Gerakan BISA di Jawa Tengah

*

Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) di Jawa Tengah,  dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 31 Maret 2022 di Pantai Teluk Awur, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, Jawa Tengah  sebagai berikut: 

Kegiatan Gerakan BISA dihadiri oleh :

1. Bapak Rojih, Anggota Komisi X DPR RI; 

2. Bapak Zamroni Lestiaza, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara

3. Bapak Andy Widyanta, Subkoordinator Bidang Konten dan Publikasi; 

4. Bapak Arif Mustafa, Narasumber, Kaprodi Budi Daya Perairan UNISNU;

5. Peserta Gerakan BISA

Adapun rangkaian acara Gerakan BISA Jepara antara lain :

1️⃣ Kegiatan diawali dengan registrasi  kepada 50 peserta. 

2️⃣ Acara dibuka dengan penampilan Tari Sufi Jepara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta pembacaan doa. 

3️⃣ Acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan sebagai berikut:

🔘 Sambutan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Jepara Bapak Zamroni Lestiaza. 

Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa Terimakasih kepada Kemenparekraf dan DPR RI yg telah memilih pantai Teluk Awur Jepara sebagai lokasi pelaksanaan BISA. Memang, beliau menambahkan setelah 2 tahun sektor pariwisata di hantam pandemi covid, kini perlahan- lahan mulai bangkit. Hal ini di dorong oleh adanya dukungan pemerintah melalui sertifikasi chse dan pelaksanaan BISA seperti yg sedang kita lakukan saat ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini Pelaku Pariwisata dapat mengembangkan dan menciptakan Daya Tarik Wisata yg melaksanakan arti dari BISA secara penuh yaitu Bersih, Indah, Sehat dan Aman.

🔘 Sambutan oleh subkoordinator konten dan publikasi Kemenparekraf,

Menyampaikan tujuan Gerakan BISA yang dimaksudkan untuk mewujudkan destinasi dan daya tarik wisata yang menarik, mewujudkan ekosistem masyarakat yang sehat, produktif dan kreatif;

Serta untuk menciptakan rasa nyaman bagi ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.

🔘 Sambutan sekaligus membuka acara kegiatan Gerakan BISA Pantai Teluk Awur Jepara oleh Anggota Komisi X DPR-RI Bapak Rojih. 

Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapannya agar kegiatan ini tidak berhenti di sini tapi tetap berkelanjutan. Konsistensi dalam menjaga kebersihan, keindahan, dan keamanan akan mampu menarik wisatawan untuk datang dan pada akhirnya meningkatan ekonomi masyarakat.

4️⃣ Penyerahan cinderamata oleh perwakilan Kemenparekraf kepada Anggota DPR RI, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara

5️⃣ Penyerahan simbolis perlengkapan BISA dari DPR RI dan Kemenparekraf kepada Kadispar Kabupaten Jepara dan Pengelola

6️⃣ Talkshow dengan Narasumber Bapak Arif Musthafa, 

Dalam materi paparannya beliau menyampaikan Destinasi pariwisata pantai seperti di Jepara ini sangat berkaitan dengan kondisi perairan/iklim di laut. Menjaga laut untuk tetap bersih dimulai dari menjaga kebersihan daratan. Kegiatan BISA merupakan salah satu cara untuk memberikan hubungan timbal balik yang baik ini. Beliau memaparkan dampak-dampak  positif jika kita mampu melestarikan perairan laut. Bagaimana kita menjaga laut tetap bersih, menjaga ekosistem laut dengan tidak melakukan eksploitasi berlebihan. 

7️⃣ Acara kemudian dilanjutkan dengan Pembagian kelompok dan pelaksanaan aktivitas pembersihan lokasi Pantai. Peserta dibekali peralatan seperti tong sampah,  garpu tanah, sarung tangan, sapu, dsb.

8️⃣ Acara ditutup dengan penyelesaian administrasi dan makan siang.  

Author: Irwandi Tama

Tinggalkan Balasan