi dengan materi tanah liat oleh pelukis Daeng Beta.

🔷 Acara dilanjutkan dengan penampilan oleh The Song of Disability Voice, Ininnawa, dan Maizura.

🔷 Peragaan busana, membawakan koleksi Sikie Purnomo dan Andy Yudhanto.

🔷 Pertunjukan penutup menampilkan Andien, Konser Anak Lorong, dan Vegas & Blue Sea Band.

🔷 Sementara itu, di zona 1, 2, dan 4 juga berlangsung berbagai macam kegiatan dengan pemaksimalan talenta-talenta lokal seperti penampilan teater, penampilan musik folk, penampilan musik dari artis nasional, dan pemutaran serta diskusi film.

4️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Kegiatan:

– Penyelenggaraan F8 berlangsung dengan sangat baik. Ide kolaborasi dari kedelapan sektor pertunjukan menjadi daya tarik utama event ini.
– Animo masyarakat dan wisatawan untuk mengunjungi festival kuliner ini sangat tinggi. Tercatat jumlah kunjungan sebanyak 24.050 orang di acara pembukaan.
– Evaluasi paling krusial adalah penetapan alur keluar dan masuk bagi para pengunjung selama acara berlangsung. Tidak adanya penanda yang jelas membuat masyarakat kebingungan akan jalur masuk dan keluar acara ini. Perlunya penanda yang jelas, serta peta, rute dan penempatan zonasi kegiatan perlu untuk memudahkan para pengunjung yang datang.
– Konsep sustainability yang dibungkus dalam kreativitas sudah cukup baik, dapat dilihat dari pemanfaatan bambu-bambu serta cangkir plastik bekas sebagai ornamen-ornamen dekorasi di sepanjang lokasi pelaksanaan.
– Permasalahan sampah, di mana belum adanya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah langsung pada tempatnya. Penyediaan tempat sampah yang masif di berbagai titik dirasa perlu untuk menjaga kesadaran masyarakt untuk membuang sampah pada tempatnya.

Demikan kami sampaikan, berikut terlampir dokumentasi dan tautan berita event Pembukaan F8 Makassar.

Author:

Tinggalkan Balasan