Workshop Penyusunan Strategi Direktorat Event Daerah

Kegiatan Workshop Penyusunan Strategi Direktorat Event Daerah yang dilaksanakan pada Selasa-Rabu, 21-22 Juni 2022 di Hotel Ibis Style, Tanah Abang, Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Ibu Nurbaety, Kabag UKHO, Sekretariat Deputi PWPK
2. Bapak Vicky Apriansyah, Subkoordinator Strategi Event Daerah
3. Bapak Abdullah S. Fahmi, Subkoordinator Promosi Event Daerah
4. Perwakilan Sekretariat Deputi PWPK
5. Perwakilan Direktorat Event Nasional Internasional
6. Perwakilan Manajemen Strategis I
7. Perwakilan Kajian Strategis III
8. Perwakilan Staf Direktorat Event Daerah

Narasumber dan Tim Penyusun Strategi:
Bapak Raymond Hadisubrata (Oranye Consultant)

*️⃣ Maksud dan Tujuan Penyelenggaraan Kegiatan:
– Menyusun kerangka strategi untuk mencapai tujuan strategis Direktorat Event Daerah
– Menyusun Indikator Kinerja Utama Direktorat Event Daerah

*️⃣ Rangkaian Pelaksanaan Kegiatan:

🔅Hari Pertama, 21 Juni 2022🔅

1️⃣ Sambutan dan Pembukaan dari Bapak Vicky Apriansyah, Subkoordinator Strategi Event Daerah, yang menyampaikan:
– Penyusunan strategi pada hari ini merupakan tindak lanjut dari penyusunan proses bisnis Direktorat Event Daerah.
– Strategi yang akan disusun merupakan strategi level Direktorat bukan strategi produk/event. Sehingga nantinya kita akan menentukan sasaran strategis direktorat event daerah termasuk di dalamnya penentuan KPI, action plan dan indikatornya.

2️⃣ Pemaparan dari Narasumber, Bapak Raymond Hadisubrata, mengenai Konsep Manajemen Strategi yang terdiri atas 3 komponen yakni Strategic Objective, KPI dan Strategic Initiatives. Manajemen strategis berfokus pada proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Dipaparkan juga draft Strategi Direktorat Event Daerah yang berpusat pada Ultimate Goal kemudian mengindentifikasi Customer Journey, Critical Success Faktor, Role of Direktorat Event Daerah dan Internal Development.

3️⃣ Setelah peserta memahami materi terkait manajemen strategi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi kelompok yang dipandu oleh Bpk. Raymond Hadisubrata.

Berdasarkan diskusi diperoleh poin-poin sebagai berikut:
1. Ultimate Goal: Indonesia Menjadi Pusat Event di Asia Tengggara
2. Intermediate Goal yakni Event menjadi atraksi wisata utama/unggulan di Daerah
3. Journey Direct Customer (Penyelenggara) dimulai dari Kreasi – Perencanaan – Persiapan – Pelaksanaan –Evaluasi
4. Journey End Customer (Wisatawan) dimulai dari Awareness – Interest – Research (Consideration) – Desicion – Experience – Share
5. Critical Success Factor bagi Penyelenggara Kegiatan : Ketersediaan Dana, Ketersediaan Sarana Prasarana, Ketersediaan Pelatihan, Kapasitas SDM, Ketersediaan Pihak Ketiga yang berkualitas
6. Critical Success Factor bagi wisatawan: Ketersediaan Event, Informasi Event, dan Kualitas Event
7. Role of DEDA adalah Pengembangan Event Daerah yang terdiri atas Pendampingan dan Pendukungan Event serta promosi yang efektif untuk meningkatkan kualitas event daerah.
8. Adapun pengembangan internal di lingkungan Direktorat Event Daerah antara lain melalui Digitalisasi Pengelolaan Event, Peningkatan Komptensi Pegawai, Standarisasi Prosedur Kerja, dan Efektifitas Mekanisme Kerja.

Sasaran Strategis DEDA berdasarkan hasil diskusi, yakni:
1. Pengembangan Event Daerah
2. Pendampingan Event Daerah
3. Pendukungan Event Daerah
4. Promosi yang efektif
5. Meningkatkan kualitas event daerah
6. Digitalisasi Pengelolaan Event
7. Peningkatan Kompetensi Pegawai
8. Standarisasi Prosedur Kerja
9. Efektifitas Mekanisme Kerja

🔅Hari Kedua, 22 Juni 2022🔅

1. Pemaparan dari Narasumber, Bapak Raymond Hadisubrata, mengenai Penyusunan Indikator Kinerja (IKU) yang terdiri dari panduan penentuan IKU, Level Indikator Kinerja dan Penyusunan Strategic Initiative.
2. Setelah peserta memahami materi terkait penentuan KPI, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi kelompok yang dipandu oleh Bapak Raymond Hadisubrata.

Diskusi dilakukan secara berkelompok untuk mengidentifikasi:
a. Indikator kinerja dari setiap sasaran strategis DEDA
b. Target dari setiap indikator kinerja tahun 2022-2024
c. Inisiatif strategis berdasarkan indikator kinerja. Inisiatif strategis yang disusun merupakan ide baru yang belum pernah dilaksanakan sebelumnya.

*️⃣ Kesimpulan dan Tindak Lanjut:

🔺Penyusunan Strategi Direktorat Event Daerah dilakukan untuk menetapkan sasaran kegiatan dalam mencapai tujuan strategis.

🔺 Berdasarkan pemetaan sasaran kegiatan dalam rangka mencapai Indikator Kinerja diperoleh 9 Sasaran Kinerja yakni: Pengembangan Event Daerah, Pendampingan Event Daerah, Pendukungan Event Daerah, Promosi yang efektif, Meningkatkan kualitas event daerah, Digitalisasi Pengelolaan Event, Peningkatan Kompetensi Pegawai, Standarisasi Prosedur Kerja, dan Efektifitas Mekanisme Kerja.

🔺 Sebagai tindak lanjut akan dilakukan finalisasi strategi Direktorat Event Daerah pada Senin, 4 Juli 2022.

 

 

Registrasi Peserta Penyusunan Strategi Direktorat Event Daerah

 

Pembukaan oleh Bapak Vicky Apriansyah

 

Pemaparan oleh Tim Konsultan, Bapak Raymond

 

Suasana Diskusi Penyusunan Strategi Direktorat Event Daerah

 

 

Author: Kadek Agus Nata Riadnyana

Tinggalkan Balasan