Gerakan BISA Wisata Ranggawulung

Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 17 Maret 2022 di *Wisata Ranggawulung, Desa Curugbitung, Kecamatan Curugbitung, Kab. Lebak, Banten*: 

⚪️ Kegiatan BISA Kab. Lebak, Banten dihadiri oleh:

1. Bapak Ali Zamroni, Anggota Komisi X DPR – RI;

2. Bapak Andy Widyanta, Sub Koordinator Konten dan Publikasi Direktorat Wisata Minat Khusus, Kemenparekraf;

3. Bapak Agil Zulfikar, Ketua DPRD Kabupaten Lebak;

4. Bapak Imam Rismahayadin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak;

5. Bapak Hadimutoha, Penggiat Desa Wisata;

6. Bapak Madrita, Pengelola Destinasi Wisata Ranggawulung

7. Peserta BISA di Kab. Lebak, Banten. 

⚪️ Adapun rangkaian acara Gerakan BISA ini sebagai berikut :

1️⃣ Kegiatan diawali dengan test antigen dan registrasi oleh seluruh tamu undangan. Dilanjutkan dengan Penampilan Tarian Wali Jamaliha dari Sanggar Permata Lebak, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan doa.

2️⃣ Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dan arahan, sebagai berikut :

◽️ *Bapak Imam Rismahayadin*, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Lebak. Beliau menyampaikan bahwa destinasi wisata Ranggawulung harus punya potensi wisata yg outstanding, oleh karenanya perlu untuk dirumuskan bersama. Saat ini Kabupaten Lebak berada di level 2 penanganan pandemi Covid-19. Vaksinasi terus berjalanan hingga terpenuhinya target vaksinasi 80% dari total masyarakat di Kabupaten Lebak, sehingga aktivitas ekonomi bisa bangkit kembali, termasuk sektor pariwisata.

Beliau mendorong para pelaku pariwisata untuk memperoleh sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf.

◽️ *Bapak Andy Widyanta*, Sub Koordinator Konten dan Publikasi Direktorat Wisata Minat Khusus. Beliau menyampaikan bahwa program BISA merupakan satu program yang bertujuan menggerakkan perekonomian masyarakat serta meningkatkan kualitas destinasi pariwisata. Bentuk kegiatan program ini terdiri dari, sosialisasi, coaching, dan aksi lapangan. Tujuan program ini yaitu :

– Terwujudnya lingkungan bersih yang mendukung penciptaan produk wisata yang kreatif;

– Terwujudnya destinasi dan produk wisata yang menarik;

– Terwujudnya ekosistem masyarakat yang sehat, produktif dan kreatif;

– Terciptanya rasa nyaman bagi ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif;

◽️ *Bapak Ali Zamroni*, Anggota Komisi X DPR – RI. Beliau menyampaikan Ucapan terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah memfasilitasi kegiatan BISA ini. Tujuan kegiatan ini untuk membangkitkan pariwisata di Kabupaten Lebak. Beliau berencana menyelenggarakan festival di destinasi wisata Ranggawulung di tahun 2023 nanti, berkolaborasi dengan Kemenparekraf. Beliau meminta masyarakat agar dapat mempersiapkan konsep festival tersebut dengan matang. Beliau juga berpesan kepada  pokdarwis dan pelaku usaha pariwisata untuk memanfaatkan teknologi digital dalam memperkenalkan produk unggulan di kabupaten Lebak. 

3️⃣ Penyerahan cinderamata berupa produk ekonomi kreatif lokal oleh Pengelola Destinasi Wisata Ranggawulung kepada Bapak Ali Zamroni, Anggota Komisi X DPR RI dan kepada Bapak Andy Widyanta, Kemenparekraf.

4️⃣ Penyerahan secara simbolis perlengkapan BISA dan bibit tanaman dari Kemenparekraf dan Komisi X DPR RI kepada Pengelola Destinasi Wisata Ranggawulung

5️⃣ Penanaman bibit pohon secara simbolis

6️⃣ Talkshow dengan Bapak Hadimutoha, Penggiat Desa Wisata Kabupaten Lebak. Dalam talkshow ini, Bapak Hadimutoha mengajak para peserta kegiatan untuk mengidentifikasi potensi wisata di Kecamatan Curugbitung serta permasalahan yang selama ini dihadapi untuk mengembangkan potensi wisata tersebut.

7️⃣ Pembagian kelompok kerja

8️⃣ Pelaksanaan aktivitas pembersihan Destinasi Wisata Ranggawulung.

9️⃣ Penutupan 

Author: Irwandi Tama

Tinggalkan Balasan