Gerakan BISA di Sumatera Utara

Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) di Sumatera Utara yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 8 Maret 2022 di Jericho Stable, Sei Rempah, Kab. Serdang Bedagai, sebagai berikut: 

Kegiatan Gerakan BISA dihadiri oleh :

1. Bapak dr. Sofyan Tan, Kepala Kelompok Fraksi, Komisi X DPR RI; 

2. Bapak Darma Wijaya, Bupati Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara

3. Bapak Drs. Zulfikar, Kepala Dinas Pariwisata Serdang Bedagai

4. Bapak Dr. Anwari Masatip, Direktur Politeknik Pariwisata Medan; 

4. Bapak Mhd. Safrizal Narasumber;

5. Nurul Hasmy, Subkoordinator Bidang Strakom WMK;

Adapun rangkaian acara Gerakan BISA Serdang Bedagai antara lain :

1️⃣ Kegiatan diawali dengan registrasi dan Swab Antigen kepada 50 peserta. 

2️⃣ Acara dibuka dengan penampilan Tari Makan Sirih dari Ekstradisi Production dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta pembacaan doa. 

3️⃣ Acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan sebagai berikut:

A. Sambutan Bupati Serdang Bedagai. Bpk. H. Darmawijaya. 

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenparekraf atas pelaksanaan kegiatan BISA di Kabupaten Serdang Berdagai. Gerakan ini diperlukan untuk memberikan semangat kepada kita dalam masa adaptasi kebiasaan baru, Kita harus menyiapkan destinasi BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) untuk wisatawan sehingga mereka merasa nyaman datang ke objek wisata.

B. Sambutan Bpk. Anwar Direktur Poltekpar medan. 

Dalam kesempatannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan yang berkerjasama dengan Komisi X DPR RI ini harus dilakukan secara berkelanjutan karena memberikan dorongan dan semangat bagi peningkatan ekosistem Pariwisata dan ekonomi kreatif serta meningkatkan citra positif pariwisata Indonesia di masa Pandemi ini. 

C. Sambutan dan Pembukaan oleh Bapak dr. Sofyan Tan, Kepala Kelompok Fraksi, Komisi X DPR RI, 

Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih kepada Kemenparekraf, Pemerintah daerah, dan semua pihak yang telah membantu menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik. Beliau menambahkan bahwa kegiatan BISA boleh jadi salah satu cara yang diperlukan untuk memajukan pariwisata di daerah khususnya di Serdang Bedagai. Di masa pandemi ini wisatawan membutuhkan sistem yang sangat mengandalkan kebersihan dan benar-benar menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Program BISA adalah salah satu cara mewujudkan sistem tersebut. Pentingnya menjaga kebersihan suatu destinasi wisata sehingga memunculkan keindahan yang membuat wisatawan merasa nyaman, aman, dan meyakinkan mereka bahwa destinasi wisata yang didatangi memiliki protokol kesehatan yang baik. Hal ini merupakan modal suatu destinasi untuk menumbuhkan investasi sehingga ekonomi masyarakat bisa terangkat dan berputar dengan Baik. 

4️⃣ Penyerahan cinderamata oleh perwakilan Kemenparekraf kepada Anggota DPR RI, Bupati Serdang Bedagai, Kadispar Serdang Bedagai dan Narasumber, dan dilanjutkan dengan foto bersama. 

5️⃣ Penyerahan secara simbolis perlengkapan BISA dari Kemenparekraf kepada Pengelola Jericho Stable, Sei Rempah, Serdang Bedagai

6️⃣ Talkshow serta tanya jawab dengan Narasumber Bapak Safrizal:

Dalam paparannya beliau menyampaikan tentang bagaimana mengembangkan destinasi wisata di daerah melalui  produk yang ada di destinasi wisata tersebut. Beliau juga menyampaikan tentang bagaimana pentingnya pemanfaatan sumber daya manusia, pentingnya menjaga keindahan suatu destinasi, dan pentingnya storytelling untuk menarik minat wisatawan berkunjung dan menyaksikan langsung cerita yg ada dalam suatu destinasi.

7️⃣ Pembagian kelompok dan pelaksanaan aktivitas bersih-bersih di lokasi kegiatan.

8️⃣ Acara kemudian ditutup dengan penyelesaian administrasi bagi para peserta.

Author: Irwandi Tama

Tinggalkan Balasan