Gerakan BISA di Jawa Tengah

 

Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) di Jawa Tengah* yang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 1 April 2022 di Pantai Glagah Wangi Istambul, Desa Tambakbulusan Dukuh, Kec. Karangtengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah sebagai berikut: 

Kegiatan Gerakan BISA dihadiri oleh :

1. Bapak Rojih, Anggota Komisi X DPR RI; 

2. Bapak Agus Kriyanto, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak

3. Bapak Andy Widyanta, Subkoordinator Bidang Konten dan Publikasi; 

4. Bapak Musahadi, Narasumber, Ketua Bumdes Istambul Karya

5. Bapak Habib, Kepala Desa Tambakbulusan

6. Peserta Gerakan BISA

Adapun rangkaian acara Gerakan BISA Demak antara lain :

1️⃣ Kegiatan diawali dengan registrasi  kepada 50 peserta. 

2️⃣ Acara dibuka dengan penampilan Tari Gambyong lir ilir dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta pembacaan doa. 

3️⃣ Acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan sebagai berikut:

A. Sambutan oleh Kepala Dinas Pariwisata  Kabupaten Demak Bapak Agus Kriyanto. Menyampaikan puji syukur dan mengucapkan selamat datang di pantai kebanggan warga Demak ini. Kemudian menyampaikan isu utama bahwa pariwisata di pantai Glagah Wangi mengalami penurunan karena pandemi covid-19 ditambah dengan abrasi pantai yang cukup parah yang memakan hampir sebagian wilayah pesisir pantai di kawasan ini. Beliau berharap Gerakan BISA ini mampu memberikan harapan, dorongan dan menjadi awal yang baik untuk menata kembali pariwisata Demak dimulai dari kawasan ini. 

B. Sambutan oleh subkoordinator konten dan publikasi Kemenparekraf, 

Menyampaikan bahwa Kegiatan BISA merupakan kerja sama antara Kemenparekraf dan mitra kerja di legislatif dengan pemerintah daerah, komunitas/asosiasi/masyarakat, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Kegiatan dimaksudkan untuk memberikan dukungan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19 dan menginspirasi masyarakat untuk mengembangkan pariwisata bertanggung jawab yang menjaga keberlanjutan lingkungan di daya tarik wisata dan sekitarnya;

C. Sambutan sekaligus membuka acara kegiatan Gerakan BISA Pantai Glagah Wangi Istambul oleh Anggota Komisi X DPR-RI Bapak Rojih. 

Menyampaikan bahwa Demak merupakan kabupaten yang memiliki nilai sejarah tinggi dan alam yang indah. Destinasi Wisata sejarah dan alam khususnya pantai jadi modal utama pariwisata Demak. Gerakan BISA yang sedang kita lakukan saat ini merupakan salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan di Destinasi Wisata. Beliau berharap bahwa kegiatan ini bisa menambah kesadaran para pelaku pariwisata untuk terus menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan kenyamanan untuk pengunjung. Dalam kesempatannya beliau juga menceritakan kisah-kisah orang-orang suci dalam menjaga kelestarian lingkungan dimanapun mereka berada.

4️⃣ Penyerahan cinderamata oleh perwakilan Kemenparekraf kepada Anggota DPR RI, Dinas Pariwisata Demak dan Pengelola. 

5️⃣ Penyerahan secara simbolis perlengkapan kebersihan oleh DPR, Perwakilan Kemenparekraf, dan Kadispar Kabupaten Demak. 

6️⃣ Talkshow dengan Narasumber Bapak Musahadi, Ketua Bumdes Istambul Karya

Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa ada banyak aset yg berada di pantai Istambul yang berpotensi untuk dikembangkan, salah satunya hutan mangrove yg rimbun di sekitar pantai Glagah Wangi Istambul. Namun tambahnya, hal ini belum diiringi dengan kesadaran masyarakat untuk merawat alam. Beliau menyampaikan beberapa alternatif cara untuk menjaga kelestarian lingkungan dan opsi-opsi dukungan yang memungkinkan untuk menata Istambul, khususnya hal yang terkait abrasi pantai.

7️⃣ Acara kemudian dilanjutkan dengan Pembagian kelompok dan pelaksanaan aktivitas pembersihan lokasi Pantai. Peserta  dibekali peralatan seperti tong sampah, serokan, sarung tangan, sapu, gerobak, dan mesin potong rumput

8️⃣ Acara ditutup dengan penyelesaian administrasi dan makan siang.  

Author: Irwandi Tama

Tinggalkan Balasan